sign up SIGN UP

5 Cara Mudah Hempaskan Komedo dengan Beberapa Pilihan Produk Skincare Lokal

Ratih Dewi | Minggu, 12 Sep 2021 17:30 WIB
5 Cara Mudah Hempaskan Komedo dengan Beberapa Pilihan Produk Skincare Lokal
Menghilangkan Komedo dengan Skincare Lokal/Foto: pexels.com/Sam Lion

Selain jerawat, komedo yang ada di wajah juga menjadi faktor yang mengganggu penampilan dan membuat kita tidak percaya diri. Tidak hanya di kulit berminyak saja, komedo juga muncul di kulit yang kering, kombinasi, ataupun normal, jika tidak diperhatikan perawatannya. 

Direktur dermatologi Nazanin Saedi M,D, menjelaskan komedo disebabkan karena penumpukan minyak, sebum, dan sel kulit mati yang menempel pada folikel rambut dan merupakan tahapan awal munculnya jerawat. 

Untuk mengatasinya pun bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya memilih produk kecantikan yang bisa mengatasi komedo di wajah. Berikut produk skincare lokal yang bisa jadi rekomendasi untuk mengatasi komedo, selamat mencoba! 

1. Gunakan Clay Mask dengan Rutin

Jacquelle Butter Clay Mask
Jacquelle Butter Clay Mask/Foto : Sociolla.com/Jacquelle

Ahli dermatologi medis dan kosmetik Allison Britt Kimmins, M,D, M,P,H, menjelaskan clay mask membantu mengeluarkan minyak dan racun dari kulit yang membantu membuka pori-pori, agar minyak dan racun bisa dikeluarkan dan pori-pori menjadi bersih. 

Pilihan produknya Beauties bisa coba Jacquelle Butter Clay Mask dengan tekstur clay yang relatif lembut, membersihkan pori-pori secara maksimal, mengangkat minyak berlebih juga komedo, sehingga permukaan wajah lebih halus. 

Bisa digunakan untuk segala jenis kulit wajah, dan diklaim cocok buat remaja dan ibu hamil. Harga produknya Rp179 ribu dan bisa dibeli secara online melalui laman e-commerce, di official shop resmi mereka. 

2. Bersihkan Wajah dengan Salicylic Acid 

ERHA AcneAct Cleansing Scrub Beta Plus
ERHA AcneAct Cleansing Scrub Beta Plus/Foto : erha.dermatology

Kandungan salicylic acid adalah salah satu kandungan yang ampuh untuk mengurangi komedo dan bisa juga mengatasi jerawat. Dilansir dari laman WebMD, salicylic acid akan memecah sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori dan mengurangi bakteri yang ada di pori-pori kulit wajah. 

Sabun wajah lokal dengan salicylic acid, kamu bisa coba ERHA AcneAct Cleansing Scrub Beta Plus dengan kandungan lainnya seperti sulfur untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan ada scrub lembut untuk angkat sel kulit mati dan membersihkan sampai ke dalam pori-pori. 

Harga produknya dibanderol dengan Rp107rb, bisa kamu gunakan pagi dan malam hari setiap hari ya, Beauties. 

3. Jangan Tidur dengan Makeup di Wajah

Rayou Micellar Foaming Cleanser
Rayou Micellar Foaming Cleanser/Foto : instagram.com/rayouskin

Walaupun kamu sedang lelah, jangan pernah tidur dengan makeup masih menempel di kulit wajah, karena bisa menyumbat pori-pori, kotoran dan debu akan lama menempel di wajah dan bisa menyebabkan jerawat juga komedo perlahan muncul. 

Kamu bisa gunakan Rayou Micellar Foaming Cleanser, yaitu micellar water dalam bentuk foam, bisa membersihkan makeup yang menempel di kulit wajah, tidak memerlukan kapas, lalu bilas dengan air. 

Produk ini 2 in 1 jadi bisa membersihkan makeup juga membersihkan wajah kamu dari debu dan kotoran sehabis beraktivitas seharian dengan harga Rp98 ribu. 

4. Tambahkan Retinol dalam Rangkaian Skincare

AVOSKIN Miraculous Retinol Ampoule
AVOSKIN Miraculous Retinol Ampoule/Foto : instagram.com/avoskinbeauty

Menambahkan retinol dalam rangkaian skincare kamu tidak hanya membuat kulit lebih elastis dan awet muda, komedo pun akan berkurang karena sifatnya retinol yang mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel yang menyumbat pori-pori. Demikian menurut ahli dermatologi Kathleen Cook Suozzi, M.D.

Beauties yang baru mau menggunakan produk retinol, bisa coba AVOSKIN Miraculous Retinol Ampoule dengan kandungan retinol 0,09%, 0,1% Hexapeptide, vitamin E, dan Raspberry Extract, untuk regenerasi sel dan melawan penuaan dini. 

Untuk harga produknya sekitar Rp273 ribu dengan isi 30ml. 

5. Pastikan Kandungan Skincare yang Non-comedogenic

Skinacre Haple
Skincare Haple/Foto : instagram.com/haple.id

Supaya tidak memperbanyak komedo muncul di wajah, pastikan Beauties menggunakan produk kecantikan yang non-comedogenic, yang artinya tidak akan menimbulkan komedo atau menyumbat pori-pori kulit wajah. 

Rekomendasi skincare lokal dengan klaim produk non-comedogenic, Beauties bisa coba dari brand lokal Haple di mana semua produknya tidak akan menyebabkan komedo, mulai dari sabun wajah, pelembap, serum, ataupun pembersih wajah. 

Harga produknya masih terbilang affordable, mulai dari Rp49 ribu.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id