sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Dampak Buruk Jika Kamu Berhenti Menggunakan Skincare

ira syafira | Minggu, 02 May 2021 09:30 WIB
5 Dampak Buruk Jika Kamu Berhenti Menggunakan Skincare
foto: Dampak tidak menggunakan skincare/freepik.com
Jakarta -

Menggunakan skincare merupakan ritual wajib yang dilakukan baik oleh perempuan maupun laki-laki. Akan tetapi, masih banyak dari mereka yang menyepelekan penggunaan skincare, alasannya pun beragam.

Sebenarnya, menggunakan skincare atau tidak merupakan pilihan bagi setiap orang. Namun, bukan berarti kamu meninggalkan atau bahkan tidak memakai skincare sama sekali. Malah, jika kamu tidak menggunakannya, bisa jadi hal ini akan memicu munculnya masalah-masalah kulit. Berikut beberapa hal yang akan kulitmu rasakan jika kamu berhenti dan tidak menggunakan skincare lagi.

Memicu dan Memperparah Tumbuhnya Jerawat

foto: Tumbuh jerawat/freepik.com
foto: Tumbuh jerawat/freepik.com

Membiarkan kulit tanpa skincare, seperti pelembab dan pembersih misalnya, ternyata bisa membuat jerawat di wajah kamu makin parah lho. Hal ini terjadi karena kulit tidak dirawat dengan benar.

Jika kamu adalah seseorang dengan jenis kulit berminyak dan khawatir jika menggunakan pelembab hanya akan membuat kulitmu makin berminyak, cobalah untuk memilih pelembab yang bertekstur cair atau yang memang di formulasikan untuk kulit berminyak. Begitu juga untuk kamu yang kulitnya berjerawat, sebaiknya gunakan pelembap yang kandungannya bebas pewangi, bebas minyak, dan tentu non-comedogenic.

Kotoran di Kulit Semakin Menumpuk

foto: Kotoran menumpuk di wajah/freepik.com
foto: Kotoran menumpuk di wajah/freepik.com

Salah satu dasar untuk memiliki kulit sehat adalah rajin membersihkannya. Oleh karena itu, produk pembersih menjadi salah satu produk paling dasar yang harus kamu gunakan.

Pembersih wajah berguna untuk menghapus riasan, keringat, polutan, kotoran, mikroba hingga sel kulit mati. Tanpa pembersihan, kotoran kulit semakin lama akan semakin menumpuk dan dapat menyebabkan tekstur di wajah. Penumpukan kotoran ini berpotensi menghambat pori-pori dan mengakibatkan kulit kering, iritasi, bahkan tumbuh jerawat.

Tidak Membersihkan Wajah, Efektivitas Skincare yang Digunakan Tidak Maksimal

foto: Tidak membersihkan wajah/freepik.com
foto: Tidak membersihkan wajah/freepik.com

Selain membersihkan dengan sabun muka, kamu juga perlu melakukan eksfoliasi khusus untuk kulit wajah kamu. Jika tidak melakukan keduanya, maka seluruh usaha perawatan kulit selama ini tidak bekerja dengan efektif.

Berbagai produk skincare seperti toner, esens, serum, atau bahkan pelembap, mereka semua tidak dapat menembus lapisan kulit karena terhalang oleh kotoran yang menumpuk. Kotoran tersebut berasal dari cara kamu yang salah ketika membersihkan wajah. Maka dati itu, membersihkan wajah menjadi tahap yang sangat krusial dan tidak boleh dilewatkan.

Tanda-Tanda Penuaan Semakin Cepat Terlihat

foto: Tanda Penuaan dini/freepik.com
foto: Tanda Penuaan dini/freepik.com

Jika kamu meremehkan penggunaan pelembap dan sunscreen, maka kamu harus hati-hati dengan munculnya kerutan yang lebih dalam di kemudian hari.

Hal ini biasa disebabkan karena ketika barrier kulit terganggu, kulit menjadi lebih kering dan memicu munculnya peradangan pada kulit. Peradangan inilah yang nantinya akan menyebabkan kerusakan kolagen dan memicu penuaan dini. Belum lagi jika saat ini kulitmu sudah timbul garis halus, melewatkan pelembap akan memperparah tanda-tanda ini.

Wajah Menjadi Sulit Ketika Dirias

Foto: Wajah sulit dirias/freepik.com
Foto: Wajah sulit dirias/freepik.com

Kesehatan dan keindahan kulit sangat berpengaruh terhadap penampilan makeup. Untuk kulit yang tidak pernah dirawat, atau bahkan tidak menggunakan skincare sebelum dirias, tampilan riasan kamu pasti tidak akan terlihat sempurna.

Makeup yang kamu gunakan bisa jadi malah menunjukkan garis-garis halus, riasan yang tidak menempel, tidak tahan lama, serta sulit diratakan di kulit kamu. Untuk itu, paling tidak gunakan pelembap lima menit sebelum pemakaian primer atau foundation untuk hasil riasan yang maksimal.

Gimana nih, ladies. Ternyata skincare sangat berfungsi untuk kesehatan kulit kita bukan? So, jangan malas-malas untuk merawat kulit!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id