sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Kesalahan Menggunakan Skincare di Usia 40 Tahun

Retno Wulandari | Kamis, 08 Apr 2021 18:16 WIB
5 Kesalahan Menggunakan Skincare di Usia 40 Tahun
Foto: Penggunaan Skincare di Usia 40/Freepik.com

Memasuki usia 40 tahun, tekstur kulit akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan perawatan kulit yang ekstra dan tidak boleh sembarangan agar kulit tetap sehat dan cantik.

Sayangnya, masih ada beberapa wanita yang melakukan kesalahan saat menggunakan skincare lho. Meskipun terkesan sepele, kesalahan tersebut bisa memberikan dampak buruk bagi kulit. Lalu, kesalahan apa saja yang paling sering dilakukan saat menggunakan skincare di usia 40 tahun? Berikut jawabannya!

1. Mengabaikan Cleanser

5 Kesalahan Menggunakan Skincare di Usia 40 Tahun
Foto: Cleanser/freepik.com

Cleanser merupakan salah satu tahapan skincare yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan. Nah, kesalahan yang paling sering dilakukan oleh wanita usia 40 tahun adalah mengabaikan cleanser sebagai step pertama dalam rangkaian skincare. Padahal cleanser akan membantu menghilangkan minyak berlebih pada kulit serta membersihkan kotoran yang menumpuk.

Jika tidak menggunakan cleanser sebagai step pertama dalam rangkaian skincare, maka minyak dan kotoran pada wajah bisa menyumbat pori-pori hingga menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan pada wajah.

2. Mengabaikan Sunscreen

5 Kesalahan Menggunakan Skincare di Usia 40 Tahun
Foto: Sunscreen/freepik.com

Memasuki usia 40 tahun ketahanan kulit memang tidak seprima saat usia 20-an. Oleh sebab itu, kulit membutuhkan perlindungan ekstra untuk mencegah flek hitam akibat sinar matahari. Namun, masih saja ada beberapa wanita yang melewatkan sunscreen untuk menangkal efek buruk sinar UVA dan UVB pada kulit di usia 40-an. Meskipun sudah menggunakan berbagai macam jenis skincare untuk mengurangi flek hitam, tapi jika kamu tidak rutin menggunakan sunscreen, maka akan percuma dan sia-sia lho.

3. Mengabaikan Moisturizer

5 Kesalahan Menggunakan Skincare di Usia 40 Tahun
Foto: Moisturizer/freepik.com

Di usia 40-an, kadar estrogen akan mengalami penurunan sehingga membuat kulit jadi lebih kering. Nah, kondisi kulit kering inilah yang paling umum dirasakan wanita yang memasuki usia 40-an. Kondisi kulit yang kehilangan kelembapan akan semakin parah jika kamu melewatkan moisturizer dengan kandungan glycerine yang kaya akan kadar air dan hyaluronic acid yang membantu menjaga serta mengunci kelembapan kulit.

4. Mengabaikan Serum Anti-Aging

5 Kesalahan Menggunakan Skincare di Usia 40 Tahun
Foto: Serum Anti-Aging/freepik.com

Permasalahan yang akan dialami oleh wanita usia 40 tahun adalah munculnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Nah, di sinilah pentingnya menggunakan skincare yang bekerja sebagai anti-aging. Namun, tetap saja ada beberapa wanita yang mengabaikan produk skincare seperti serum anti-aging sebagai rangkaian skincare rutin. Padahal serum anti-aging dapat membantu wajah tampak awet muda meski sudah berumur 40 tahun lho.

5. Mengabaikan Eye Cream Anti-Aging

5 Kesalahan Menggunakan Skincare di Usia 40 Tahun
Foto: Eye Cream Anti-Aging/freepik.com

Selain smile lines, area mata juga menjadi salah satu area wajah yang paling terlihat jelas garis-garis halusnya. Menggunakan produk eye cream anti-aging adalah solusi yang tepat agar kondisi ini tidak mengganggu penampilan. Sayangnya, beberapa wanita masih belum sadar akan pentingnya produk eye cream anti-aging, sehingga produk skincare ini tidak masuk dalam rangkaian skincare rutin mereka.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id