sign up SIGN UP

Takut Menjalin Komitmen dan Menikah? Jangan-jangan Kamu Terkena Gamophobia!

Ade Irma Suryani | Selasa, 14 Sep 2021 21:30 WIB
Takut Menjalin Komitmen dan Menikah? Jangan-jangan Kamu Terkena Gamophobia!
Foto: Takut Menjalin Komitmen dan Menikah? Jangan-jangan Kamu Terkena Gamophobia!/Freepik.com/senivpetro

Umumnya, orang-orang yang sudah cukup lama menjalin suatu hubungan dengan pasangannya, akan berniat melanjutkan ke jenjang yang lebih serius lagi, seperti halnya pernikahan. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi seseorang yang mengalami gamophobia, yakni fobia terhadap komitmen dan pernikahan. Mereka akan sangat takut berkomitmen dalam ikatan pernikahan.

Wah, kira-kira kenapa ya? Apa kamu juga mengalaminya, Beauties? Untuk mengenal gamophobia lebih lanjut, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Gamophobia? 

Mengetahui lebih lanjut tentang gamophobia.
Apa itu Gamophobia?/ Foto: pexels.com/Trung Nguyen

Gamophobia adalah ketakutan yang berlebihan untuk berkomitmen dan menikah. Seseorang yang mengalami gamophobia, bukan berarti ia mengalami ketakutan biasa seperti halnya karena belum siap menikah, namun bentuk ketakutan tersebut lebih dari itu.

Orang yang mengidap fobia ini bisa merasa takut dan cemas berlebihan saat memikirkan tentang komitmen atau pernikahan. Selain itu, mereka akan cenderung menghindari pembicaraan yang mengarah pada pernikahan dan lebih memilih hubungan tanpa status. Selain gejala psikis, gejala fisik yang dapat timbul lantaran fobia ini ialah seperti sesak napas, jantung berdebar, pusing, dan mual.

Sementara itu, orang yang mengalami gamaphobia tetap bisa menjalin hubungan romantis dengan seseorang seperti halnya berpacaran dan mencintai dengan tulus. Hanya saja, mereka enggan atau takut untuk berkomitmen dan tidak ingin melanjutkan ke tahap yang lebih serius. 

Penyebab Gamophobia

Gamophobia bisa disebabkan oleh beberapa hal.
Penyebab Gamophobia/ Foto: pexels.com/Vera Arsic 

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat seseorang bisa mengalami gamophobia. Seperti halnya pengalaman masa kecil ketika melihat hubungan orangtua yang tidak harmonis dalam pernikahannya atau perceraian. Selain itu, trauma karena kegagalan dalam menjalin hubungan di masa lalu atau pengalaman buruk orang lain tentang kehidupan pernikahannya juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami gamophobia.

Di balik itu, rasa tidak percaya diri yang berlebihan dari dalam diri seseorang dalam menghadapi tantangan setelah menikah juga bisa menjadi salah satu penyebab seseorang jadi takut untuk menikah

Cara Mengatasi Gamophobia

Tentunya gamophobia juga dapat diatasi dengan melakukan beberapa cara.
Cara Mengatasi Gamophobia/ Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk 

Munculnya rasa takut yang berlebihan dalam menjalin komitmen dan menikah tentu akan dapat mengganggu kualitas hidup seseorang. Namun, hal tersebut juga dapat diatasi asalkan ada niat dan kemauan yang kuat dari dalam diri untuk menyembuhkannya. Karena itu, bantuan profesional seperti psikolog atau psikiater juga sangat diperlukan untuk membantu mengatasi fobia tersebut.

Beberapa cara yang dilakukan ialah seperti terapi perilaku kognitif, terapi paparan, terapi keluarga, atau obat-obatan untuk membantu mengurangi gejala fisik, itupun jika diperlukan. 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id