sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Awasi Si Kecil, Ini Dia 5 Dampak Buruk Kecanduan Youtube Bagi Anak

Izzul Millati Umami | Sabtu, 13 Feb 2021 22:00 WIB
Awasi Si Kecil, Ini Dia 5 Dampak Buruk Kecanduan Youtube Bagi Anak
caption
Jakarta -

Ladies, sudah sebaiknya mengawasi anak dalam penggunaan gadget, ya! Pasalnya, banyak banget dampak negatif yang diterima sang anak saat sering terpapar teknologi secara berlebihan. Bahkan, seorang anak berumur 0 hingga 2 tahun dilarang terkena teknologi sama sekali, loh. Hasil riset ini diteliti oleh perhimpunan Dokter Anak Kanada. 

Nah, bagi anak yang berusia 3-5 tahun dibatasi menggunakan teknologi hanya 1 jam saja setiap harinya. Untuk anak berumur 6 hingga 18 tahun sebaiknya dibatasi menggunakan ponsel 2 jam sehari. Kenapa harus begitu?

Sebabnya, anak-anak dan remaja yang menggunakan gadget melebihi waktu yang ditentukan bakalan memiliki resiko kesehatan yang serius. 

1. Obesitas

anak gemuk
anak gemuk/sumber:pexels.com

Kasus kegemukan yang terjadi pada banyak anak bisa mengakibatkan obesitas, loh. Hal ini terjadi karena sang anak jadi malas untuk bergerak. Lebih dari 30% anak yang kecanduan gadget mengidap obesitas, loh. Resiko tinggi hingga stroke dini dan usia harapan hidup yang rendah terjadi karena kecanduan gadget, termasuk menonton youtube sejak dini. 

2. Insomnia

anak tidur
anak tidur/sumber:pexels.com

75% anak umur 9-10 tahun terbukti mengalami insomnia karena penggunaan gadget tanpa pengawasan. Hal ini berdampak pada prestasi belajar mereka di sekolah. Padahal, perlu Ladies ketahui kalau otak akan berkembang secara maksimal ketika tidur. So, sangat penting bagi si kecil untuk tidur cukup supaya fungsi otak bisa maksimal. 

3. Agresif

anak agresif
anak agresif/sumber:pexels.com

Konten yang disuguhkan youtube bisa menimbulkan sifat agresif. Hal ini terjadi karena sang anak yang mencontoh kekerasan verbal, dan fisik yang sering terjadi di internet. Melihat kondisi psikologis sang anak yang masih labil akan membuatnya gampang menirukan hal-hal yang nggak pantas tersebut. 

4. Membunuh Imajinasi

Akibat sering disuguhi konten-konten dari media sosial, sang anak terbiasa menjadi penikmat, dibandingkan creator. Selain itu, imajinasi sang anak terpengaruh hanya terbatas pada apa yang mereka lihat saja. Terlalu sering melihat youtube bisa membunuh imajinasi sang anak. 

5. Depresi

anak depresi
anak depresi/sumber:pexels.com

Bipolar, autisme bahkan depresi bisa terjadi karena sang anak kecanduan teknologi, termasuk youtube secara berlebihan. Apalagi saat ini banyak sekali konten yang bisa memicu insecuritas seseorang, semacam konten pamer harta dan lain sebagainya. Orang dewasa sih nggak masalah menontonnya karena bisa mengendalikannya. Nah, bagaimana dengan anak kecil yang masih labil?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id