sign up SIGN UP

LIFE

5 Cara Mengelola Keuangan untuk Kamu Si Freelancer

Dian Purnamasari | Senin, 19 Oct 2020 15:15 WIB
5 Cara Mengelola Keuangan untuk Kamu Si Freelancer
caption

Buat kamu para freelancer, sudah cek rekeningmu hari ini? Bekerja sebagai freelancer memang banyak jadi pilihan para millennials saat ini. Jam kerja yang bebas dan tidak terikat seperti bekerja di perusahaan, menjadi salah satu alasan mereka memilih bekerja sebagai freelancer.

Tapi ternyata, jam kerja yang bebas maka bebas juga jumlah pemasukan yang masuk ke rekeningmu. Ya, bekerja sebagai freelancer memang tidak selalu mudah. Tidak tetapnya penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulan menjadi salah satu masalahnya.

Untuk itu, kamu yang bekerja sebagai freelancer harus punya strategi cerdas dalam mengatur keuangan. Apa saja strategi yang bisa kamu lakukan? Ini dia strategi mengatur keuangan untuk freelancer:

1. Memisahkan Kebutuhan Pribadi dan Bisnis

Pisahkan keuangan untuk para freelancer
Pisahkan Keuangan/pexels.com

Freelancer berbeda dengan seorang pekerja yang bekerja di kantor. Mereka biasanya difasilitasi perlengkapan kerja dari kantor seperti laptop, kamera, dan alat lain. Sedangkan freelancer memfasilitasi diri sendiri, yang tentunya butuh mengeluarkan uang pribadi untuk membeli peralatan kerja.

Untuk itu, penting untuk kamu memisahkan kebutuhan pribadi dan bisnis agar tidak pusing dalam mengaturnya. Kamu harus menetapkan budget untuk kebutuhan pribadi dan bisnis. Ini juga bisa dijadikan sebagai bentuk pengendalian diri kamu. Jika kebutuhan pribadimu sudah melebihi dari budget yang ditetapkan, maka kamu jangan sampai mengambil uang untuk kebutuhan bisnismu. Yang perlu kamu lakukan adalah mengatur kebutuhan pribadimu agar jangan sampai melebihi budget.

2. Menabung dan Berinvestasi

Menabung untuk kebutuhan masa depan
menabung/pexels.com

Jadi freelancer atau pekerja kantoran, hal satu ini enggak boleh dilewatkan. Menabung. Ya, setelah kamu menyisihkan uang untuk kebutuhan pribadi dan bisnis, kamu juga harus menyisihkan penghasilanmu untuk menabung.

Untuk lebih memaksimalkannya lagi, cobalah untuk berinvestasi. Kamu bisa mulai mencari tahu investasi apa yang cocok dan aman untuk kamu. Kedua hal ini menjadi pegangan untuk masa depanmu. Karena seperti yang kita tahu, selain pendapatan yang tidak tentu setiap bulannya, seorang freelancer bisa saja sewaktu-waktu kehilangan project.

Jika sudah begini, maka tidak ada satu rupiah pun yang masuk ke rekeningmu, dan satu-satunya pegangan untuk biaya hidupmu ke depannya adalah tabungan dan investasimu.

3. Asuransi

Asuransi untuk masa depanmu
asuransi/pexels.com

Jika seorang yang bekerja di kantor, hal-hal seperti asuransi, BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan hingga jaminan hari tua sudah diurus sama pihak kantor. Freelancer juga jangan sampai melupakan hal-hal tersebut.

Asuransi penting untuk proteksi diri jika terjadi risiko keuangan pada kamu. Mulai cari tahu asuransi yang cocok untukmu, serta cari tahu juga bagaimana cara mengurus BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan secara mandiri.

4. Hindari Hutang

Hindari hutang agar tidak pusing
hutang/pexels.com

Ini adalah salah satu godaan terbesar untuk semua orang dalam mengatur keuangannya. Tentunya jadi godaan juga untuk kamu para freelancer. Ada kalanya ketika kamu mendapat project besar dengan bayaran yang besar pula, kamu langsung berpikir ingin membeli barang tertentu. Karena langsung terburu nafsu ingin memiliki barang tersebut, akhirnya kamu membeli barang tersebut sekarang juga dengan sistem cicilan. Padahal invoice dari project tersebut belum cair.

Jangan! Jangan sekali-kali kamu membeli barang dengan mengandalkan uang yang belum ada di tangan. Karena salah satu masalah freelancer juga, terkadang invoice yang masuk tidak selalu tepat waktu. Untuk itu, jika kamu ingin membeli sesuatu lebih baik menabung terlebih dahulu, atau gunakan uang yang sudah ada di tanganmu.

5. Punya Catatan Keuangan

Buat catatan keuanganmu
catatan keuangan/pexels.com

Setelah semua hal di atas kamu lakukan, maka tahap terakhir kamu juga harus punya catatan keuangan. Ini untuk melihat apakan anggaran keuanganmu sudah berjalan dengan benar atau belum. Jika masih banyak pengeluaran yang tidak sesuai dengan budget yang telah ditetapkan, maka kamu harus atur ulang lagi anggaran keuanganmu agar tetap sehat.

Yuk, freelancer segera kelola keuanganmu sekarang!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id