sign up SIGN UP

SKINCARE

Pregnancy Glow, Mitos atau Fakta?

Rumaysha Milhania | Rabu, 25 Nov 2020 19:30 WIB
Pregnancy Glow, Mitos atau Fakta?
caption
Jakarta -

Selama kehamilan, sebagian wanita mengaku merasakan banyak perubahan dalam tubuhnya. Salah satunya adalah kulit yang tampak lebih bersih dan bersinar. Hal inilah yang banyak dikenal dengan sebutan pregnancy glow. Siapa sangka, kondisi ini memang benar adanya dan dibenarkan oleh para ahli.

Selama kehamilan, sebagian wanita mengaku merasakan banyak perubahan dalam tubuhnya. Salah satunya adalah kulit yang tampak lebih bersih dan bersinar. Hal inilah yang banyak dikenal dengan sebutan pregnancy glow.
Penyebab Pregnancy Glow/ Sumber: Freepik.com

Penyebab Pregnancy Glow

Faktanya, beberapa faktor dapat membuat kehamilan membuat kulit tampak bersih dan glowing. Beberapa diantaranya adalah volume darah yang lebih besar membuat aliran darah lebih banyak ke pembuluh hingga menghasilkan kulit yang terlihat memerah dan segar.

Selain itu, kadar hormon juga bisa menyebabkan kelenjar kulit di wajah mengeluarkan lebih banyak minyak (sebum), yang membuat kulit terlihat sedikit lebih berkilau.

Namun, ini tidak terjadi pada semua wanita. Pasalnya, ada pula faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kulit glowing selama kehamilan yang malah memberikan memiliki sisi negatif. Pasalnya, kadar hormon yang berfluktuasi selama kehamilan bisa membuat seorang ibu hamil lebih rentan berjerawat.

Pregnancy glow pada tiap wanita juga berbeda satu sama lain. Tidak ada jangka waktu yang pasti untuk seorang wanita mengalami kulit yang lebih bersih, segar, dan bersinar.
Pregnancy Glow Saat Hamil/ Sumber: Freepik.com

Pregnancy glow pada tiap wanita juga berbeda satu sama lain. Tidak ada jangka waktu yang pasti untuk seorang wanita mengalami kulit yang lebih bersih, segar, dan bersinar. Namun, umumnya wanita mungkin lebih mungkin mengalami glowing ini selama puncak perubahan hormon dalam tubuh, khususnya selama trimester kedua.

Apakah Semua Wanita Mengalami Pregnancy Glow?

Meskipun setiap wanita mengalami fluktuasi hormon secara alami sejak kehamilan, bukan berarti semua orang akan mengalami pregnancy glow. Jika tidak, bukan berarti ada yang salah. Sebaliknya, ini dapat menunjukkan bahwa kulit kamu bereaksi berbeda terhadap apa yang terjadi dengan bagian tubuhmu secara keseluruhan.

Efek Kulit Lain Saat Hamil 

Seperti yang telah disebutkan, jerawat kehamilan dapat terjadi saat kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak sebum daripada biasanya. Tidak hanya membuat kulit terlihat berkilau, tetapi juga dapat menyebabkan noda.

Jika ini terjadi padamu, pastikan untuk terus mencuci wajah dua kali sehari seperti biasa. Selain itu, kamu bisa mencoba beralih ke produk kulit berminyak selama masa kehamilan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter tentang produk yang aman untuk digunakan selama kehamilan.

Seperti yang telah disebutkan, jerawat kehamilan dapat terjadi saat kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak sebum daripada biasanya. Tidak hanya membuat kulit terlihat berkilau, tetapi juga dapat menyebabkan noda.
Kulit Bersih Saat Hamil/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang pregnancy glow. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id