sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Yuk, Kenali Tanda Libido yang Rendah Pada Pria

Rumaysha Milhania | Sabtu, 05 Sep 2020 22:00 WIB
Yuk, Kenali Tanda Libido yang Rendah Pada Pria
caption
Jakarta -

Libido rendah adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penurunan gairah seks yang umumnya dapat mengganggu aktivitas seksual. Meskipun libido rendah dapat menyebabkan gangguan dan masalah dalam suatu hubungan, sudah seharusnya pasangan yang mengalami masalah ini mencari solusi untuk pengobatan. Pasalnya, jika ditangani secara tepat, penyebab yang teridentifikasi dapat segera diatasi dengan baik. 

Meskipun libido rendah dapat menyebabkan gangguan dan masalah dalam suatu hubungan, sudah seharusnya pasangan yang mengalami masalah ini mencari solusi untuk pengobatan.
Libido Rendah/ Sumber: Freepik.com

Libido Rendah VS Disfungsi Ereksi

Perlu diketahui juga bahwa libido rendah tidak sama dengan disfungsi ereksi (DE), meskipun kedua kondisi tersebut dapat terjadi bersamaan. Komunikasi dan kejujuran dibutuhkan pasangan untuk mengatasi masalah ini sambil bersama-sama mengidentifikasi kemungkinan penyebabnya. Perawatan tersendiri dapat bervariasi. Beberapa penanganan dapat melibatkan psikoterapi, penggantian hormon, perubahan gaya hidup, hingga penyesuaian terapi obat


Libido rendah terkadang dapat disebabkan oleh satu faktor. Namun, kebanyakan kasus menunjukkan bahwa kondisi ini terjadi akibat kombinasi beberapa faktor yang masing-masing berkontribusi hingga menimbulkan gangguan ini. Di antara beberapa penyebab yang lebih umum antara lain adalah testosteron rendah, asupan obat-obatan, depresi, penyakit kronis, dan stres.

Komunikasi dan kejujuran dibutuhkan pasangan untuk mengatasi masalah ini sambil bersama-sama mengidentifikasi kemungkinan penyebabnya.
Disfungsi Ereksi/ Sumber: Freepik.com

Testosteron Rendah VS Disfungsi Ereksi

Testosteron rendah (hipogonadisme) umumnya muncul seiring bertambahnya usia pria, tetapi ini juga dapat memengaruhi pria yang lebih muda karena beragam faktor, salah satunya adalah faktor gaya hidup. Tentu ini berdampak serius pada kehidupan seorang pria mengingat testosteron adalah hormon pria yang penting untuk perkembangan, kekuatan, dan dorongan seks.

Meskipun terapi penggantian testosteron dapat berguna dalam memulihkan dorongan seksual pria, terapi ini dapat meningkatkan risiko pembekuan darah dan stroke pada pria dengan kelainan kardiovaskular. Selain itu, beberapa efek samping lain juga mengintai, seperti sulit tidur, jerawat, dan pembesaran payudara (ginekomastia).

Salah satu faktor yang paling berpengaruh pada keluhan libido rendah yang dialami pria berusia muda adalah gaya hidup yang buruk.
Libido Pria/ Sumber: Freepik.com

Gaya Hidup yang Berpengaruh Pada Tingkat Libido dan Testosteron

Salah satu faktor yang paling berpengaruh pada keluhan libido rendah yang dialami pria berusia muda adalah gaya hidup yang buruk. Banyak penelitian membuktikan bahwa ini berkontribusi secara signifikan terhadap rendahnya libido pada pria. Ini cenderung lebih mudah diatasi hanya dengan mengubah atau menghentikan perilaku. Faktor gaya hidup yang dapat menurunkan libido dan testosteron serta meningkatkan risiko disfungsi ereksi meliputi:

  • Alkohol: Minum minuman yang mengandung alkohol berlebihan, atau kebiasaan minum selama bertahun-tahun, dapat berpotensi mengarahkan kembali enzim yang dibutuhkan untuk mensintesis testosteron dari testis ke hati. Inilah yang nantinya dapat mengakibatkan penurunan kadar testosteron.
  • Obesitas: Berat badan berlebih secara langsung merusak metabolisme dan fungsi hormon. Itulah yang akhirnya menyebabkan jumlah testosteron berkurang secara signifikan.
  • Kurang berolahraga: Olahraga dan penurunan berat badan tidak hanya meningkatkan suasana hati dan energi, tetapi juga meningkatkan fungsi seksual dan citra diri.
  • Merokok: Kebiasaan merokok secara langsung meningkatkan risiko DE dan secara tidak langsung merusak gairah seksual.

Meskipun efek merugikan dari perilaku ini sudah jelas, banyak pria masih mengacuhkannya. Jadi, sebelum kamu mengalami gangguan pada dorongan seksual, segera hentikan kebiasaan buruk ini.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id