sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Wajib Tahu! Ini Panduan Perawatan Kulit Bayi yang Harus Dikuasai Para Ibu Muda

Rumaysha Milhania | Senin, 06 Jul 2020 18:00 WIB
Wajib Tahu! Ini Panduan Perawatan Kulit Bayi yang Harus Dikuasai Para Ibu Muda
caption
Jakarta -

Kita mungkin selalu membayangkan bahwa kulit bayi memiliki tampilan yang sangat halus, lembut dan harum. Sayangnya, kenyataan menunjukkan bahwa kulit bayi juga bisa kering, bersisik, sensitif dan bahkan memiliki beberapa warna yang tidak merata, apalagi pada bayi yang masih belum lahir. Nah, itulah sebabnya pahami cara-cara untuk bisa menjaga kulit bayi tetap bersih, sehat, dan terawat berikut ini.

Kulit bayi yang sensitif membuatnya lebih cepat kering jika terlalu sering mandi.
Kulit Bayi/ Sumber: Freepik.com

Jangan Biasakan Bayi Terlalu Sering Mandi

Berbeda dengan orang dewasa, bayi sebenarnya tidak perlu mandi terlalu sering. Tiga atau empat kali dalam satu minggu sebenarnya cukup. Apalagi untuk bayi yang masih sangat kecil. Yang terpenting, kamu hanya perlu memperhatikan kebersihan area popok dengan rutin menggantinya dan membersihkannya dengan kapas lembut. Mandi terlalu sering dapat berisiko membuat kulit menjadi kering dan mengelupas.


Pilih Produk Skincare yang Lembut untuk Bayi

Untuk hal yang satu ini mungkin sudah kamu ketahui dengan baik. Shampo dan sabun bayi tentu akan berbeda dengan produk yang digunakan orang dewasa dan anak-anak yang lebih besar. Sampai bayi berusia sekitar satu tahun, sebaiknya kamu menggunakan sabun dan sampo yang memang secara khusus diformulasikan untuk kelompok bayi usia dini. Biasanya, produk-produk ini tidak beracun, tidak mengandung pewarna, deodoran, alkohol, dan bahan-bahan lain yang dapat berbahaya bagi kulit bayi.

Untuk mengantisipasi kulit bayi yang kering, gunakan pelembap dengan kandungan khusus untuk kulit bayi demi menjaga kulitnya tetap terhidrasi.
Perawatan Kulit Bayi/ Sumber: Freepik.com

Lupakan Bedak Bayi 

Tentu bedak bayi merupakan bagian dari perlengkapan perawatan bayi yang selalu ada dalam paket perawatan bayi. Namun, para ahli ternyata lebih menganjurkan kita untuk menghindari penggunaan bedak bayi karena bayi dapat menghirup bubuk bedak ke dalam paru-parunya. Tentu hal ini akan menjadi sangat berbahaya jika dibiarkan. Jika kamu harus menggunakan bedak, tuang bedak ke dalam tanganmu dan oleskan tipis-tipis pada wajah. Pastikan tak ada serbuk bedak yang berterbangan di sekitar bayimu. 

Gunakan Lotion Bayi

Kulit bayi biasanya cenderung kering, itulah sebabnya kamu perlu untuk menjaganya agar tetap lembab. Saat kamu mengangkat bayi dari bak mandi, tepuk-tepuk kulit bayi yang masih dalam keadaan lembap. Lalu oleskan pelembap secara merata. Pahami bahwa pelembap bekerja dengan menjaga kelembapan agar tidak meguap. Jadi, jangan oleskan pelembap saat kulit sudah dalam kondisi kering.

Meskipun tidak sering mandi, perhatikan betul kebersihan bagian-bagian lipatan pada tubuh bayi untuk menghindari ruam.
Skincare untuk Bayi/ Sumber: Freepik.com

Bersihkan Lipatan Badan

Di sisi lain, jangan lupa untuk terus menghindari kelembapan berlebih di anatara lipatan-lipatan tubuh bayi. Uap air bisa saja tersangkut di semua lipatan hingga berisiko menyebabkan ruam. Meskipun ruam bukanlah hal yang serius dan dapat hilang dengan sendirinya, tentu akan sangat menyedihkan untuk melihat si kecil yang menangis karena tidak nyaman dengan ruam-ruam di badannya.

Nah, itulah beberapa kondisi yang harus kamu perhatikan untuk merawat kulit bayi. Pada kasus-kasus yang lebih serius, segera bawa si kecil untuk diperiksa oleh dokter agar bisa mendapatkan penanganan tepat dengan cepat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id