sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Kiat Atasi Jerawat Punggung Langsung ke Akar Masalahnya

Dian Aprilia | Sabtu, 10 Jul 2021 09:30 WIB
5 Kiat Atasi Jerawat Punggung Langsung ke Akar Masalahnya
caption

Jerawat tidak hanya muncul di area wajah, melainkan juga di punggung. Jerawat punggung juga sering disebut sebagai Bacne atau Back Acne. Ada berbagai hal yang menjadi penyebab jerawat di punggung.

Penyebab jerawat di punggung di antaranya adalah penumpukan sel kulit mati dan minyak pada pori-pori kuli, pertumbuhan bakteri kulit yang menyebabkan peradangan, dan adanya keringat dan gesekan dengan pakaian. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 cara menghilangkan jerawat di punggung langsung ke akar masalahnya:

Body Wash

Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan body wash
Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan body wash/pexels.com/Ann Nekr

Penyebab jerawat di punggung yang utama adalah menumpuknya kotoran dan keringat di pori-pori kulit. Jadi cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk di pori-pori dengan menggunakan body wash.

Pilih body wash yang mengandung salicylic acid, tea tree, dan benzoyl peroxide. Gunakan body wash tanpa menggunakan air hangat atau cenderung panas, sebaiknya diamkan selama 2-3 menit sebelum dibilas untuk hasil maksimal dan gunakan sikat punggung.  

Eksfoliasi

Jerawat di punggung
Jerawat di punggung/pexels.com/Polina Tankilevitch

Cara menghilangkan jerawat di punggung selanjutnya adalah melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi bermanfaat untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mempercepat proses menghilangkan jerawat. Pilih produk eksfoliasi jerawat punggung yang mengandung AHA (glycolic acid, lactid acid) dan BHA (salicylic acid).

Kamu bisa menggunakan toner sebagai produk eksfoliasi. Cara penggunaannya adalah dengan menuangkan toner ke kapas lalu mengusapkan ke bagian punggung yang berjerawat. Lakukan eksfoliasi selama 1-2 kali dalam seminggu.

Gunakan Body Lotion

Body lotion untuk jerawat punggung
Body lotion untuk jerawat punggung/pexels.com/Sora Shimazaki

Cara menghilangkan jerawat di punggung selanjutnya adalah menggunakan pelembap. Menjaga kelembapan tubuh berfungsi agar produksi minyak di punggung tidak berlebihan. Pilih body lotion yang sesuai dengan jenis kulitmu. Apabila difokuskan untuk mengatasi jerawat punggung, pilih produk dengan kandungan Adapalene.

Adapalene bermanfaat untuk membantu mengurangi inflamasi atau peradangan sehingga bisa memperbaiki regenerasi sel kulit. Selain lotion, kamu juga bisa menggunakan lotion dalam bentuk mist agar bisa menjangkau area punggung lebih mudah.

Produk Perawatan Jerawat

Produk perawatan jerawat
Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan produk perawatan jerawat/pexels.com/Rachel Claire

Cara menghilangkan jerawat di punggung selanjutnya adalah menggunakan produk perawatan jerawat. Pilih produk yang mengandung benzoyl peroxide, salicylic acid, dan sulfur. Caranya cukup mudah yakni dengan oleskan produk perawatan jerawat tersebut di area punggung yang berjerawat. Kamu bisa meminta bantuan pasangan, teman, atau keluarga untuk mengaplikasikannya.

Jaga Kebersihan Tubuh

Jaga kebersihan tubuh
Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan mandi/pexels.com/ArtHouse Studio

Salah satu penyebab jerawat punggung adalah kurang menjaga kebersihan tubuh. Alhasil keringat, bakteri dan kotoran menempel di punggung dan menjadi jerawat. Sehingga selain menggunakan berbagai produk perawatan, kamu juga perlu menjaga kebersihan tubuh.

Di antaranya adalah mandi setelah berolahraga, mandi dua kali sehari, membersihkan seluruh area tubuh dengan tepat dan tidak asal-asalan, mengganti baju secara rutin dan lainnya.

Itulah 5 cara menghilangkan jerawat di punggung dan membuat punggung halus dan mulus. Selamat mencoba beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id