sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Hal Penting Seputar Intimasi dan Seks Setelah Memiliki Anak yang Harus Kamu Tahu

Rumaysha Milhania | Minggu, 13 Sep 2020 21:00 WIB
Hal Penting Seputar Intimasi dan Seks Setelah Memiliki Anak yang Harus Kamu Tahu
Orang Tua Baru/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Setelah punya anak, ada banyak perubahan yang kamu alami. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan tentang seks setelah memiliki anak!

Perubahan Kehidupan Seks Setelah Punya Anak

Seks dan keintiman seringkali sulit bagi para orang tua baru. Pasalnya, memiliki anak berarti hanya ada sedikit waktu, tubuh yang selalu lelah, perubahan hormonal dan kekhawatiran tentang kontrasepsi yang nantinya akan membuat seks menjadi lebih kompleks. Jika kamu dan pasangan sama-sama bersikap santai saat berhubungan seks di mana, tidak masalah. Namun, jika kalian memiliki tingkat hasrat seksual yang berbeda, hal ini dapat menambah tekanan pada hubungan kalian berdua. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan tentang seks dan keintiman setelah memiliki anak:


Seks dan keintiman seringkali sulit bagi para orang tua baru. Pasalnya, memiliki anak berarti hanya ada sedikit waktu, tubuh yang selalu lelah, perubahan hormonal dan kekhawatiran tentang kontrasepsi yang nantinya akan membuat seks menjadi lebih kompleks.
Seks Setelah Melahirkan/ Sumber: Freepik.com

Kondisi Wanita Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, sebagian besar wanita mungkin merasa tidak akan pernah berhubungan seks lagi. Namun, jangan khawatir, itu hanyalah perasaan sesaat karena itu semua akan hilang dan minat kamu pada seks akan kembali. Bagi banyak wanita, hal ini terjadi dalam 1-3 bulan setelah bayi lahir, tetapi ada pula yang membutuhkan waktu lebih lama.

Kapan Bisa Kembali Berhubungan Setelah Melahirkan?

Kapan suami istri dapat berhubungan seks lagi setelah melahirkan? Pada dasarnya, tidak ada batasan waktu. Satu yang pasti, kamu harus memastikan bahwa kondisi tubuhmu sudah kembali pulih pasca proses persalinan. Kecuali jika dokter mengatakan bahwa kamu tidak boleh berhubungan dalam jangka waktu tertentu karena adanya kondisi khusus.  

Ketahui juga bahwa menyusui dapat menyebabkan kekeringan pada vagina, tetapi menggunakan pelumas dapat membantu mengatasi hal ini. Selain itu, di masa menyusui, kamu mungkin akan menemukan bahwa ASI bocor dari payudara saat berhubungan seks. Untuk itu, cobalah untuk menyusui si kecil terlebih dahulu sebelum mulai berhubungan badan dengan suami.

Dokter atau bidan biasanya akan berbicara denganmu tentang pilihan kontrasepsi pada pemeriksaan di minggu keenam untuk ibu dan bayi.
Kontrasepsi Hormonal/ Sumber: Freepik.com

Kontrasepsi yang Dianjurkan

Sebagai orang tua baru, kamu mungkin belum siap untuk memiliki bayi lagi. Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi kamu untuk memikirkan tentang kontrasepsi yang tepat sebelum kamu mulai berhubungan seks lagi. Dokter atau bidan biasanya akan berbicara denganmu tentang pilihan kontrasepsi pada pemeriksaan di minggu keenam untuk ibu dan bayi. 

Perasaan Pasangan Tentang Seks Setelah Memiliki Anak

Kamu mungkin merasa bingung atau khawatir jika pasanganmu tampak tidak tertarik dengan seks di bulan-bulan setelah kelahiran bayi pertamamu. Ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti merasa ditolak atau tidak diinginkan. Perlu diakui perasaan campur aduk dan membingungkan ini tidak terlalu menyenangkan, tetapi itu normal. Banyak orang mengalaminya pada hari-hari, bulan, dan tahun-tahun awal dalam membesarkan keluarga. Untuk itu, lakukan beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan keintiman pasca anak pertama berikut ini:

  • Luangkan waktu untuk bersenda gurau bersama.
  • Selalu menanyakan kabar satu sama lain.
  • Dukung satu sama lain dengan melakukan pekerjaan bersama agar kalian dapat memiliki sedikit lebih banyak waktu luang.
  • Komunikasikan perasaan masing-masing, pastikan untuk saling terbuka dan saling mendengarkan untuk ini.
  • Siapkan waktu khusus untuk quality-time berdua.
Perlu diakui perasaan campur aduk dan membingungkan ini tidak terlalu menyenangkan, tetapi itu normal.
Keintiman Setelah Punya Anak/ Sumber: Freepik.com

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kembali kualitas hubungan seks setelah melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id