sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Mudah yang Bikin Awet Muda, Lakukan Secara Teratur untuk Perlambat Penuaan Dini

tyana | Rabu, 18 Aug 2021 06:00 WIB
5 Kebiasaan Mudah yang Bikin Awet Muda, Lakukan Secara Teratur untuk Perlambat Penuaan Dini
caption

Penuaan merupakan perubahan alami dalam tubuh yang akan terjadi pada setiap manusia seiring bertambahnya usia. Kulit keriput, rambut beruban, menurunnya fungsi alat vital adalah salah satu tanda yang sering terjadi dikarenakan penuaan itu sendiri.

Perubahan ini umumnya sering terjadi pada usia di atas 30 tahun, tetapi dikarenakan beberapa faktor penuaan dapat lebih cepat atau disebut juga dengan penuaan dini.

Meskipun, proses penuaan tidak dapat kita hentikan, tetapi kita dapat melakukan beberapa cara agar memperlambat penuaan. Lakukan dari sekarang, kebiasaan sehari-hari ini dipercaya menjadi cara mencegah penuaan dini lho, Beauties.

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

cara agar memperlambat penuaan
Cara agar memperlambat penuaan/Foto: Freepik/Freepik

Beauties, tahukah kamu mengkonsumsi air putih yang cukup merupakan salah satu kiat awet muda Jennifer Lopez di usia 52 tahun? Banyak dokter merekomendasikan lebih banyak konsumsi air putih dari pada minuman tinggi gula dan kafein untuk tetap menjaga kesehatan. Itu karena air putih memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh.

Dalam wawancaranya bersama Byrdie, Margarita Lolies, seorang ahli dermatologi dan juga bedah dari New Jersey mengungkap bahwa mengkonsumsi air putih dapat mengoptimalkan kerja tubuh dan juga menghidrasi sel tubuh, sehingga bukan hanya kulit saja yang tetap sehat tetapi juga seluruh tubuh.

Jadi jangan malas minum air putih lagi, Beauties. 

2. Makan Lebih Banyak Sayuran dan Buah

cara agar memperlambat penuaan
Cara agar memperlambat penuaan/Foto: Freepik/freepik.diller

Sayuran dan buah kaya akan kandungan vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan antioksidan dalam sayuran dan buah juga dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab penuaan dini.

Nggak hanya itu lho, memasukkan sayuran dan buah dalam menu makanan kita juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Menurunnya fungsi mata juga menjadi salah satu tanda dari penuaan.

3. Mandi dengan Air Dingin

cara agar memperlambat penuaan
Cara agar memperlambat penuaan/Foto: Freepik/gpoinstudio

Beauties, mandi air hangat memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi stres dan juga melemaskan otot. Namun, kebiasaan mandi air hangat setiap hari juga nggak baik, lho! Menurut Everyday Health, kebiasaan mandi air hangat dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mudah keriput.

Kebiasaan mandi air dingin justru menjaga kelembapan kulit alami, memperkuat skin barrier, melatih kepekaan saraf kulit dan juga menurunkan jumlah karbondioksida dalam tubuh. Apabila kebiasaan ini terus dilakukan dapat menjaga tubuh tetap sehat dan juga menghambat proses penuaan.

4. Rajin Berolahraga

cara agar memperlambat penuaan
Cara agar memperlambat penuaan/Foto: Freepik/ArthurHidden

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Rajin berolahraga juga dipercaya dapat membuat tubuh tetap sehat di usia senja nanti. Nggak hanya itu, menurut Journal Sport Medicine, kebiasaan olahraga yang teratur dapat meningkatkan produksi antioksidan alami dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh. 

Menurut penelitian dari Asian Pacific Journal of Cancer Prevation, kebiasaan rajin berolahraga juga dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya yang biasanya diderita oleh orang yang lanjut usia seperti tekanan darah tinggi, diabetes, jantung koroner, dan juga stroke.

Untuk itu, jangan lupa rajin untuk olahraga, mulai dari sekarang ya, Beauties!

5. Gunakan Skincare Pelindung Paparan Matahari

Cara memperlambat penuaan
 Cara agar memperlambat penuaan/Foto: Freepik/gpoinstudio

Sinar matahari memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita. Paparan sinar matahari yang menyentuh kulit juga bermanfaat untuk memproduksi vitamin D. Namun, ini hanya bermanfaat saat berjemur di pagi hari saja.

Paparan sinar UVA dan UVB dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan dini. Nggak hanya itu, terlalu lama terpapar sinar matahari juga dapat meningkatkan resiko terjadinya iritasi bahkan kanker kulit.

Untuk itu, jangan lupa untuk rajin menggunakan sunblock saat ke luar rumah. Apabila cuaca sangat menyengat juga disarankan untuk menggunakan pelindung kepala seperti payung, topi ataupun helm saat menaiki kendaraan beroda dua.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id