sign up SIGN UP

Mengenal Genophobia, Ketakutan Berlebih untuk Berhubungan Seksual

Rini Apriliani | Selasa, 14 Sep 2021 23:00 WIB
Mengenal Genophobia, Ketakutan Berlebih untuk Berhubungan Seksual
Foto: Mengenal Genophobia, Ketakutan Berlebih untuk Berhubungan Seksual/Freepik.com
Jakarta -

Berhubungan seksual menjadi salah satu aktivitas yang biasa dilakukan oleh banyak pasangan. Saat hal ini terjadi, keduanya harus sama-sama siap tanpa adanya unsur paksaan. Namun, di samping hal ini, ada juga seseorang yang ternyata memiliki ketakutan berlebih untuk berhubungan seksual.

Hal ini dinamakan Genophobia. Kenalan lebih dalam dengan penyebab, gelaja, hingga cara mengatasi ketakutan saat akan berhubungan seksual. Simak selengkapnya di bawah ini ya, Beauties!

Apa Itu Genophobia?

Mengenal GenophobiaApa Itu Genophobia/ Foto: Freepik.com

Genophobia adalah ketakutan berlebih yang dirasakan seseorang untuk berhubungan seksual. Istilah ini terkadang disamakan dengan Erotrobia atau ketakutan pada seks. Tapi ternyata, dua hal ini cukup berbeda.

Seseorang yang memiliki atau menderita Genophobia bukanlah ia yang tidak bisa menerima interaksi seksual seperti sekadar berpelukan dan berciuman. Ia tetap bisa saja menerima hal tersebut, namun tidak dengan berhubungan seksual yang mana keduanya harus menyatu dan saling terlibat.

Seseorang yang mengalami Genophobia akan langsung menimbulkan reaksi psikologis dan fisik ketika dihadapkan dengan berbagai hal berbau seks. Untuk reaksi psikologis, ia akan langsung merasakan kecemasan berlebih, ketakutan, dan gelisah tak menentu. Sedangkan untuk reaksi fisik ia akan mengalami debaran jantung yang hebat, pusing, sesak napas, berkeringat dingin, hinggal adanya reaksi mual.

Penyebab Genophobia

Mengenal GenophobiaPenyebab Genophobia/ Foto: Freepik.com

Ada beberapa penyebab mengapa seseorang bisa mengalami gemophobia atau ketakutan untuk berhubungan seksual. Beberapa faktor yang dapat menjadi kemungkinan seseorang mengalami gemophobia adalah sebagai berikut:

  • Vaginismus
  • Pernah menjadi korban pemerkosaan
  • Pernah menjadi korban pelecehan seksual di masa lalu
  • Rasa malu akan bentuk dan penampilan tubuh sendiri
  • Takut dan cemas dengan kemampuan berhubungan seksual
  • Pendidikan seks yang tidak tepat

Cara Mengatasi Genophobia

Mengenal GenophobiaCara Mengatasi Genophobia/ Foto: Freepik.com

Seseorang yang mengalami Genophobia bisa saja disembuhkan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan konsultasi ke dokter, psikiater, dan terapis seks sesuai dengan keluhan atau penyebab yang dirasakan.

Tidak lupa, segala keluhan dan pengobatan yang akan dilakukan harus dilakukan dengan penuh semangat dan keikhlasan, agar semuanya cepat terselesaikan dan bentuk pengobatan bisa berjalan lancar. Itu dia sekilas tentang Genophobia, Beauties. Bagaimana apa ada orang terdekat atau bahkan kamu sendiri mengalami hal ini?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id