sign up SIGN UP

SKINCARE

4 Cara Ampuh Atasi Milia, Bruntus Bandel di Wajahmu!

Dimitrie Hardjo | Selasa, 12 Jan 2021 11:00 WIB
4 Cara Ampuh Atasi Milia, Bruntus Bandel di Wajahmu!
caption

Pernahkah kulit wajahmu muncul benjolan-benjolan kecil berwarna putih atau kuning seperti bruntus, namun sulit dihilangkan? Ya, benjolan kecil yang biasa muncul di sekitar mata, hidung, dan pipi tersebut disebut milia. Milia berbeda dengan bruntus pada umumnya yang bisa diatasi dengan cara biasa.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya ya? Eits, sebelum masuk ke cara mengatasinya, yuk kenali dulu apa yang menyebabkan milia sehingga kita tahu penanganan yang tepat!

Penyebab Milia

Milia pada daerah bawah mata.
Milia pada daerah bawah mata. Foto: pinterest.com/midbodygreen/

Milia memang bukan masalah kulit yang berbahaya. Salah satu tipe bruntusan ini terjadi karena adanya penumpukan keratin (protein yang merupakan salah satu penyusun lapisan kulit) dan sel kulit mati yang tersumbat dalam pori. Karena itu, muncullah benjolan kecil yang bisa mengganggu penampilan. 

Cara Menghilangkan Milia

Setelah mengetahui penyebab milia, maka solusi penyembuhan yang paling tepat adalah dengan membersihkan pori-pori dan mempercepat regenerasi kulit, seperti langkah berikut.

1. Membersihkan wajah secara rutin

Membersihkan wajah dengan gentle facial wash secara rutin.
Membersihkan wajah dengan gentle facial wash secara rutin. Foto: freepik.com

Walaupun membutuhkan waktu, membersihkan wajah dengan gentle facial wash dapat mengangkat kotoran serta sel kulit mati yang mampu menghilangkan milia. 

2. Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit dengan eksfoliator aman seperti AHA dan BHA.
Eksfoliasi kulit dengan bahan aman seperti AHA dan BHA. Foto: freepik.com

Eksfoliasi kulit secara rutin dapat membersihkan sel kulit mati dan keratin yang terperangkap dan meregenerasi kulit. Eksfoliasi bisa menggunakan kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang bekerja di permukaan kulit untuk regenerasi dan Beta Hydroxy Acid (BHA) yang masuk ke dalam pori-pori kulit. Eksfoliasi biasanya dilakukan 1-2 kali seminggu atau sesuai anjuran produk.

3. Face steam

Face steam yang bisa dilakukan di rumah.
Face steam yang bisa dilakukan di rumah. Foto: pinterest.com/organicauthority/

Uap bisa membuka pori-pori kulit dan memberikan celah untuk keratin dan sel kulit mati untuk keluar. Papar wajah dengan uap hangat selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat.

4. Gunakan produk retinol dan tabir surya

Membersihkan wajah secara rutin untuk menghilangkan milia.
Penggunaan produk dengan retinol untuk menghilangkan milia. Foto: freepik.com

Produk yang mengandung retinol juga dapat mengatasi milia karena vitamin A dalam retinol sangat baik untuk kulit. Namun, perhatikan pemakaian produk retinol karena pemakaian terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi, terutama bagi kalian yang memiliki kulit sensitif. 

Selain itu, jangan pernah melewatkan pemakaian tabir surya untuk melindungi kulit dan mencegah milia semakin parah akibat sinar UV ya ladies!

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id