sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Manfaat Masker Yogurt untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit Kusam

Lulu Lukyani | Jumat, 09 Apr 2021 12:15 WIB
5 Manfaat Masker Yogurt untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit Kusam
Yogurt/Freepik
Jakarta -

Yogurt dikenal dengan manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan pencernaan. Di samping itu, yogurt juga digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Biasanya, yogurt digunakan sebagai masker wajah, bisa diaplikasikan langsung ke wajah atau dicampur dengan bahan-bahan alami lain, seperti madu dan kunyit. 

Sebelum mencoba menggunakan masker yogurt, lebih baik jika pahami terlebih dahulu mengenai manfaat dan risiko penggunaannya untuk kulit. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 manfaat masker yogurt untuk wajah.

1. Mencerahkan warna kulit

Ilustrasi kulit cerah.
Ilustrasi kulit cerah/Freepik

Sebuah studi in-vitro dan in-vivo di tahun 2011 mengatakan bahwa masker yogurt dengan tekstur yang creamy mampu mengunci kelembapan lebih lama sehingga penggunaannya secara rutin mampu mengatasi kulit kering.

Selain itu, studi yang sama juga mengatakan bahwa masker yogurt memberi manfaat berupa mencerahkan warna kulit yang kusam.

2. Mengencangkan kulit

Ilustrasi kulit kencang.
Ilustrasi kulit kencang/Freepik

Manfaat masker yogurt yang kedua adalah mengencangkan kulit. Dengan bantuan probiotik alami di dalamnya, yogurt mampu mengembalikan kulit kencang.

Mengaplikasin masker yogurt pada wajah secara rutin mampu melawan tanda-tanda penuaan dini yang salah satunya adalah kekencangan kulit yang berkurang akibat hilangnya kolagen.

3. Melindungi kulit dari sinar UV

Ilustrasi kulit sehat.
Ilustrasi kulit sehat/Freepik

Sebuah studi di tahun 2015 mengatakan bahwa yogurt mampu meminimalisasi efek paparan sinar UV. Tak heran jika masker yogurt juga mampu menghilangkan bintik-bintik hitam akibat sinar matahari.

Yogurt akan membangun penghalang radikal bebas pada kulit sehingga risiko munculnya bintik hitam dan kerutan akibat sinar matahari dapat berkurang.

4. Meningkatkan elastisitas kulit

Ilustrasi kulit elastis.
Ilustrasi kulit elastis/Freepik

Seiring bertambahnya usia, kulit manusia akan kehilangan kolagen. Adapun kolagen merupakan protein yang menjaga elastisitas kulit. Menggunakan produk perawatan kecantikan mampu membantu mengembalikan elastisitas kulit yang hilang.

Dengan masker yogurt, penampilan kulit secara keseluruhan dapat diperbaiki. Termasuk memulihkan elastisitas kulit.

5. Mengurangi garis halus dan kerutan

Ilustrasi kulit sehat.
Ilustrasi kulit sehat/Freepik

Terakhir, manfaat masker yogurt untuk wajah adalah mengurangi tanda penuaan dini berupa garis halus dan kerutan. Ini berkaitan erat dengan manfaat masker yogurt untuk mengencangkan wajah.

Sebuah studi di tahun 2015 mengatakan bahwa probiotik yang terkandung dalam yogurt mampu melindungi kulit dari tanda penuaan dini.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id