sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Moms, 4 Cara ini Bisa Dekatkan Hubungan Ayah dengan Anak

Ratih Dewi | Sabtu, 24 Apr 2021 21:15 WIB
Moms, 4 Cara ini Bisa Dekatkan Hubungan Ayah dengan Anak
caption

Ayah dikenal sosok yang tegas dan bertanggung jawab memberikan panutan yang baik untuk si anak. Karena terlalu tegas, ada beberapa kasus yang membuat hubungan anak dengan ayah tidak terlalu dekat layaknya hubungan anak dengan ibu, karena sosok ibu memang lebih halus dan lebih mengerti kemauan si anak. 

Moms, kedekatan ayah dengan anak sangat penting untuk membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Kalau moms merasa hubungan si anak dengan ayah tidak dekat dan terkesan ada jarak, bisa lakukan beberapa cara di bawah ini lho moms.

Berikan Sebuah Misi atau Tugas

Berikan Sebuah Misi atau Tugas
Berikan Sebuah Misi atau Tugas/Foto : freepik.com

Cara yang paling mudah mendekatkan ayah dengan anak adalah memberikan mereka sebuah misi atau tugas yang harus diselesaikan bersama moms. Selain hubungan menjadi dekat, anak juga menjadi lebih nyaman berinteraksi dengan ayah karena seperti bermain, sehingga anak menjadi lebih dekat dan berkomunikasi dengan si ayah untuk menyelesaikan misi. 

Contoh yang mudah moms bisa memberikan misi seperti berbelanja kebutuhan rumah dengan memberikan list belanjaannya, dan setelah mereka menyelesaikannya moms bisa berikan hadiah atau rewards yang unik untuk mereka berdua. 

Temani anak Belajar dan Bermain

Temani anak Belajar dan Bermain
Temani anak Belajar dan Bermain/Foto : freepik.com

Jika anak sedang bermain dan belajar, jangan lupa libatkan peran ayah untuk membantu dan mengajari si anak. Jika sudah terbiasa, maka hubungan anak dan ayah akan menjadi lebih dekat dan banyak interaksi yang diciptakan. Jangan lupa untuk memberitahu si anak untuk tidak terlalu tegas atau galak ketika mengajari si anak. 

Butuh kesabaran yang ekstra jika mengajari anak belajar, untuk itu diperlukan metode yang menyenangkan saat mengajari anak ya moms. Buat suasana belajar menjadi menyenangkan dan berikan hadiah jika si anak berhasil menyelesaikan tugasnya. 

Libatkan Ayah dengan Hobi Anak

Libatkan Ayah dengan Hobi Anak
Libatkan Ayah dengan Hobi Anak/Foto : freepik.com

Libatkan ayah untuk melakukan kesukaan si anak ya moms. Jika anak suka berolahraga pastikan ada peran ayah untuk membantunya atau menjadi pelatihnya. Jika anak lebih menyukai seni, bisa libatkan ayah untuk membantu mewarnai atau menggambar bersama si anak. 

Hubungan ayah dan anak menjadi dekat, mereka juga memiliki memori yang tidak akan terlupakan. Dukungan dari ayah untuk anaknya sangat penting untuk mendorong si anak melakukan apa yang disukainya dan berpengaruh ke tumbuh kembang si anak. 

Beri Waktu untuk Ayah dan Anak

Beri Waktu untuk Ayah dan Anak
Beri Waktu untuk Ayah dan Anak/Foto : freepik.com

Biasanya ayah memiliki waktu yang kurang banyak dengan si anak karena harus bekerja mencari nafkah. Ketika hari libur, moms bisa memberikan waktu untuk ayah dan anak untuk melakukan sesuatu atau beri waktu untuk mereka berlibur khusus untuk ayah dan anak.

Dengan ini, hubungan mereka menjadi lebih dekat, memiliki pengalaman yang tidak terlupakan, mengajarkan anak dan ayah untuk kompak, dan juga moms bisa menikmati waktu untuk me time yang biasanya sulit didapatkan karena mengurus anak atau bekerja. 

Nah, jangan lupa hal yang anak dan ayah lakukan untuk selalu didokumentasikan ya moms supaya kenangannya diingat sepanjang waktu dan terus menjadi kenangan yang indah. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id