sign up SIGN UP

6 Kesalahan Saat Memakai Masker Wajah, Jadi Bikin Jerawatan dan Terbuang Sia-sia!

Novianty Aulia | Minggu, 19 Sep 2021 08:45 WIB
6 Kesalahan Saat Memakai Masker Wajah, Jadi Bikin Jerawatan dan Terbuang Sia-sia!
caption

Meskipun terlihat mudah, pemakaian masker wajah secara sembarang dapat mengganggu kesehatan kulit wajahmu. Beragam manfaat baik yang terkandung pada masker pun jadi tidak bekerja sebagaimana mestinya karena penggunaan yang kurang tepat.

Sayangnya, tak semua dari kira dapat menyadari dengan cepat kekeliruan tersebut. Kebiasaan yang salah dibiarkan begitu lama hingga akhirnya wajah rentan bermasalah dan jauh dari ekspektasimu.

Lantas seperti apa kesalahan tersebut? Berikut, Beautynesia telah merangkum 6 kesalahan memakai masker yang membuat wajah berjerawat. Yuk, simak artikelnya berikut ini.

Tidak Membersihkan Wajah Terlebih Dahulu 

Wajah yang Kotor membuat masker yang kamu gunakan sia-sia.
Mengaplikasikan masker saat wajah sedang kotor/Foto:Freepik.com/Freepik


Aturan utama dalam merawat kecantikan ialah menjaga kebersihan wajah. Hal ini dikarenakan kotoran atau minyak dapat menempel sehingga perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum menerima segala macam perawatan pada kulit. 

Herannya, hal penting inilah yang justru malah sering dilewatkan sebelum memakai masker. Anggapan wajah selalu terlihat bersih membuat kamu malas untuk mencuci wajah secara berkala. Manfaat baik dari masker pun tidak dapat bekerja karena kulit wajah yang tidak higienis.

Mengabaikan Kebersihan Peralatan Masker 

Peralatan masker yang kurang bersih juga menjadi sumber kotoran yang mengancam kesehatan wajahmu.
Tidak membersihkan peralatan penunjang masker/Foto:Freepik.com/Pvproductions


Tak cuma wajah, kondisi dari alat masker juga amat penting untuk kamu perhatikan. Acap kali kamu terlupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada wajah. Kebiasaan inilah yang justru membuat wajahmu sulit membaik. 

Beauties, terlihat bersih bukan berarti tidak ada kotoran pada peralatan maskermu. Sikap abai dalam kebersihan dapat memicu kotoran pada kuas ataupun mangkuk masker berpindah dan menempel pada wajah. Kesehatan wajah pun menjadi terancam karena terbawanya kotoran tersebut. 

Ketidaksesuaian Masker dengan Jenis Kulit 

Sebelum membeli masker ada baiknya kamu menyesuaikan produk tersebut dengan jenis dan kebutuhan kulit.
Menggunakan masker yang tidak cocok dengan kulit/Foto:Freepik.com/Nakaridore


Setiap masker memang membawa manfaat yang baik untuk kulit, tetapi bukan berarti setiap kulit akan cocok terhadap masker tersebut. Pola pikir yang tidak tepat inilah yang membuat kamu asal dalam memilih masker wajah. Tak heran, kulit wajah malah semakin bermasalah dan jauh dari kata sehat. 

So Beauties, selalu pastikan terlebih dahulu kebutuhan seperti apa yang kulitmu butuhkan dan sesuaikan dengan masker yang kamu gunakan. Jangan sampai keteledoranmu malah merusak kesehatan wajahmu sendiri. 

Membilas Wajah Seusai Memakai Masker 

Membilas Wajah seusai menggunakan masker terlebih jenis clay mask dan sheet mask malah menghempaskan kandungan baik dari masker tersebut.
Tidak semua masker dapat langsung dibilas sesudahnya/Foto:Freepik.com/Pvproductions


Kebanyakan dari kamu beranggapan bahwa mencuci wajah dengan face wash dapat memaksimalkan kerja dari masker wajah yang kamu pakai. Nyatanya, kebiasaan yang satu ini malah membuat kandungan dari masker tidak terserap dengan baik lho. 

Seperti dilansir dari laman Pop Sugar, penggunaan masker berjenis sheet mask sebaiknya tidak perlu dibilas dengan face wash setelahnya. Kandungan pada masker yang seharusnya dibiarkan di kulit malah terhempas dengan air.

Memakai Masker Terlalu Lama 

Terlalu lama menggunakan masker pada wajah dapat membuat kulit kering dan minyak alami pada wajah terserap oleh masker.
Membiarkan masker menempel terlalu lama di wajah/Foto:Freepik.com/Racool_studio


Seberapa lama waktu yang kamu pilih saat menggunakan masker juga berpengaruh terhadap kesehatan wajahmu, Beauties.

Seperti yang kamu tahu, penggunaan masker umumnya berkisar antara 15-30 menit. Jika kamu membiarkan masker terus menempel di wajah melebihi waktu yang dianjurkan berisiko membuat kulit kering dan rentan berjerawat.

Meninggalkan Pemakaian Moisturizer 

Meninggalkan perawatan lanjutan seperti moisturizer malah membuat kulitmu rentan bermasalah karena kering
Tidak memakai perawatan lanjutan yakni moisturizer/Foto:Freepik.com/Artursarfronovvv


Mendapati wajah menjadi lembut dan kenyal sesuai menggunakan masker membuat kamu tergoda untuk meninggalkan produk perawatan setelahnya. Kesalahan inilah yang membuat masker wajahmu terbuang sia-sia, Beauties. 

Perlu kamu ketahui, memakai masker bukan menjadi jaminan wajah terhidrasi dengan baik. Produk penunjang seperti pelembab tetap kamu butuhkan untuk memaksimalkan kerja dari masker tersebut. 

Hal serupa diungkapkan di laman Heathline, di mana moisturizer sebaiknya nggak dilewatkan setelah menggunakan masker. Jika tidak, kulit wajahmu malah menjadi kering dan tidak sehat.

Yuk Beauties, tinggalkan beberapa kesalahan tersebut ya!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id