sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kebiasaan Ini Sangat Baik Untuk Para Ibu Hamil!

Verticallya S.E Pratiwi | Kamis, 15 Oct 2020 10:00 WIB
Kebiasaan Ini Sangat Baik Untuk Para Ibu Hamil!
Ibu hamil/Freepik.com
Jakarta -

Saat hamil, sudah sewajarnya Ibu dan orang sekitar jadi lebih berhati – hati. Berbagai kegiatan seringkali sengaja dilakukan saat kehamilan untuk menjaga kesehatan Ibu dan Janin. Tak hanya itu, bahkan aktivitas berat yang akan membahayakan juga mulai dikurangi.

Tidak cukup hanya sebatas menjadwalkan kegiatan olahraga tertentu atau mengurangi aktivitas berat saja, bagi Ibu hamil sangat penting loh untuk membiasakan kebiasaan baik. Awalnya mungkin akan sulit, namun jika sudah terbiasa dan jadi keseharian akan sangat membantu Ibu dan perkembangan janin.

Apa saja kebiasaan yang baik itu? Langsung saja simak di sini!


 

Konsumsi Banyak Buah dan Sayur

Ibu hamil dan buah buahan segar
Ibu hamil memakan buah/Freepik.com

Jangan sampai terkena sembelit saat tengah hamil, karena akan sangat menyiksa dan menyulitkanmu. Apalagi ini bukan soal kamu sendiri, tapi juga janinmu. Akan sangat sulit untuk diam di toilet terlalu lama karena sembelit, sakit perut ditambah jika ada kontraksi mendadak. Konsumsi obat pun takut – takut.

Jadi, biasakan mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak agar pencernaanmu selalu lancar. Gizi terpenuhi dan kesehatanmu terjaga. Ibu dan bayinya pun akan sehat.

 

Membaca Buku, Terutama Soal Kehamilan dan Anak

Ibu hamil dan buku
Ibu hamil tengah membaca buku/Mommyasia

Ibu hamil rentan sekali stress karena memikirkan dan mengkhawatirkan banyak hal. Salah satu cara agar rileks adalah membaca membiasakan diri banyak buku. Ini dibiasakan agar jiwamu lebih tenang dan tidak resah. Lebih bagus dan diutamakan jika buku soal kehamilan atau anak, sehingga kamu bisa sambil belajar dan merawat diri. Selain itu kamu pun akan memulai persiapan untuk mengurus anak kelak.

 Perhatikan Pola Tidur

Ibu hamil
Ibu hamil yang tengah tertidur/Freepik

Sudah, kalau sedang hamil jangan begadang lagi. Ini akan sangat buruk untuk kesehatanmu, akan membahayakan janinmu pula. Kamu harus cukup istirahat dan mendapatkan ketenangan saat tidur. Sehingga, tubuhmu akan lebih fit dan siap menjalani hari – hari sebagai Ibu hamil. Jangan terlalu sebentar atau terlalu lama tidur. Perhatikan juga waktu yang tepat untukmu tidur. Bangun terlalu pagi juga tidak bagus, apalagi tidur terlalu malam. Jadi, atur jadwalnya sesuai kegiatanmu ya.

 

Kendalikan Suasana Hati

Ibu hamil
Ibu hamil yang terlihat tengah stress/Haibunda

Memang sulit untuk mengendalikan perasaan sesuai keinginan kita. Tetapi, tak ada salahnya mencoba untuk terus berpikir positif dan hanya mengingat hal – hal yang baik saja. Mungkin bisa kamu lakukan dengan mendengarkan music yang tengah kamu sukai. Menonton film dan berjalan – jalan di sore hari ke sekeliling rumah juga bisa jadi alternative lain. Pokoknya, jika suasana hatimu mulai memburuk jangan dibiarkan ya. Coba untuk mengontrolnya dan lebih tenang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id