sign up SIGN UP

SKINCARE

Benarkah Suntik Kolagen Bikin Wajah Jadi Awet Muda?

Izzul Millati Umami | Rabu, 28 Apr 2021 23:00 WIB
Benarkah Suntik Kolagen Bikin Wajah Jadi Awet Muda?
caption

Ramai-ramai iklan suntik Kolagen muncul di media. Berbondong pula produk kolagen dijual bebas di pasaran. Wah, sebenarnya semanjur apa sih kolagen itu, kok banyak banget yang tertarik menggunakannya sebagai sarana bikin awet muda? Sebelum Ladies melangkah lebih jauh, ada baiknya simak 5 fakta suntik kolagen berikut ini.  

1. Suntik kolagen membuat memar ringan

suntik kolagen
suntik kolagen/sumber:pexels.com

Sebelum memutuskan untuk suntik kolagen, Ladies harus paham bahwa prosedur ini punya resiko. Suntik kolagen bisa mengakibatkan memar ringan serta bengkak di area bekas suntikan. Meski begitu, dengan perawatan yang baik, bekas ini bisa hilang secara bertahap. 

Untuk mempertahankan efeknya, suntik kolagen dibutuhkan tiga hingga empat kali dalam setahun. Suntik kolagen dilakukan berkali-kali karena injeksi kolagen bisa saja berubah bentuk dan rusak.

2. Ada banyak persiapan sebelum suntik kolagen

persiapan kolagen
persiapan kolagen/sumber:pexels.com

Sebelum disuntik, akan diadakan tes untuk mengetahui apakah calon pasien punya alergi sebelumnya. Tes ini memakan waktu 4 minggu. Setelah itu, pasien juga ditanyai tentang suplemen dan skincare yang selama ini dipakai. Nah, Dokter juga bakal memberikan lembar formulir persetujuan tindakan, kemudian menghapus seluruh make up yang lagi digunakan. 

3. Suntik kolagen dilakukan dengan dua teknik

Teknik suntik kolagen umumnya ada dua cara: Mengipasi dan tusukan berseri. Teknik mengipasi dilakukan dengan cara memasukkan keseluruhan bagian jarum pada area tertentu yang membutuhkan kolagen. Sementara itu, teknik tusukan berseri dilakukan dengan tusukan kecil-kecil pada sepanjang area bidikan. 

4. Berapa lama suntik kolagen bisa bertahan?

suntik kolagen bertahan
suntik kolagen bertahan/sumber:pexels.com

Umumnya, suntik kolagen mampu bertahan sampai 5 tahun. Namun, hal ini masih tergantung pada bahan kolagen dan cara menyuntik. Untuk pasien yang menginginkan kulit bebas kerutan, diperlukan perawatan sepanjang tahun. Beda halnya dengan suntik kolagen untuk memperbesar bibir, maka diperlukan suntik ulang setiap tiga bulan sekali. 

5. Jangan asal ambil tindakan suntik kolagen sendirian

Saat ini sudah banyak beredar jasa suntik vitamin c maupun kolagen abal-abal. Eits, jangan tergoda dengan jasa murah seperti ini. Suntik kolagen yang bagus dengan resiko kecil hanya bisa dilakukan oleh profesional.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id