sign up SIGN UP

SKINCARE

Ampuh Cegah Penuaan Dini, Kandungan Ini Wajib ada dalam Skincare Kamu

Meydiana Adinda | Kamis, 29 Apr 2021 15:00 WIB
Ampuh Cegah Penuaan Dini, Kandungan Ini Wajib ada dalam Skincare Kamu
caption

Penuaan pada kulit merupakan proses alami yang tak bisa dihindari. Seiring bertambahnya usia, kulit wajah juga mengalami penurunan kinerjanya sehingga muncul garis halus, flek hitam, hingga keriput.

Namun, jika kulit tidak dirawat, maka penuaan ini akan lebih cepat terjadi. Untuk itu, kita disarankan mulai menambahkan produk anti aging ke dalam rutinitas skincare saat sudah masuk usia 25 tahun atau lebih cepat dari itu, jika kulit sudah membutuhkannya.

Ada banyak produk yang bisa Ladies gunakan untuk merawat kulit agar terhindar dari penuaan dini. Kali ini Beautynesia akan mengenalkanmu dengan bahan-bahan yang bermanfaat sebagai anti aging. Silakan disimak, ya!

1. Retinol

Ingredient untuk Antiaging
Retinol/instagram.com/theinkeylist

Retinol sejak lama memang dikenal sebagai bahan yang efektif untuk mencegah penuaan dini. Pada produk-produk OTC (over the counter), retinol yang digunakan biasanya adalah turunan Vitamin A, seperti retinyl palmitate, retinyl acetate, dan retinyl linoleate.

Retinol sendiri mampu meningkatkan pergantian sel kulit serta mendorong terbentuknya kolagen baru. Maka dari itu, dengan menggunakan retinol secara rutin, dapat menyamarkan garis-garis halus dan noda gelap, serta mengembalikan tekstur dan kekenyalan kulit.

2. Peptide

Ingredient untuk Antiaging
Peptide/instagram.com/thebathbox

Peptide merupakan jenis ikatan atar asam amino, yaitu senyawa utama yang menyusun protein. Peptide memiliki peran penting untuk membentuk protein salah satunya adalah pembentukan kolagen pada kulit.

Kolagen sendiri berfungsi sebagai pengikat kulit, tulang, dan otot. Selain itu, kolagen jugalah yang membuat kulit tetap kencang dan elastis. Namun, produksi kolagen akan berkurang seiring dengan pertambahan usia.

Untuk itu, penggunaan peptide dalam skincare dapat membantu meningkatkan jumlah kolagen pada kulit. Selain itu, peptide juga dapat mempercepat regenerasi sel kulit.

3. Bakuchiol

Ingredient untuk Antiaging
Bakuchiol/instagram.com/truetoskinofficial

Bahan satu ini sedang populer dan digandrungi banyak orang, pasalnya ia diklaim sebagai alternatif retinol. Bakuchiol sendiri merupakan kandungan yang diturunkan dari biji dan daun tanaman Babchi, yang berasal dari India.

Bahan satu ini memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit. Walaupun cara kerjanya tak persis seperti retinol, bakuchiol juga mampu mempercepat regenerasi sel pada kulit serta menyamarkan garis halus pada kulit. Keuntungan lainnya, bahan ini cenderung aman digunakan oleh semua jenis kulit bahkan yang sensitif sekalipun.

4. Vitamin C

Ingredient untuk Antiaging
Vitamin C/instagram.com/paulaschoice

Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang dapat menghindarkan kulit dari efek buruk polusi dan sinar UV. Seperti yang kita tahu, sinar UV dapat membawa pengaruh buruk pada kulit, termasuk mempercepat penuaan kulit.

Maka dari itu, penggunaan sunscreen yang didahului dengan Vitamin C sangat efektif dalam melindungi wajah dari penyebab penuaan dini. Selain itu, Vitamin C juga mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, lho.

[Gambas:Instagram]

5. Snail Mucin

Ingredient untuk Antiaging
Snail Mucin/instagram.com/cosrx

Banyak digunakan dalam produk skincare asal Korea Selatan, bahan populer satu ini juga memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini. Snail mucin sendiri merupakan lendir siput yang kaya akan hyaluronic, protein, antioksidan, elastin, anti mikroba, dan peptide.

Maka dari itu, bahan satu ini memiliki banyak manfaat pada kulit seperti meningkatkan produksi kolagen, membuat kulit tetap kenyal dan elastis, mengurangi kerutan, menenangkan peradangan, dan melembapkan kulit. Selain itu, protein dalam snail mucin juga sangat berperan dalam pertahanan kulit agar tetap kuat dan awet muda.

Nah, itu dia lima bahan yang dapat merawat kulit agar terhindar dari penuaan dini. Semoga bermanfaat, ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id