sign up SIGN UP

Diduga Jadi Salah Satu Alasan Perseteruan Zayn Malik dan Mertua, Ini Bahaya Posting Foto Anak di Sosmed

Nadya Quamila | Minggu, 31 Oct 2021 09:45 WIB
Diduga Jadi Salah Satu Alasan Perseteruan Zayn Malik dan Mertua, Ini Bahaya Posting Foto Anak di Sosmed
Ada bahaya yang mengintai jika terlalu sering posting foto anak di media sosial/ Foto: Pexels/Gustavo Fring
Jakarta -

Baru-baru ini dunia dihebohkan dengan kabar perpisahan Zayn Malik dan Gigi Hadid. Diduga perpisahan kedua pasangan ini disebabkan oleh Ibunda Gigi, Yolanda.

Banyak yang berspekulasi bahwa salah satu penyebabnya adalah Yolanda ikut campur di dalam hubungan rumah tangga keduanya dan melanggar batas privasi. Diketahui Yolanda sering mengunggah foto sang cucu ke media sosial, padahal selama ini Zayn dan Gigi sangat menjaga privasi buah hati mereka.

Bahagia dengan tumbuh kembang anak, tak heran jika orang tua ingin membagikan momen tersebut ke sosial media. Jika dilakukan sesekali, mungkin tidak menjadi masalah.

Namun ada bahaya yang mengintai jika terlalu sering posting foto anak ke media sosial. Yuk, simak penjelasannya!

Melanggar Privasi Anak

Ibu dan AnakAda bahaya yang mengintai jika terlalu sering memposting foto anak ke media sosial/ Foto: Freepik/bristekjegor

Menurut Dewi Widya Ningrum yang aktif membantu kampanye program Internet Sehat yang digagas oleh ICT Watch, posting foto-foto anak ke media sosial berarti merekam jejak digital mereka, seperti dilansir dari detikInet.

Suatu hari, saat anak masuk sekolah, mereka mungkin tidak ingin foto-foto mereka saat bayi atau menggunakan popok bertengger di dunia maya dan dilihat oleh teman-teman mereka. Hal ini membuat mereka merasa malu, merasa dieksploitasi dan privasinya telah dilanggar.

Meningkatkan Risiko Perdagangan Anak

Meskipun terlihat sepele, namun mengingkari janji pada anak juga dapat membuatnya merasa tidak diutamakan.Ada bahaya yang mengintai jika terlalu sering memposting foto anak ke media sosial/Foto: Freepik

Walau orang tua mengunggah foto anak ke media sosial dengan tujuan berbagi kebahagiaan atau sebagai kenang-kenangan, hal ini dapat dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab untuk hal-hal buruk. Salah satunya adalah perdagangan anak.

Tak jarang kita melihat kasus foto-foto anak selebritis yang diunggah oleh oknum tidak bertanggung jawab di akun perdagangan anak di media sosial. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi para orang tua untuk lebih berhati-hati saat memberikan eksposur ke buah hati.

Informasi Pribadi Bisa Disalahgunakan

Tips Detoks Smartphone/ Foto: pexels.com/Magnus MuellerAda bahaya yang mengintai jika terlalu sering memposting foto anak ke media sosial/Foto: pexels.com/Magnus Mueller

Tidak hanya foto, terkadang orang tua juga membagikan berbagai informasi pribadi anak di media sosial. Mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, berat badan, hingga lokasi.

Di era digital yang serba cepat dan canggih, hal ini bisa membahayakan keamanan anak. Ketika kita membagikan foto ataupun informasi ke media sosial, kita tidak lagi dapat mengontrol penggunaannya.

Orang lain bisa dengan mudah mengakses, menyalin, atau memanfaatkan foto dan informasi pribadi tersebut untuk keperluan yang dapat merugikan si pemilik foto. Contohnya seperti pencurian identitas hingga penculikan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id