sign up SIGN UP

SKINCARE

4 Kesalahan Pakai Es Batu di Wajah Bisa Berdampak Buruk

Budi Rahmah Panjaitan | Kamis, 11 Jun 2020 07:30 WIB
4 Kesalahan Pakai Es Batu di Wajah Bisa Berdampak Buruk
caption

Pernah dengar manfaat es batu untuk kulit wajah? Ya, es batu dipercaya mampu menghilangkan kantung mata, mengempeskan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Apalagi caranya mudah ditemukan tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Bahkan dalam kamu bisa membuatnya sendiri.

Namun kamu perlu berhati-hati. Pemakaiannya yang salah bisa berdampak buruk bagi kulit wajah. Bukannya membantu kulit wajah agar sehat dan cantik, malah akan merusak. Agar hal itu tidak terjadi, berikut kesalahan yang perlu dihindari.

Memakai Es Batu Terlalu Banyak

Sudah Tahu? Ini Lho Manfaat Es Batu bagi KecantikanSudah Tahu? Ini Lho Manfaat Es Batu bagi Kecantikan/ Foto: beautynesia

Perlu diketahui memakai es batu dalam jumlah yang terlalu banyak akan berdampak buruk pada wajah. Sebaiknya, gunakan dalam jumlah yang wajar dan seperlunya untuk bisa mendapatkan hasil terbaik.


Selama ini, banyak yang menganggap penggunaan es batu bisa melembapkan kulit. Namun hal tersebut tidak akan terjadi saat memakai es batu terlalu banyak. Bahkan untuk pemilik kulit normal sekalipun, hal ini bisa terjadi. Jika dibiarkan, permukaan kulit akan mengelupas sehingga terlihat bersisik.

Menempelkan Es Batu Secara Langsung di Wajah

Beauty Hacks! Inilah 5 Cara Cantik Mudah dengan Menggunakan Es BatuBeauty Hacks! Inilah 5 Cara Cantik Mudah dengan Menggunakan Es Batu/ Foto: beautynesia

Jangan sesekali mencoba untuk menempelkan es batu ke wajah secara langsung karena bisa memicu pecahnya kapiler bawah kulit. Terlebih lagi menempelkannya dalam durasi waktu yang lama.

Bukannya mencerahkan atau meredakan peradangan, malah akan merusak wajah. Dengan begitu, bukan hanya kapiler bawah wajah yang bisa pecah, melainkan juga berbagai permasalahan di bawah ini. Catat ya!

Kulit Ditempeli Bakteri yang Berasal dari Es Batu

Sudah Tahu? Ini Lho Manfaat Es Batu bagi KecantikanSudah Tahu? Ini Lho Manfaat Es Batu bagi Kecantikan/ Foto: beautynesia

Tidak semua es batu itu bersih, bahkan sebagian besar kotor dan banyak bakteri di dalamnya. Tentunya akan sangat merugikan ketika langsung menempelkannya pada permukaan wajah. Bakteri dari es batu secara otomatis akan berpindah ke wajah.

Hal inilah yang akan memicu berbagai permasalahan wajah seperti timbulnya jerawat bahkan bisa menyebabkan terbentuknya flek hitam. Alih-alih ingin melembapkan dan mengatasi kulit berminyak, malah akan menimbulkan masalah baru pada kulit wajah.

Menyebabkan Peradangan pada Kulit Wajah

image
es batu/skincare.com

Selanjutnya adalah dapat menyebabkan peradangan pada kulit wajah. Kondisi ini patut diwaspadai karena tidak jarang peradangan berakhir dengan bahaya cukup serius berupa pembengkakan.

Tidak hanya itu, permukaan kulit juga bisa terasa keras dan beku sehingga permukaannya mengeras. Apalagi masing-masing kulit punya kondisi yang berbeda, termasuk kulit sensitif. Bukannya bisa menghilangkan masalah jerawat ataupun bruntusan, malah menyebabkan perubahan warna kulit wajah dan peradangan serius.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id