sign up SIGN UP

STOP! Jangan Lakukan 5 Kesalahan Skincare Penyebab Kerutan di Usia 20-an

Arum Narwastu | Minggu, 05 Sep 2021 20:45 WIB
STOP! Jangan Lakukan 5 Kesalahan Skincare Penyebab Kerutan di Usia 20-an
caption
Jakarta -

Beauties, sejak umur berapa kamu memakai skincare? Beberapa skincare memang sebaiknya dipakai lebih awal, namun ada beberapa skincare yang lebih baik dipakai saat kulitmu benar-benar memerlukannya.

Usia 20-an dinilai sebagai rentang usia yang tepat untuk mencoba beragam skincare. Tapi ternyata, ada 5 kesalahan yang sering dilakukan hingga berpotensi kulit kamu bermasalah dan timbul kerutan di usia 20an, hindari yuk!

1. Berlebihan Membersihkan Wajah

Asian girl washes face.Membersihkan wajah/ Foto: freepik.com

Membersihkan wajah memang perlu untuk menghilangkan kotoran dan minyak pada kulit wajah. Tapi, kalau kamu membersihkan wajah secara berlebihan, yang ada kulit kamu hanya jadi lebih kering atau pun lebih berminyak karena pH kulit yang terganggu.

Kalau kamu membersihkan wajah dengan scrub, kamu mungkin merasa kulit jadi ekstra bersih. Tapi kalau kamu lakukan hal itu secara berlebihan, kulit malah bisa jadi iritasi.

2. Pakai Produk Terlalu Banyak

Mencoba skincare baru/Foto: Freepik/lookstudioTerlalu banyak skincare/ Foto: Freepik/lookstudio

Sekarang ini ada banyak banget produk skincare yang ditujukan untuk beragam jenis kulit dan beragam masalahnya. Tapi, seberapa sering kamu mencari tahu kandungan dari skincare sebelum memakainya? Jika kamu asal dan memakai semua produk sekaligus, ada dua kemungkinan yang terjadi pada kulitmu.

Pertama, skincare tidak bekerja dengan maksimal karena bahan aktifnya saling menghilangkan manfaat masing-masing. Kalau ini terjadi, penggunaan skincare kamu akan jadi sia-sia.

Lalu, kemungkinan kedua adalah kulit kamu akan iritasi karena bahan aktif dari tiap produk akan menimbulkan efek yang buruk untuk kulit.

Sebelum membeli produk, pastikan kamu tahu jenis kulit dan kebutuhan kulitmu. Cari tahu juga bagaimana sebuah bahan aktif bereaksi dengan bahan aktif lainnya.

3. Tidak Mengganti Produk Skincare Bertahun-tahun

Toner masuk kedalam rangkaian skincare tahap kedua setelah double cleansingMengganti produk skincare/ foto: freepik/pressfoto

Beauties, ketahuilah kalau kondisi kulit kamu akan berubah seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, kegiatan kamu sehari-hari dan pola kehidupan juga bisa berpengaruh apakah skincare masih bisa bekerja dengan baik pada kulit.

Kalau kamu merasa skincare kesayanganmu saat umur 18 tahun sudah tidak bekerja dengan baik di umurmu yang sudah 22 tahun, maka jangan diteruskan. Kamu perlu mencari tahu kembali apa kebutuhan kulitmu, lalu belilah skincare baru yang bisa memenuhi kebutuhan itu.

4. Malas Menghapus Makeup Sebelum Tidur

pemalasmalas menghapus makeup sebelum tidur/ Foto: pexels.com/elvira gibadullina

Malas menghapus makeup sebelum tidur sangat tidak baik buat kulit. Meski sudah banyak yang tahu, tapi masih saja sering dilakukan. Kamu mungkin capek setelah beraktivitas seharian, sehingga lebih memilih langsung tidur daripada menghapus makeup.

Bukan cuma menyebabkan jerawat, kebiasaan buruk ini bisa membuat bulu mata rontok hingga membuat bibir jadi pecah-pecah. Karena itu, coba siapkan micellar water atau makeup removal wipes di sebelah tempat tidur. Saat rasa malas membersihkan wajah muncul, kamu bisa menggunakannya untuk menghapus makeup secara cepat.

5. Tidak Memakai Sunscreen

Banana Boat SunscreenTidak memakai sunscreen/ Foto: Freepik.com/ Foto: Banana Boat Sunscreen

Sunscreen jadi salah satu skincare yang wajib kamu pakai setiap hari. Apalagi, kita hidup di Indonesia yang panas hampir sepanjang tahun. Malas memakai sunscreen bukan cuma bisa bikin kulit kamu terbakar hingga menggelap, tapi juga menyebabkan penuaan dini. Nggak mau kan skincare malam yang kamu pakai setiap hari jadi percuma hanya karena malas memakai sunscreen di siang hari?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id