sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Benarkah Payudara Besar Bisa Produksi ASI Lebih Banyak?

Sulistiani | Kamis, 04 Jun 2020 11:30 WIB
Benarkah Payudara Besar Bisa Produksi ASI Lebih Banyak?
caption

Payudara adalah anugerah spesial yang dimiliki oleh setiap wanita. Masing-masing wanita sejak remaja sudah memiliki ukuran payudara yang berbeda-beda. Mungkin sebagian dari kita yang belum pernah menyusui sempat merasa insecure karena payudara kita tergolong kecil.

Akan tetapi jangan khawatir Ladies ternyata ukuran payudara tidak mempengaruhi jumlah ASI yang dihasilkan lho. Bahkan saat sudah menjadi seorang ibu dengan payudara kecil bisa jadi memiliki persediaan ASI yang sama dengan payudara besar. Simak penjelasan lebih lanjut. 

image
adorable-baby-boy-drinking-breast-milk/freepik.com

Dilansir dari haibunda.com, Jumlah susu yang dihasilkan biasanya tergantung seberapa banyak ibu menyusui bayi. Secara alami, semakin banyak anak menyusu, semakin banyak susu yang dihasilkan. 


Besar kecilnya ukuran payudara tergantung pada lemak yang ada di dalamnya. Wanita dengan payudara kecil memiliki sedikit jaringan lemak, sedangkan wanita dengan payudara besar memiliki lebih banyak jaringan lemak. Besar kecilnya lemak tidak akan mempengaruhi produksi ASI. Jaringan lemak tidak menghasilkan ASI karena payudara memiliki jaringan kelenjar tersendiri yang menghasilkan ASI. Tidak seperti lemak, jumlah jaringan penghasil ASI belum tentu terkait dengan ukuran payudara wanita.

image
happy-woman-breastfeeding-her-baby/freepik.com

 

Payudara besar memang berpotensi menghasilkan banyak ASI. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga jika wanita dengan payudara besar bisa saja memproduksi ASI lebih  rendah. Hal ini terjadi karena kondisi medis tertentu, seperti polycystic ovarian syndrome (PCOS), obesitas, hipotiroid, dan resistensi insulin.

Ada hal yang harus diperhatikan dengan pasokan ASI yang terlalu banyak. Produksi ASI yang terlalu banyak dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri payudara. Oleh sebab itu, tidak jarang bagi ibu yang bekerja dan tidak sempat menyusui penting sekali untuk melakukan pumping. Pembengkakan yang parah dapat membuat payudara keras dan puting rata, sehingga bayi sulit menyusu. Si kecil juga bisa tersedak karena susu terlalu kental atau menjadi rewel.

Jadi besar kecilnya payudara tidak bisa menjadi batasan ideal ibu menyusui ya Ladies. Hal terpenting adalah bayi nyaman dan produksi ASI cukup untuk konsumsi bayi. Jangan lupa mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi agar ASI yang keluar juga berkualitas. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id