sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tak Menjadi Toxic Parents bagi Anak

Ade Irma Suryani | Jumat, 25 Dec 2020 02:00 WIB
Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tak Menjadi Toxic Parents bagi Anak
caption
Jakarta -

Setiap pribadi yang telah menjadi orang tua, pasti menginginkan untuk bisa menjadi orang tua yang baik untuk anaknya. Namun ada kalanya, beberapa hal atau kesalahan yang dilakukan orang tua dalam mendidik terkadang malah menjadi toxic bagi anaknya. 

Karena itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh orang tua agar tak menjadi toxic parents bagi anak. Berikut ulasannya di bawah ini.

 

1. Sembunyikan Masalah Pribadi dari Anak 

Orang tua harus pandai menyembunyikan masalah pribadi dari anak.
Menyembunyikan Masalah/freepik.com

Menjalani kehidupan rumah tangga, tentunya akan ada berbagai ujian yang harus dihadapi setiap pasangan suami istri. Terkadang kekecewaan, sedih, amarah hingga pertengkaran menjadi sesuatu yang tak bisa dielakkan.

Namun sebagai orang tua yang bijak, kamu perlu menyembunyikan masalah pribadimu dengan pasangan dari anak-anak. Apapun permasalahan antar kedua orang tua, jangan biarkan anak-anak melihat dan merasakan itu semua.  

 

2. Belajar untuk Mengendalikan Diri

Belajar untuk mengendalikan diri saat emosi.
Mengendalikan Diri/freepik.com 

Sebagai manusia biasa, apalagi ketika sudah menjadi orang tua, tentunya akan ada hal-hal yang seringkali memancing emosi, baik itu saat bermasalah dengan pasangan, soal pekerjaan, hingga tingkah laku anak-anak yang sedang berulah.

Tak jarang, hal-hal semacam ini membuat para orang tua menjadi kesal, sehingga terkadang kerap melontarkan kata-kata kasar atau pukulan kepada anak akibat kelakuannya atau bahkan sebagai pelampiasan emosi. 

Tindakan tersebut tentu saja tidak sehat dan bisa saja berdampak bagi mentalnya. Alangkah baiknya sebagai orang tua, kamu dan pasangan bisa sama-sama belajar untuk mengendalikan diri dan mengontrol emosi dengan baik. 

 

3. Membangun Komunikasi dan Menjadi Pendengar yang Baik 

Orang tua perlu membangun komunikasi yang baik dengan anak dan juga mendengarkan.
Membangun Komunikasi/freepik.com 

Sebagai orang tua yang baik, mulailah untuk membangun komunikasi dan menjadi pendengar yang baik untuk anak sedari kecil. Membangun komunikasi yang baik dengan anak akan membuat hubungan orang tua dengan anak menjadi lebih erat dan juga berperan penting dalam mengembangkan kepercayaan dirinya.

Anak-anak yang memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan orang tua juga akan terhindar dari resiko melakukan perbuatan yang buruk, seperti narkoba, minum minuman keras, dan melakukan tindakan kekerasan.

Selain itu, sebagai orang tua kamu juga perlu berusaha menjadi pendengar yang baik untuk anak. Berusahalah untuk mendengarkan apa yang dikatakan anak dengan penuh perhatian. Dengan begitu, anak-anak akan merasa dimengerti dan dapat menjadi pribadi yang lebih terbuka.

 

4. Hargai Privasi Anak

Hargai privasi anak dengan baik.
Menghargai Privasi Anak/freepik.com 

Seiring semakin bertambahnya usia anak, perilaku dan cara pikirnya pun akan mulai berubah dan berkembang. Anak yang dahulunya selalu lengket dan sering mengganggu aktivitas orang tuanya, kini mulai memiliki dunianya sendiri dan membuat batasan.

Di sinilah sebagai orang tua kamu perlu mulai menghargai privasi anak. Karena di masa tersebut anak-anak sudah mulai mempunyai rahasianya sendiri. Karena itu, berusahalah untuk menjadi orang tua yang bijak, yaitu berusaha memahami anak dengan baik dan tanpa terlalu mencampuri kehidupan anak.

Selama hal tersebut bukanlah sesuatu yang buruk atau merugikan dirinya dan orang lain, maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id