sign up SIGN UP

4 Tips Membentuk Anak Agar Menjadi Cerdas, Orang Tua Perlu Tahu Lho!

Ade Irma Suryani | Jumat, 08 Oct 2021 18:30 WIB
4 Tips Membentuk Anak Agar Menjadi Cerdas, Orang Tua Perlu Tahu Lho!
caption

Setiap orang tua manapun tentu menginginkan agar bisa memiliki anak yang cerdas. Ya! Memiliki anak yang cerdas dan berprestasi memang merupakan suatu kebanggaan. Maka tak heran, jika sebagian orang tua rela memberikan berbagai fasilitas pendidikan yang bagus untuk anaknya, meskipun harus mengeluarkan biaya mahal sekalipun demi anaknya agar bisa cerdas. 

Lantas, bagaimanakah langkah-langkah membentuk anak cerdas? Simak 4 tips berikut ini yuk, Beauties!

1. Berikan Makanan yang Sehat dan Bergizi

Membentuk anak yang cerdas perlu memberikan makanan yang sehat dan bergizi.
Berikan Makanan yang Sehat dan Bergizi/ Foto: freepik.com/nensuria 

Salah satu tips paling penting membentuk anak cerdas ialah dengan memperhatikan asupan nutrisinya. Karena itu, anak perlu diberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk mendukung perkembangan otaknya.

Makanan tersebut ialah seperti sayuran hijau, buah-buahan, telur, ikan salmon, ikan tuna, biji-bijian utuh, daging, dan susu. Sementara itu, terapkan selalu kebiasaan sarapan sehat untuk anak setiap paginya. 

2. Ajak Anak Berkomunikasi

Untuk membentuk anak cerdas, ajaklah anak untuk berkomunikasi.
Ajak Anak Berkomunikasi/ Foto: freepik.com/pch.vector 

Penting bagi orang tua untuk sering  mengajak anak berkomunikasi sejak kecil. Karena hal ini akan membuat anak lebih dekat dengan orang tua dan juga lebih percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain. Tentunya hal ini juga turut mendukung kecerdasan anak dan dapat membuat anak menjadi pribadi yang lebih aktif. 

3. Ajari Kebiasaan Membaca Pada Anak

Mulai ajari Kebiasaan membaca pada anak sejak kecil.
Ajari Kebiasaan Membaca Pada Anak/ Foto: freepik.com/prostooleh 

Untuk meningkatkan kecerdasan anak, orang tua juga perlu mengajari kebiasaan membaca pada anak sejak dini. Saat anak masih sangat kecil, hal ini bisa dimulai dari kebiasaan membacakan cerita dongeng di setiap malam menjelang tidur. Untuk menumbuhkan minat membaca pada anak yang masih kecil, pilihlah buku cerita dengan tampilan yang menarik, agar anak bisa lebih antusias dengan kegiatan membaca. 

4. Belajar Bahasa Asing

Mempelajari bahasa asing membuat anak menjadi cerdas.
Belajar Bahasa Asing/ Foto: freepik.com/freepik 

Tidak ada salahnya jika orang tua ikut mendorong anak untuk belajar bahasa asing sedari dini. Pasalnya, anak yang mempelajari bahasa asing dapat mendorongnya untuk lebih cerdas.

Anak yang mempelajari bahasa lebih dari satu biasanya memiliki daya ingat yang lebih kuat. Hal ini lantaran mereka terbiasa menghafal kosakata bahasa asing dalam waktu yang lama, sehingga dapat membuat fungsi memori lebih tajam.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id