sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Untuk Para Orangtua, Simak Tips Mengajarkan Anak Menabung dan Mengelola Uang Ini

Rumaysha Milhania | Selasa, 20 Oct 2020 15:30 WIB
Untuk Para Orangtua, Simak Tips Mengajarkan Anak Menabung dan Mengelola Uang Ini
caption
Jakarta -

Menabung adalah salah satu aspek terpenting dalam membangun security dan memiliki fondasi keuangan yang aman. Sayangnya menabung tidaklah mudah, biasanya banyak dari kita yang mempelajari pentingnya menabung melalui trial and error, dan yang lebih penting dari pengalaman. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua penting untuk mengajari anak-anak kita untuk menabung sejak usia muda. Dengan begitu, anak kita nantinya sudah terbiasa dan mampu mencapai kesejahteraan dalam hidupnya. Berikut beberapa cara untuk mengajari anak tentang menabung:

Menabung adalah salah satu aspek terpenting dalam membangun security dan memiliki fondasi keuangan yang aman.
Menabung/ Sumber: Freepik.com

Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Langkah pertama dalam mengajari anak-anak nilai menabung adalah membantu mereka membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jelaskan bahwa kebutuhan mencakup hal-hal mendasar, seperti makanan, tempat berteduh, dan pakaian, dan keinginan adalah semua tambahan. Berikan contoh yang simple dari kehidupan sehari-hari agar anak mudah mengerti dan membedakan antara keinginan dan kebutuhan

Biarkan Mereka Mendapatkan Uang Sendiri

Dengan membiarkan anak-anak kita berusaha mencari uang sendiri dapat membuat mereka merasakan dan mengerti arti kerja keras dan belajar bagaimana menggunakan dan menabungkan uang mereka. Mencari uang sendiri yang dimaksud disini adalah dengan cara yang masih rasional dan pantas dilakukan oleh anak-anak.

Membantu anak-anak menentukan tujuan menabung bisa menjadi cara yang lebih baik untuk membuat mereka termotivasi.
Manfaat Menabung/ Sumber: Freepik.com

Tetapkan Sasaran Tabungan dan Timeline Menabung

Bagi seorang anak, diberitahu untuk menabung — tanpa menjelaskan alasannya — mungkin tampak tidak berguna. Membantu anak-anak menentukan tujuan menabung bisa menjadi cara yang lebih baik untuk membuat mereka termotivasi. Jika mereka tahu untuk apa mereka menabung, itu bisa membantu mereka mencapai tujuan mereka serta membantu mereka mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut, berdasarkan tingkat tabungan mereka.

Mulailah dengan Celengan di Rumah

Celengan bisa menjadi cara yang bagus untuk mengajari anak-anak kamu pentingnya menabung, sekaligus memberi mereka cara mudah untuk melakukannya. Beri tahu anak kamu bahwa tujuannya adalah mengisi celengan dengan uang kertas atau koin, sampai tidak celengan tersebut penuh. Gambarkan bahwa celengan adalah untuk menyimpan uang untuk masa depan atau tujuan yang ingin mereka capai. Semakin banyak mereka menabung, semakin banyak uang mereka akan bertambah.

Anak-anak belajar dengan melihat contoh perilaku, jadi cara terbaik untuk mengajari anak tentang menabung adalah dengan menabung sendiri.
Pentingnya Menabung/ Sumber: Freepik.com

Berikan Contoh

Anak-anak belajar dengan melihat contoh perilaku, jadi cara terbaik untuk mengajari anak tentang menabung adalah dengan menabung sendiri. Miliki celengan untukmu sendiri yang kamu gunakan untuk memasukkan uang secara teratur. Setiap kali kamu menabung, tunjukkan kepada anak-anak mu jika kamu menabung untuk masa depan. Kamu juga bisa menabung bersama anak-anak mu dengan tujuan liburan bersama atau hiburan untuk keluarga.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan untuk membiasakan anakmu menabung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id