sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Selalu Ingin Buang Air Kecil Saat Sedang Seks? Perhatikan 4 Penyebab Ini

Sylvia Yuliasar | Rabu, 13 Jan 2021 23:00 WIB
Selalu Ingin Buang Air Kecil Saat Sedang Seks? Perhatikan 4 Penyebab Ini
caption

Aktivitas seks memang cukup memerlukan konsentrasi, jika ada sedikit distraksi, bisa saja gairah langsung menurun dan tidak ingin melanjutkannya sampai tuntas. Distrasksi itu bisa berupa perasaan ingin buang air kecil.

Kalau kamu mengalaminya, tenang saja, karena itu adalah hal yang wajar. Tapi kalau ini terjadi cukup sering, bisa jadi ini merupakan tanda-tanda penyakit.

Perhatikan 4 penyebab yang dikemukakan oleh Direktur Eksekutif The Southern California Center for Sexual Health and Survivorship Medicine, Michael Krychman dan seorang psikiatri yang juga ahli ilmu neurobehavioral dari Universitas Virginia, Anita Clayton berikut ini.

Posisi Seks

Posisi seks bisa menyebabkan keinginan buang air kecil
Posisi seks / unsplash.com (Becca Tapert)


Posisi seks dengan laki-laki yang berada di atas juga bisa mendorong keinginan untuk buang air kecil. Jika kebetulan si laki-lakinya memiliki perut buncit, perutnya bisa saja terus menerus mendorong kandung kemih sehingga mengakibatkan ingin buang air kecil. Mengubah posisi menjadi woman on top atau wanita yang berada di atas bisa membantu menguranginya.

Vagina Kering

Vagina kering bisa menyebabkan ingin buang air kecil saat seks
Ilustrasi vagina kering / unsplash.com (Timothy Meinberg)


Bukan vagina kering biasa, vagina kering yang bisa menyebabkan keinginan buang air kecil adalah yang merupakan tanda-tanda menjelang menopause. Hal ini disebabkan karena tingkat estrogen yang menurun. Sebab, estrogen lah yang membantu kelembapan dan sebagai pelumas di daerah vagina yang juga menjaga saluran kemih tidak kering. Saat membran saluran kemih kering, beberapa wanita memang jadi merasa ingin buang air kecil.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih bisa menyebabkan ingin buang air kecil saat seks
Infeksi saluran kemih / freepik.com (Jcomp)


Rasa ingin buang air kecil saat berhubungan seksual jua bisa jadi sebagai tanda adanya infeksi saluran kemih. Segera periksa ke dokter jika rasa ingin buang air kecil juga disertai rasa sakit.

Rahim Turun

Rahim yang turun bisa menjadi penyebab ingin uang air kecil saat seks
Ilustrasi rahim yang didramatisasi / freepik.com (pikisuperstar)


Prolapsed uterus atau turunnya rahim yang mendekati vagina juga bisa menjadi penyebab adanya rasa ingin buang air kecil saat berhubungan seks. Situasi ini akan membuat kantung kemih tertekan.

Adapun prolapsed uterus bisa disebabkan oleh faktor usia, otot-otot sekitar rahim yang mengendur atau kehamilan. Hal ini menyebabkan keinginan buang air kecil bukan hanya terjadi saat melakukan seks, tapi bisa jadi sepanjang hari.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id