sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Pelajaran Berharga yang Bisa Orangtua Pelajari dari Anak

Rumaysha Milhania | Senin, 29 Mar 2021 20:00 WIB
Pelajaran Berharga yang Bisa Orangtua Pelajari dari Anak
caption

Tidak ada orang yang siap menjadi orangtua. Pasalnya, teori parenting apapun yang pernah kamu dengar dan baca akan jauh berbeda dengan kenyataan yang kamu hadapi.

Kamu sebagai orangtua memiliki karakter yang unik. Begitu pula dengan si kecil yang spesial dengan karakteristiknya. Itulah sebabnya, untuk bisa menjadi orangtua yang baik, kamu harus mengedepankan prinsip saling belajar dan saling memahami. 

Tidak ada orang yang siap menjadi orangtua. Pasalnya, teori parenting apapun yang pernah kamu dengar dan baca akan jauh berbeda dengan kenyataan yang kamu hadapi.
Menjadi Orang Tua/ Sumber: Freepik.com

Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dari anak tentang kehidupan dan menjalani peran di hidupmu. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. Kita Akan Mendapatkan Apa yang Kita Berikan

Jika kamu memperlakukan anak dengan kasih sayang, ia juga akan menunjukkan kasih sayang padamu. Itulah hukum alam yang terjadi di dunia ini. Selalu pikirkan untuk memberikan yang terbaik pada orang-orang di sekitarmu, maka hal-hal baik akan juga datang padamu meskipun bukan berupa balasan langsung.

2. Kejujuran adalah Hal Utama

Bagaimana rasanya saat anak berbohong? Itu mungkin adalah hal yang akan membuatmu terkejut dan kecewa. Kejujuran adalah kunci utama kehidupan yang indah dan bahagia. Mulailah dengan selalu bersikap jujur dalam keluarga karena itu akan membuat hubunganmu dengan semua anggota keluarga menjadi lebih baik.

Bagaimana rasanya saat anak berbohong? Itu mungkin adalah hal yang akan membuatmu terkejut dan kecewa.
Mendidik Anak/ Sumber: Freepik.com

3. Berbahagialah!

Anak-anak memang kerap kali menangis dan marah karena mainannya rusak atau tidak diperbolehkan menonton TV. Namun, percayalah bahwa kesedihan dan kekecewaan itu akan hilang dengan sendirinya. Terkadang, bagi mereka bersamamu adalah sumber kenyamanan dan membuat mereka bahagia. Jadi, mengapa tidak mulai membiasakan diri untuk mulai mempraktikkan hal tersebut sendiri? Syukuri hal kecil dan sedih secukupnya.

4. Tunjukkan Perasaanmu

Semakin dewasa seseorang, semakin kita takut untuk menunjukkan apa yang kita rasakan. Mungkin ini definisi umum tentang menjadi dewasa. Namun, apakah itu bisa membantumu menjadi lebih baik? Manusia, berapapun usianya, memiliki perasaan yang perlu untuk dikeluarkan dan diungkapkan. Tunjukkan perasaan sedihmu dengan menangis, itu tidak masalah.

5. Selalu Berusaha dan Jangan Menyerah

Anak-anak tidak pernah menyerah saat ingin meraih remote TV yang sudah kamu letakkan jauh di atas lemari. Apapun mereka lakukan, meskipun itu harus membuat mereka terjatuh beberapa kali. Saat belajar melangkah, mereka kerap kali kesulitan untuk menjaga keseimbangan. Namun, mereka selalu mencoba untuk bisa berjalan seperti orang lain. Cobalah untuk praktikkan ini saat kamu menghadapi masalah dan tantangan untuk mencapai tujuanmu.

Semakin dewasa seseorang, semakin kita takut untuk menunjukkan apa yang kita rasakan. Mungkin ini definisi umum tentang menjadi dewasa.
Menjadi Orang Tua/ Sumber: Freepik.com

Itulah beberapa hal yang dapat kamu pelajari dari anak-anak. Ingat, menjadi jujur dan apa adanya adalah kunci bahagia dari kehidupan. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id