sign up SIGN UP

SKINCARE

10 Tips Menghadapi Kulit Wajah Berminyak

Retno Wulandari | Minggu, 21 Jun 2020 19:00 WIB
10 Tips Menghadapi Kulit Wajah Berminyak
caption
Jakarta -

Kulit berminyak atau oily skin adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan sehingga membuat kulit menjadi berminyak. Selain berminyak, produksi sebum yang berlebih ini juga bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, pori-pori tersumbat hingga menimbulkan permasalahan baru yakni komedo dan jerawat. Jika kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, berikut 10 tips untuk menghadapinya.

1. Rajin Membersihkan Wajah

Tips Menghadapi Kulit Wajah Berminyak
Rajin Membersihkan Wajah/Freepik.com

Ladies, tips pertama yang wajib kamu lakukan untuk menghadapi kulit wajah berminyak ialah rajin membersihkan wajah. Oleh karena itu, pastikan jangan lupa untuk rajin double cleansing dan tetap menggunakan produk face wash yang gentle ya.

2. Keringkan Wajah

Tips Menghadapi Kulit Wajah Berminyak
Keringkan Wajah/Freepik.com

Setelah membersihkan wajah dengan produk facial wash, pastikan kamu menghindari handuk atau kain yang memiliki tekstur yang kasar untuk mengeringkan wajah ya, Ladies. Hal ini dikarenakan handuk atau kain yang bertekstur kasar bisa mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum sehingga kulit wajah akan semakin berminyak.


3. Menggunakan Toner

Tips Menghadapi Kulit Wajah Berminyak
Menggunakan Toner/Freepik.com

Tips yang satu ini sangat penting untuk menghadapi kulit wajah berminyak kamu, Ladies. Gunakanlah toner dengan astringent yang alami, seperti witch hazel yang dapat menenangkan kulit dan mengatur produksi sebum di wajah.

4. Menggunakan Moisturizer

Tips Menghadapi Kulit Wajah Berminyak
Menggunakan Moisturizer/Freepik.com

Ladies, meskipun memiliki kulit wajah berminyak bukan berarti kamu tidak perlu menggunakan moisturizer ya. Tidak banyak yang tahu bahwa moisturizer merupakan kunci untuk merawat kulit wajah, khususnya wajah yang berminyak. Pilihlah produk moisturizer yang diformulasikan untuk kulit berminyak, seperti gel lidah buaya yang memiliki kandungan baik untuk kulit berminyak dan bisa mengobati jerawat.

5. Menggunakan Sunscreen

Tips Menghadapi Kulit Wajah Berminyak
Menggunakan Sunscreen/Freepik.com

Menggunakan sunscreen juga sangat penting untuk menghadapi kulit berminyak lho, Ladies. Pilihlah produk sunscreen dengan SPF 30 yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida. Pastikan untuk menghindari produk sunscreen yang mengandung minyak dan wewangian.

6. Menggunakan Kertas Minyak

Tips Menghadapi Kulit Wajah Berminyak
Menggunakan Kertas Minyak/Freepik.com

Kertas minyak atau blotting paper merupakan salah satu tips untuk menghadapi kulit wajah yang berminyak, Ladies. Meskipun kertas minyak tidak dapat mengontrol produksi sebum pada kulit, tapi dapat mengangkat minyak berlebih pada kulit wajah.

7. Eksfoliasi

Tips Menghadapi Kulit Wajah Berminyak
Eksfoliasi/Freepik.com

Hanya melakukan double cleansing tidaklah cukup untuk menghadapi kulit wajah berminyak, Ladies. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan eksfoliasi secara rutin untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori kamu tersumbat.

8. Menggunakan Masker Lumpur

Tips Menghadapi Kulit Wajah Berminyak
Menggunakan Masker Lumpur/Freepik.com

Masker lumpur memiliki kandungan mineral yang baik untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Kandungan mineral ini seperti smectite atau bentonite yang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

9. Menggunakan Masker Alami

Tips Menghadapi Kulit Wajah Berminyak
Menggunakan Masker Alami/Freepik.com

Selain masker lumpur, menggunakan masker alami juga perlu kamu lakukan untuk menghadapi kulit wajah yang berminyak, Ladies. Kamu bisa memanfaatkan madu, oatmeal, dan lainnya.

10. Jaga Pola Makan

Tips Menghadapi Kulit Wajah Berminyak
Jaga Pola Makan/Freepik.com

Menjaga pola makan selain baik untuk menjaga berat badan juga efektif untuk membantu mengatasi kulit wajah berminyak lho, Ladies. Hindari mengonsumsi makanan manis dan karbohidrat olahan, seperti roti atau kue agar gula darah tetap stabil sehingga mengurangi produksi minyak pada wajah. Konsumsilah makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu merawat kulit berminyak agar terhindar dari jerawat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id