sign up SIGN UP

SKINCARE

Sebelum Membeli Skincare, Ketahui Jenis Kulitmu dengan 2 Cara Ini

Rani Mutiara | Senin, 12 Jul 2021 15:15 WIB
Sebelum Membeli Skincare, Ketahui Jenis Kulitmu dengan 2 Cara Ini
caption

Tahu nggak sih kalau mengenali jenis kulit sendiri sebelum membeli skincare adalah hal yang penting untuk dilakukan? Ini karena setiap skincare memiliki kandungan yang berbeda-beda dan selalu disesuaikan dengan jenis dan permasalahan kulit.

skincareskincare/ Foto: chookie_studio

Coba bayangkan jika kamu tidak tau bahwa jenis kulitmu adalah kulit kering kemudian kamu malah membeli skincare dengan kandungan yang dikhususkan untuk kulit berminyak, tentu saja kulitmu akan merasa bahwa skincare yang kamu beli tadi terasa kurang melembabkan. Hal ini dikarenakan formulasi bahan-bahan skincare untuk kulit berminyak cenderung lebih ringan daripada skincare untuk kulit kering, begitu juga sebaliknya.

Oleh karena itu, cobalah 2 cara mudah dan sederhana ini untuk mengetahui jenis kulitmu sebelum membeli skincare. Simak yuk, Beauties!

1. Melihat Kondisi Kulit setelah Mencuci Wajah

Mencuci Wajah | Foto : freepik.com/gpointstudio
Mencuci Wajah | Foto : freepik.com/gpointstudio

Kamu bisa mencuci wajahmu menggunakan sabun seperti biasa dan pastikan sabun yang kamu gunakan termasuk gentle dan benar-benar membersihkan. Setelah mencuci wajah, biarkan dulu wajahmu dalam keadaan yang sebenarnya dan jangan gunakan produk skincare apapun terlebih dahulu baik itu toner, serum, pelembab maupun sunscreen selama kurang lebih 30 menit.

Setelah 30 menit berlalu, kamu bisa mencoba memegang beberapa bagian di wajahmu. Kamu juga bisa menggunakan tisu ataupun blotting paper sebagai alat bantu untuk mendeteksi minyak di wajahmu.

  • Jika kamu merasa bagian hidung, jidat di dekat alis dan dagu bawah berminyak sedangkan sisanya kering, maka kulitmu termasuk jenis kombinasi.
  • Jika kamu merasa semua bagian tidak berminyak namun terasa kering, maka kulitmu termasuk jenis kulit kering.
  • Jika kamu merasa hampir seluruh wajahmu berminyak, maka kulitmu termasuk jenis kulit berminyak.
  • Jika kamu merasa kulit wajahmu tidak terlalu berminyak dan juga tidak terasa kering, maka kamu memiliki jenis kulit normal.

2. Menentukan Jenis Kulit Berdasarkan Penampilan Kulit

Kulit Berminyak dan Berjerawat | Foto : freepik.com/freepik
Kulit Berminyak dan Berjerawat | Foto : freepik.com/freepik

Setiap jenis kulit memiliki tampilan yang berbeda-beda. Simak penjelasannya di poin-poin berikut ini:

  • Kamu dengan jenis kulit kering umumnya memiliki pori-pori yang kecil bahkan tidak terlihat, namun tekstur kulitmu cenderung lebih kasar, tidak elastis dan juga rawan terkelupas.
  • Kamu dengan jenis kulit berminyak umumnya memiliki tampilan kulit yang terbalik dari kulit kering tadi, dimana tampilan pori-porimu cenderung lebih besar, kulit juga sering terlihat mengilat dan licin, kemudian lebih mudah kusam akibat dari produksi sebum atau minyak wajah tadi.
  • Kulit kombinasi biasanya cukup dilihat dari area T-Zonenya saja, yaitu hidung, jidat dekat alis dan bawah dagu. Jika T-Zonenya selalu berminyak padahal U-Zonenya (pipi dan jidat atas) cenderung kering atau biasa saja maka sudah pasti kamu memiliki kulit kombinasi.
  • Kemudian, kamu dengan kulit normal umumnya memiliki tampilan wajah yang lebih bersih dan sehat daripada kulit lainnya.

Itulah 2 cara sederhana dan mudah yang bisa kamu lakukan dalam mengetahui jenis kulitmu. Jangan lupa untuk mencari tau jenis kulitmu dari sekarang ya, Beauties! Karena hal ini akan sangat mempengaruhi performa skincare yang kamu gunakan nantinya.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id