sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Menyusui Saat Hamil? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan!

Rumaysha Milhania | Senin, 01 Mar 2021 09:30 WIB
Menyusui Saat Hamil? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan!
caption
Jakarta -

Tiap orangtua memiliki preferensi berbeda mengenai jarak lahir anak, dan itu merupakan hal yang relatif. Jadi, tidak masalah jika kamu menginginkan anak yang berjarak jauh atau dekat sekalipun. Hal yang terpenting, kamu harus tahu betul bagaimana cara untuk memberikan perawatan terbaik pada masing-masing anak tanpa memberikan lebih perhatian pada yang lainnya. 

Nah, jika kamu sekarang sedang hamil lagi dengan anak sebelumnya yang masih aktif menyusu, berikut ini adalah hal penting yang harus kamu perhatikan ketika menyusui saat hamil.

Konsultasi pada dokter

Ketahui bahwa kita mungkin punya rencana dan bayangan ideal tentang bagaimana parenting harus dilakukan. Tetapi, melakukan konsultasi akan memberikan gambaran yang lebih ideal dan realistis tentang apa yang akan kamu hadapi ke depannya. Jadi, sangat penting untuk melakukan konsultasi agar dokter dapat menentukan apakah kamu siap untuk menjalani kehamilan sambil menyusui.

Ketahui bahwa kita mungkin punya rencana dan bayangan ideal tentang bagaimana parenting harus dilakukan.
Konsultasi Kehamilan/ Sumber: Freepik.com

Pahami juga bahwa ada keadaan tertentu yang mungkin akan menyebabkan doktermu menyarankan untuk menyapih anak lebih awal, seperti:

  • kehamilan dianggap berisiko tinggi mengalami keguguran
  • kehamilan anak kembar
  • ibu hamil mengalami nyeri rahim atau pendarahan

Berbicara dengan dokter kandunganmu akan menjadi bagian penting dalam menentukan apakah kamu dapat terus menyusui saat hamil. Jika tidak disarankan untuk situasi tertentu yang kamu alami, jangan berkecil hati! Kamu sudah menjalani yang terbaik untuk semua anak-anakmu. 

Posisi terbaik saat menyusui

Bukan rahasia lagi bahwa menyusui dan memompa membutuhkan energi. Ini berarti kamu akan membutuhkan lebih banyak tenaga dan perjuangan saat menjalani proses menyusui dan kehamilan. Untuk itu, pastikan bahwa kamu selalu mencari tempat terbaik untuk menyusui. Kamu bisa memilih untuk duduk atau berbaring di tempat yang santai saat menyusui atau memompa untuk memberi diri kamu waktu ekstra beristirahat.

Bukan rahasia lagi bahwa menyusui dan memompa membutuhkan energi. Ini berarti kamu akan membutuhkan lebih banyak tenaga dan perjuangan saat menjalani proses menyusui dan kehamilan.
Posisi Menyusui/ Sumber: Freepik.com

Pantau suplai ASI

Pada umumnya, persediaan ASI ibu akan mulai berkurang sekitar bulan ke-4 atau ke-5 setelah bayi lahir, jadi penting untuk mulai memasukkan nutrisi lain ke dalam makanan bayi (MPASI). Jika mereka merasa puas setelah menyusui dan segala kebutuhanya terpenuhi, kamu dapat memastikannya pada pertumbuhan dan berat badan mereka. Jadi, jangan khawatir karena nutrisi lain yang diterima bayimu akan menutupi penurunan asupan ASI mereka.

Pertimbangkan diet harianmu

Tentu kamu sudah tahu semua tentang pentingnya asupan makanan yang sehat bagi kesehatan bayi, baik selama kehamilan hingga setelah ia dilahirkan lahir, saat menyusui. Namun, mengonsumsi tambahan kalori juga krusial buat kamu para ibu.

Kehamilan dan menyusui keduanya membutuhkan banyak energi, jadi penting untuk memastikan kamu mengonsumsi cukup kalori untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Aturan umumnya adalah 500 kalori ekstra jika anak yang menyusui juga mengonsumsi makanan lain atau 650 kalori ekstra jika bayimu masih berusia di bawah 6 bulan.

Tentu kamu sudah tahu semua tentang pentingnya asupan makanan yang sehat bagi kesehatan bayi, baik selama kehamilan hingga setelah ia dilahirkan lahir, saat menyusui.
Makanan Saat Kehamilan/ Sumber: Freepik.com

Investasi perawatan payudara dan puting

Kamu mungkin sudah tahu bahwa puting yang sakit bisa menjadi masalah yang sering dialami ibu menyusui, tetapi ini bisa terlihat terutama jika kamu sedang hamil dan menyusui sekaligus. Ini karena nyeri payudara adalah gejala umum kehamilan, jadi meluangkan waktu untuk perawatan diri penting untuk kesehatan mental dan fisik.

Jadi, pastikan bahwa kamu memang sudah benar-benar siap menghadapi perjuangan besar melalui kehamilan dan masa menyusui bersamaan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id