sign up SIGN UP

Jangan Sampai Salah! Ini Cara Pilih Masker Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit

Novianty Aulia | Rabu, 15 Sep 2021 18:00 WIB
Jangan Sampai Salah! Ini Cara Pilih Masker Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit
Kiat Memilih Masker Wajah Sesuai Kebutuhan Kulitmu/Foto:Freepik.com/Senivpetro

Berbeda jenis kulit maka berbeda pula masker wajah yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan setiap jenis masker wajah memiliki kandungan yang dapat bekerja dengan baik jika digunakan secara benar pada kulit yang tepat.

Sayangnya, tak semua orang jeli dalam memahami perbedaan dari setiap jenis kulit terhadap masker yang digunakan. Akibatnya, wajah malah mudah bermasalah dan masker yang kamu pakai tidak memberikan manfaat sebagaimana mestinya.

Bagi kamu yang masih bingung, berikut Beautynesia telah merangkum tips memilih masker wajah sesuai dengan jenis kulit. Seperti apa ya kira-kira? Yuk simak artikelnya berikut ini!

Kulit Berminyak 

Berbagai bahan seperti tee trea dan charcoal bisa jadi pilihan utama dalam mengontrol sebum pada wajah.
Pastikan masker wajah mengandung bahan pengontrol minyak/Foto: Pinterest.com/Love-and-wisdom


Salah satu pemicu utama datangnya jerawat ialah kadar minyak yang berlebihan pada kulit. Guna menghindari datangnya masalah, kamu membutuhkan masker yang mampu mengontrol produksi minyak pada kulit wajahmu. 

Pilihlah beragam produk masker dengan kandungan alami seperti charcoal hingga tea tree yang dikenal berkhasiat untuk merawat wajah berminyak. Bahan-bahan tersebut juga diketahui mampu membersihkan wajah hingga ke pori-pori, sehingga tidak ada lagi kotoran yang bersarang pada kulit wajahmu. 

Kulit Kering 

Kulit wajah yang kering memerlukan masker dengan kandungan kaya akan mineral.
Berikan sentuhan mineral dan bahan melembapkan untuk kulit kering/Foto:Freepik.com/Freepik


Lain halnya dengan kulit berminyak, wajah yang cenderung kering sebaiknya memakai produk yang kaya akan air agar wajah kembali terhidrasi. Adapun jenis masker yang yang paling direkomendasikan berupa hydrogel, berfomula krim, atau oil based mask yang mengandung banyak bahan pelembap. 

Jika kulitmu kering cenderung sensitif, kamu bisa menggunakan masker dengan kandungan alami seperti vitamin E dan minyak zaitun. Wajah pun akan kembali lembap dan terhindar dari risiko iritasi.

Kulit Sensitif 

Bagi pemilik kulit sensitif, sebisa mungkin carilah masker yang tidak mengadung bahan aktif yang cukup keras.
Pemilik kulit sensitif harus hati-hati dalam memilih produk masker/Foto:Freepik.com


Risiko yang relatif lebih besar membuat perempuan dengan kulit sensitif dituntut mesti ekstra hati-hati, dalam memilih produk yang digunakan. Salah sedikit saja dalam memilih dapat memunculkan reaksi yang berlebihan dan berbahaya untuk kesehatan kulit. 

Demi menjaga kesehatan kulit, ada baiknya kamu memilih produk masker yang mengandung bahan alami yang dapat menenangkan kulit, seperti mineral ataupun kandungan teh seperti green tea. Pastikan juga masker tersebut tidak mengandung bahan berbahaya yang dapat memicu alergi pada kulit wajahmu.

Kulit Normal 

Bagi pemilik kulit normal, kamu bisa memilih masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit saat itu.
Sesuaikan masker dengan kebutuhan kulitmu saat itu/Foto:Freepik.com/Racool_studio


Kamu akan lebih leluasa dalam memilih masker jika tergolong pada kondisi kulit yang normal. Beragam jenis masker seperti clay mask, sheet mask hingga krim dinilai cocok dan aman untuk digunakan oleh kulit normal. 

Jika masih ragu, kamu bisa memilih masker sesuai dengan kebutuhan pada kulitmu saat itu. Jika terasa sedikit kering pilihlah masker berbasis krim agar senantiasa lembap. Namun jika wajah sedang berminyak, carilah masker wajah berjenis clay mask dengan kandungan tea tree ataupun charcoal. 

Kulit Kombinasi 

Gunakan masker yang mampu menghilangkan minyak namun tidak membuat kulit kering.
Carilah makser wajah dengan manfaat yang multitasking untuk kulitmu/Foto:Freepik.com/Freepik


Berada di zona tengah antara kulit kering dan berminyak tentunya menimbulkan kebingungan dalam memilih masker. Penggunaan yang asal dapat membuat kondisi kulit tidak seimbang dan jauh lebih parah dari sebelumnya. 

Dilansir dari laman Life Style Asia, kamu bisa menggunakan dua buah masker yang dapat mengontrol minyak namun tetap menghindrasi kulit. Sebagai yang utama, gunakanlah masker dengan kandungan glikolat atau asam laktat untuk mengangkat minyak pada wajah.

Setelah itu, lengkapilah dengan masker berbasis gel agar kulit tetap lembap dan tidak kering. 

Kulit Berjerawat 

Pastikan masker wajah yang kamu gunakan mengandung bahan yang menenangkan sekaligus membersihkan kulit.
Pilihlah masker dengan kandungan yang lembut dan aman untuk kulit berjerawatmu/Foto:Freepik.com/Gpointstudio


Jenis kulit berjerawat cenderung mudah iritasi dan memerah ketika memakai produk dengan kandungan aktif yang cukup keras. Lalu, bagaimana jerawat dapat bersih, jika bahan aktif yang seharusnya membasmi kotoran malah tidak sesuai dengan kulit wajahmu? 

Sebagai jalan keluarnya, pilihlah masker wajah dengan kandungan bahan yang dapat membersihkan penumpukan pori-pori pada wajah sekaligus menenangkan kulit. Dilansir dari laman Forbes, kamu bisa menggunakan tea tree oil atau salicylis acid dalam bentuk clay mask.

Dengan begitu, kotoran dapat hilang sempurna dan kulit tetap terhidrasi secara baik.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id