sign up SIGN UP

Jangan Sampai Salah Langkah, Ini Cara Mengatasi Anak Tantrum

Allyoo Ri | Minggu, 20 Jun 2021 16:15 WIB
Jangan Sampai Salah Langkah, Ini Cara Mengatasi Anak Tantrum
caption
Jakarta -

Membawa anak-anak pergi keluar, selalu jadi tantangan tersendiri. Mulai dari sering tidak bisa diam, susah diatur, meminta ini dan itu, atau bahkan mungkin tantrum. Apalagi ketika sedang di area publik, anak yang tantrum sering membuat orang tua merasa tidak enak pada karena takut mengganggu kenyamanan orang lain. Tantrum pun tak hanya menjadi situasi yang tidak mengenakan bagi orang tua, bagi anak pun tantrum memerlukan tenaga yang tidak sedikit dan akan membuatnya tidak nyaman pula.

Meski tak selalu di luar, tantrum juga bisa terjadi di rumah saat mengasuh anak. Jadi, penting untuk mengetahui cara mengatasi anak tantrum. Berikut ini, yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi anak yang tantrum!

Tetap Tenang

Ayah dan anak
Ayah menggendong anaknya/Photo by unsplash.com/@kelli_mcclintock

Pertama-tama, ketika kamu melihat anakmu tantrum, adalah kamu harus tenang. Jangan sampai kamu panik dan langsung emosi. Karena anak dapat merasakan kepanikanmu dan malah bisa membuatnya semakin tantrum dan tidak nyaman. Jadi, kamu harus tenang lebih dulu.

Cari Tahu Alasan Anakmu Tantrum

Anak menangis
Anak yang menangis/Photo by unsplash.com/@tiomp

Langkah selanjutnya, kamu harus mencari tahu alasan atau faktor kenapa anakmu tantrum. Tidak harus 100% tepat, kamu bisa mencari alasannya secara umum.

Anak-anak bisa tantrum jika mereka tidak bisa menyampaikan keinginannya pada orang tuanya, mencari perhatian, ada di kondisi tak menyenangkan bagi si Kecil seperti lapar atau lelah, bisa juga karena terlalu dimanja atau tahap perkembangan yang belum matang.

Jauhkan Benda Berbahaya, Alihkan Perhatian

Anak dan mainan
Anak yang tengah bermain dengan mainannya/Photo by unsplash.com/@itshoobastank

Setelah kamu tahu alasannya, kamu bisa mencari jalan keluar untuk mengatasinya. Kamu bisa menjauhkan benda-benda berbahaya dari jangkauannya, menghindari dia akan meraihnya ketika ia semakin emosi. Alihkan perhatiannya dengan hal lain yang bisa menarik perhatiannya juga bisa jadi jalan keluar.

Hindari Ancaman, Mulai dengan Dialog

Ibu dan kedua anaknya
Ibu tengah berbicara dengan kedua anaknya/Photo by unsplash.com/@benjaminmanley

Jangan langsung memarahinya, apalagi memberi ancaman. Anak akan merasa semakin tidak nyaman dan membuatnya tantrum lebih parah lagi. Kamu bisa mulai bicara baik-baik, lakukan dialog atau bahkan bisa lakukan negosiasi.

Hindari Tantrum dengan Memberikan Afeksi dan Apresiasi

Ibu dan anak
Ibu yang tengah memeluk anaknya/Photo by unsplash.com/@jwwhitt

Tak harus melulu menunggu anak tantrum, kamu bisa mencegahnya dengan memberikan anak afeksi. Selain itu, ketika ia melakukan hal yang baik, kamu bisa beri dia apresiasi dengan pujian. Berilah dia kalimat-kalimat baik dan penuh kasih sayang agar dia merasa aman dan nyaman.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id