sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Bagian Tubuh Ini Sering Terlupakan, Begini Cara Merawatnya

Henny Alifah | Selasa, 05 Jan 2021 12:00 WIB
5 Bagian Tubuh Ini Sering Terlupakan, Begini Cara Merawatnya
caption
Jakarta -

Mengoleskan pelembap ke wajah, kaki, dan lengan sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Namun, ada beberapa bagian tubuh yang ternyata masih sering terlupakan.

Semua bagian tubuh selayaknya mendapatkan perawatan yang baik. Cek cara perawatan tubuh yang sering terlupakan berikut ini, yuk! 

1. Ketiak

Menutrisi kulit ketiak dengan lotion itu penting
Perawatan Tubuh yang Sering Terlupakan: Ketiak/ Foto: Pexels.com/Anna Shvets

Skin expert Abigail James dikutip dari Get The Gloss mengatakan bahwa ketiak sering mendapat perlakuan yang kasar. Mulai dari waxing, laser, hingga regular shaving yang seringkali pakai pisau cukur yang tidak cukup tajam alias berpotensi merusak kulit ketiak. Kulit bisa menjadi sensitif, kering, bersisik, iritasi, dan ini adalah area yang sulit untuk diperbaiki karena tertutup dan secara teratur menghasilkan keringat serta rambut.

Untuk memulai perawatan tubuh bagian ketiak, rajinlah mengganti pisau cukur setiap delapan hingga 12 minggu, tergantung seberapa sering kamu bercukur. Menutrisi kulit ketiak juga penting. Kamu bisa oleskan body lotion ke area ketiak, namun akan lebih baik jika memakai produk yang dirancang khusus untuk menangani area ini.

Cobalah Nature Republic Cotton Armpit Kit. Ini adalah rangkaian produk untuk membersihkan sekaligus mencerahkan kulit ketiak. Gunakan Armpit Wash yang mengandung scrub alami dari granola saat mandi untuk mengangkat sel kulit mati dari ketiak. Setelah mandi, lanjutkan dengan mengoleskan Armpit Whitening Cream ke ketiak yang sudah dikeringkan dan biarkan mengering di kulit.

Untuk deodoran, cobalah Dove's Advanced Care Deodorant yang diperkaya dengan omega 6 dan vitamin B3 (niacinamide) untuk menutrisi dan menghaluskan kulit yang tidak rata dan memperbaiki barrier kulit.

Sementara untuk pisau cukur, coba gunakan Gillette Venus Comfortglide Spa Breeze. Sabun yang terpasang di bantalan tepat di atas dan di bawah pisau memberikan pencukuran yang halus dan lembut, membuat ketiak terasa lembut tanpa luka silet.

2. Siku

Saat menggunakan scrub dan lotion di tangan, jangan lewatkan bagian siku
Perawatan Tubuh yang Sering Terlupakan: Siku/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Kulit di siku tumbuh lebih tebal dibandingkan bagian lengan. Area ini juga rentan mengalami kekeringan, bersisik, hingga meradang dan sakit. Dengan bertambahnya usia, kulit di siku pun mulai kendur.

Saat menggunakan scrub pada lengan, jangan lupa fokus juga pada siku untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit. Mengoleskan pelembap khusus pada siku setiap hari juga akan sangat membantu.

Produk perawatan tubuh bagian siku yang direkomendasikan adalah Ameliorate Smoothing Body Exfoliant. Bamboo granules dan lactic acid di dalamnya bekerja sama untuk memberikan chemical exfoliation di atas dan di bawah permukaan kulit, menghilangkan dan mengelupas sel-sel mati sehingga tekstur kulit bisa lebih lembut dan halus.

Gunakan juga pelembap seperti Aveeno Daily Moisturizing Lotion. Pelembap oatmeal beraroma lembut ini melembapkan kulit selama 24 jam dan memperkuat barrier kulit untuk mencegah kerusakan di kemudian hari.

3. Tumit

Untuk merawat tumit, mulailah dengan menggunakan kikir kaki setiap dua minggu sekali untuk menghilangkan kulit mati
Perawatan Tubuh yang Sering Terlupakan: Tumit/ Foto: Pexels.com/Larisa P.

Kaki termasuk bagian tubuh yang bekerja keras menopang semua aktivitas dan sering kali tumit menanggung bebannya. Aktivitas fisik, olahraga, sepatu yang tidak pas, berjalan tanpa alas kaki, hingga proses penuaan secara umum dapat menambah tekanan ekstra pada tumit. Tumit pun jadi kering, keras, dan retak yang bisa saja terasa menyakitkan.

Perawatan tubuh bagian kaki bisa dimulai dengan menggunakan kikir kaki setiap dua minggu sekali untuk menghilangkan kulit mati. Setelah itu, pijatkan thick moisturizer sebelum tidur.

Kamu bisa coba Nature Republic Foot & Nature Coconut Moisture Foot Cream. Produk perawatan tubuh bagian kaki ini diperkaya dengan kandungan shea butter dan coconut oil yang bagus untuk melembapkan dan menutrisi kulit kaki.

Coba juga L’Occitane en Provence Shea Butter Foot Cream. Kandungan minyak saripati lavender di dalamnya dapat membantu mengatasi kemerahan dan iritasi pada kaki, cocok dibawa saat bepergian untuk dipakai saat kulit terasa kering atau kelelahan.

4. Kelopak mata

Pilihlah penghapus riasan mata yang lembut
Perawatan Tubuh yang Sering Terlupakan: Kelopak Mata/ Foto: Pexels.com/Shiny Diamond

Kulit kelopak mata lebih halus daripada bagian wajah yang lain. Kadang kamu menggosoknya terlalu kuat saat gatal atau menangis, lalu mengaplikasikan eyeshadow dan liner, tapi kemudian lupa untuk memberikan perawatan yang layak. Kulit di area ini pun akhirnya meradang, sensitif dan seiring waktu bisa menjadi berkerut. Belum lagi proses penuaan yang membuat hilangnya elastisitas dan kolagen.

Untuk itu, jangan lupa oleskan krim mata. Tapi jika kamu menggunakan produk retinol, hindari penggunaan krim mata. Untuk menghapus riasan, reusable cotton pads sedikit lebih lembut daripada kapas konvensional. Pilih penghapus riasan mata yang lembut dan jangan gunakan tisu.

Cobalah The Body Shop Camomile Gentle Eye Makeup Remover. Produk perawatan tubuh bagian mata ini cocok untuk kulit sensitif dan bebas pewangi, pewarna, alkohol yang membuat bulu mata dan kelopak mata tetap ternutrisi tanpa tidak terkelupas.

Coba juga Uriage Water Eye Contour Cream untuk memudarkan kantung mata yang hitam.

5. Bokong

Pada malam hari, gunakan celana pendek katun untuk tidur agar bokong dapat bernapas
Perawatan Tubuh yang Sering Terlupakan: Bokong/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Sebagian besar waktu orang dewasa habis untuk duduk di depan meja kerja, di angkutan umum, dan di sofa. Beberapa mungkin memakai pakaian ketat yang membuat bokong tidak bebas bernapas. Tidak heran jika kulit di area ini rentan sensitif dengan ruam dan bintik-bintik yang sesekali terbentuk.

Berikanlah udara pada bokong dengan mengenakan celana pendek katun saat tidur di malam hari. Gunakan juga exfoliant yang lembut sekali seminggu dan lembapkan bokong setiap hari.

Produk perawatan tubuh bagian bokong yang bisa kamu coba yaitu Sol de Janeiro Bum Bum Cream, produk ini sangat menghidrasi.

Coba juga Legology Cellu-Lite Salon Secret for Legs (£62 atau setara 1.2 juta). Produk-produk dari Legology secara khusus dirancang untuk menghilangkan selulit dan menjadikan kulit halus. Minyak ini berbau lemon Sisilia yang harum. Lanjutkan dengan memakai Lymph Lite Boom Body Brush atau cupping tool Circu-Lite Squeeze Therapy untuk ritual perawatan bokong setiap hari.

Itu tadi rangkaian perawatan tubuh pada bagian-bagian yang sering terlupakan. Selain produk perawatan wajah, sebaiknya kamu berinvestasi juga pada produk-produk perawatan tubuh ini agar seluruh anggota badan tetap sehat terawat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id