sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Bunda Harus Tahu, Ini 4 Ciri Anak Tantrum

Izzul Millati Umami | Rabu, 07 Apr 2021 21:00 WIB
Bunda Harus Tahu, Ini 4 Ciri Anak Tantrum
ciri anak trantrum/ sumber:pexels.com

Tantrum merupakan kondisi pada anak ketika sedang bersikap di luar kontrol. Tantrum bisa berarti jeritan, tangisan, sikap menendang dan memukul. Kondisi ini sebenarnya wajar terjadi pada beberapa anak, namun tidak baik bila dibiarkan terus-terusan. Anak yang tantrum bisa jadi sangat agresif dan mudah tersinggung. 

Tantrum terjadi karena kemampuan sosial dan komunikasi anak belum berkembang. Si kecil yang tantrum jadi sulit mengungkapkan ekspresi dan emosinya. Mereka yang tantrum suka kehilangan kontrol. Bunda harus tau nih ciri-ciri tantrum pada anak:

Suka menyiksa diri sendiri

menyiksa diri
menyiksa diri/sumber:pexel.com

Si anak yang sedang tantrum suka menyiksa diri sendiri. Perilaku semacam menggigit jari, membenturkan kepala ke dinding dan menendang-nendang merupakan ciri tantrum. Hal ini biasanya terjadi karena suatu hal. Sebagai ibu, coba bunda pahami perasaan sang anak. Ajak si kecil mengobrol dengan bahasa yang halus dan mudah dipahami. 

Suka marah-marah

marah-marah
marah-marah/sumber:pexel.com

Anak yang sedang tantrum biasanya sangat suka mengamuk. Naik turunnya mood mempengaruhi jiwa mereka. Parahnya, si anak yang tantrum 5 kali dalam sehari punya resiko kejiwaan yang bisa berpotensi serius. Saat seperti ini sedang terjadi, sebaiknya bunda juga nggak ikutan marah. Coba bunda tenangkan si kecil dengan suara yang lemah lembut. Dengan begitu, anak lambat laun bisa luluh dan mengatur emosinya. 

Susah menenangkan diri 

Si anak yang sedang tantrum biasanya sangat susah menenangkan diri. Mereka perlu tenaga ekstra untuk bisa mengeluarkan diri dari situasi ini. Itulah kenapa bunda perlu membantu si anak menenangkan diri saat tantrum. Bila dibiarkan, hal ini bisa berlanjut jadi kebiasaan. 

Melukai orang lain dalam frekuensi yang sering

menenangkan anak tantrum
menenangkan anak tantrum/sumber:pexel.com

Si kecil yang tantrum di luar batas wajar sangat bisa melukai orang lain. Terkadang, tindakan memukul atau melukai orang lain membuat orang tua sangat kewalahan. Jika hal ini sampai terjadi, segera konsultasikan ke dokter. Waspadai si kecil punya gangguan emosional dalam dirinya. 

Mengatasi anak tantrum memang susah-susah gampang. Namun, Ladies nggak boleh membiarkan hal ini berlanjut terus-terusan. Tantrum yang dibiarkan bisa berlanjut sampai usia dewasa, loh. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id