sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Patut Dicontoh, Ini 5 Panduan Mudah Agar Anak Kuat Puasa Ramadan

Dian Aprilia | Sabtu, 24 Apr 2021 22:00 WIB
Patut Dicontoh, Ini 5 Panduan Mudah Agar Anak Kuat Puasa Ramadan
caption

Bagi anak-anak, puasa Ramadan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Sebab anak-anak terbiasa makan dan minum dengan bebas dan masih sulit untuk mengontrol diri. Jadi, di awal puasa, anak-anak wajar merasa kesulitan dan enggan karena tidak kuat menahan diri saat puasa. Oleh sebab itu, orang tua memiliki peranan penting untuk membantu anak agar kuat saat berpuasa.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 panduan mudah agar anak kuat berpuasa:

Beri Anak Motivasi

Motivasi anak
Motivasi anak/pexels.com

Hal pertama yang harus orang tua lakukan adalah memberikan motivasi kepada anak untuk berpuasa. Ayah dan ibu boleh-boleh saja memberikan hadiah kepada anak berupa makanan favorit, mainan, jalan-jalan dan lainnya. Namun perlu diketahui, bahwa motivasi keagamaan harus tetap jadi nomor satu.

Beri pengertian anak mengenai perintah ibadah puasa dari Allah SWT serta manfaat yang mereka dapatkan dari sisi keagamaan. Ingatkan juga kepada anak bahwa hadiah berupa materi tidak selalu akan diberikan pada orang tua. Posisikan hadiah materi bukan suatu yang utama dan permanen.

Pilih Menu dengan Nutrisi Lengkap

Nutrisi lengkap
Nutrisi lengkap/pexels.com

Selanjutnya, orang tua juga perlu memerhatikan aspek fisik agar anak bisaa menjalani puasa dengan lancar. Orang tua perlu memberikan makanan dengan nutrisi lengkap, agar energi anak tidak cepat habis dan mudah lemas saat puasa. Jadi perhatikan asupan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak dan lainnya.

Kamu bisa sediakan makanan favorit anak, yang tentunya kaya nutrisi juga. Sebaliknya hindari berbagai makanan manis atau berlemak saat sahur. Sebab kedua jenis makanan tersebut, membuat anak mudah merasa lemas saat puasa.

Ajak Anak Bermain

Ajak anak bermain
Ajak anak bermain/pexels.com

Saat siang dan sore hari biasanya menjadi waktu krusial bagi orang yang berpuasa. Sebab pada saat ini, seseorang merasa teramat lapar dan haus, apalagi anak-anak. Untuk mengalihkan perhatian anak dari rasa haus dan lapar, orang tua bisa mengajak anak untuk bermain.

Pastikan kegiatan yang dilakukan tidak menguras terlalu banyak tenaga, sehingga anak tidak akan merasa lelah berlebihan. Kamu bisa mengajak anak untuk mewarnai, menulis, jalan-jalan santai, membaca buku dan lainnya. Buat anak asik dengan permainan atau kegiatan yang sedang dilakukannya, agar dia lupa sejenak dengan rasa lapar dan haus.

Jangan Lupa Tidur Siang

Tidur siang
Tidur siang/pexels.com

Aktivitas yang tak boleh dilewatkan oleh anak saat berpuasa adalah tidur siang. Tidur siang bisa menjadi cara ampuh dan mudah untuk mengalihkan perhatian anak dari rasa haus dan lapar selama berpuasa. Selain itu, anak juga memiliki kebutuhan tidur yang lebih panjang dibandingkan dengan orang dewasa.

Biasakan untuk mengajak anak tidur meski hanya 30 menit – 1 jam sehari. Sebab tidur siang bermanfaat untuk mengembalikan energi anak, meningkatkan fokus, daya ingat, dan juga mencegah obesitas pada anak.

Beri Suplemen Tambahan

Suplemen
Suplemen/pexels.com

Bagi kamu yang ingin memastikan kesehatan anak, kamu bisa penuhi dengan berbagai suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh anak selama berpuasa. Banyak sekali jenis vitamin yang bisa dikonsumsi, diantaranya adalah imboost kids, holisticare super ester-c kids, sakatonik ABS, dan lainnya.

Itulah 5 panduan mudah agar anak kuat dan semangat puasa ramadan. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada anak jika berhasil melalui puasa dengan lancar dan tidak rewel. Selamat mencoba.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id