sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ssst! Ini Fakta Menarik Tentang Testis yang Harus Kamu Tahu

Rumaysha Milhania | Kamis, 28 Jan 2021 02:00 WIB
Ssst! Ini Fakta Menarik Tentang Testis yang Harus Kamu Tahu
caption
Jakarta -

Sebagai salah satu bagian paling sensitif, sudah seharusnya para istri memahami betul karakteristik dari testis pria. Yuk, intip fakta tentang testis berikut in

Pabrik Sperma

Testis merupakan salah satu bagian paling sensitif dalam tubuh pria. Organ ini menghasilkan sekitar 1.500 sperma setiap detik. Dengan kata lain, pria memproduksi sekitar 90.000 sperma setiap menit, 5,4 juta setiap jam, dan 130 juta setiap hari.  Namun, jika sperma tidak dilepaskan melalui ejakulasi, itu hanya diserap kembali ke dalam tubuh.

Testis merupakan salah satu bagian paling sensitif dalam tubuh pria. Organ ini menghasilkan sekitar 1.500 sperma setiap detik.
Testis Pria/ Sumber: Dailybeast.com

Suhu Testis 5 Derajat Lebih Dingin dari Bagian Tubuh Lain

Berbeda dengan organ reproduksi wanita yang tersimpan dengan baik dalam tubuh, organ reproduksi pria terletak di luar bagian tubuh dan tampak sangat rentan dan sensitif. Ini disebabkan karena suhu testis harus sekitar 5 derajat lebih rendah dari bagian tubuh lainnya.

Ini penting agar dapat mengawetkan sperma dengan baik. Otot-otot di skrotum bertindak sebagai pengatur suhu untuk testis dengan menggerakkan mereka lebih dekat atau lebih jauh dari tubuh saat udara menjadi lebih hangat atau lebih dingin.

Satu Bola Menggantung Lebih Rendah dari Lainnya

Testis di sebelah kiri biasanya menggantung sedikit lebih rendah daripada testis di sebelah kanan, dan itu bukan kondisi yang tidak normal. Kondisi ini sebenarnya dapat memungkinkan suhu satu testis berubah tanpa harus memindahkan panas ke testis lainnya, seperti jika mereka berdekatan atau bersentuhan. Dengan cara ini, tubuh dapat menaikkan atau menurunkan suhu salah satu testis tanpa mempengaruhi suhu testis lainnya. 

Testis di sebelah kiri biasanya menggantung sedikit lebih rendah daripada testis di sebelah kanan, dan itu bukan kondisi yang tidak normal.
Testis dan Skrotum/ Sumber: Dollarshaveclub.com/

Rentan Saat Terkena Benturan

Testis sangat penting untuk reproduksi. Namun, tidak seperti ovarium, mereka sangat rentan karena menggantung di luar tubuh. Jadi bagaimana alam melindungi mereka? Dr Reitano menjelaskan bahwa testis berevolusi untuk memiliki banyak saraf yang sangat sensitif terhadap rasa sakit karena hal ini membuat pria lebih cenderung melindungi mereka jika ada bahaya. Otot-otot di skrotum juga akan menarik testis lebih dekat ke tubuh jika merasakan adanya bahaya.

Tidak hanya sangat reseptif terhadap rasa sakit, tetapi juga sensitif terhadap kenikmatan seksual.
Skrotum/ Sumber: Mensxp.com

Skrotum Bersifat Sensitif Secara Seksual

Tidak hanya sangat reseptif terhadap rasa sakit, tetapi juga sensitif terhadap kenikmatan seksual. Pada dasarnya, kantung skrotumlah yang merupakan zona sensitif seksual. Bermain dengan skrotumnya sendiri mungkin tidak akan membuat pria orgasme tapi itu akan membuatnya merasa sangat enak.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id