sign up SIGN UP

SKINCARE

6 Tips Menjaga Kelembapan dan Kesehatan Kulit Selama Puasa

Intan Dwi | Jumat, 30 Apr 2021 08:30 WIB
6 Tips Menjaga Kelembapan dan Kesehatan Kulit Selama Puasa
caption

Selama bulan Ramadan kita diwajibkan makan dan minum di saat waktu berbuka dan sahur. Hal itu tentunya membatasi makanan dan minuman yang biasa kita konsumsi. Karena kita hanya bisa makan dan minum di waktu tertentu, tentu asupan cairan, nutrisi dan vitamin pun terbatas.

Hal itu pun bisa membuat kulit dehidrasi, karena itu kamu harus tetap menjaga agar kulit lembap, terhidrasi dan sehat. Jadi kamu harus konsumsi nutrisi yang baik saat sahur dan buka puasa, kemudian kamu harus menerapkan produk skincare yang tepat jika ingin memiliki kulit cantik dan bercahaya sepanjang Bulan Suci.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit kamu selama bulan Ramadan.

Jangan membersihkan wajah secara berlebihan

Padahal melakukan pembersihan wajah yang berlebihan itu bisa mengurangi kelembapan dan memperburuk kondisi kulit.
Selalu gunakan sunscreen/freepik.com

Selama Ramadan, mungkin kulit akan mengalami dehidrasi akibat puasa dan masih banyak orang yang mengira kalau sering mencuci muka akan membersihkan dan menghidrasi kulit dengan baik. Padahal melakukan pembersihan wajah yang berlebihan itu bisa mengurangi kelembapan dan memperburuk kondisi kulit.

Terutama jika kamu menggunakan pembersihan wajah yang memiliki kandungan cukup keras. Selalu perhatikan pH yang terkandung pada produk facial wash yang kamu gunakan. Normalnya pH untuk kulit wajah berkisar antara 5-6, jadi kamu harus memilih pembersih wajah yang berada dalam kisaran pH.

Jangan mencuci muka terlalu sering, kalau kamu perlu mendinginkan kulit gunakan fix spray sebagai pengganti.

Selalu gunakan sunscreen

Guanakan sunscreen pada pagi hari sebelum baraktivitas dengan minimal SPF 30, aplikasikan ulang kalau kamu pergi keluar ruangan selama lebih dari tiga jam.
Selalu gunakan sunscreen/freepik.com

Selama Ramadan biasanya cuaca panas dan kulit kamu harus terlindungi dari sinar matahari yang kuat. Karena sinar UVA dan UVB dari matahari enggak hanya bisa membuat kulit kusam tetapi juga bisa mempercepat gejala penuaan. Jadi kamu harus berikan perlindungan kulit wajah seoptimal mungkin.

Gunakan sunscreen pada pagi hari sebelum baraktivitas dengan minimal SPF 30, aplikasikan ulang kalau kamu pergi keluar ruangan selama lebih dari tiga jam.

Lembapkan kulit

Menutrisi kulit dari luar juga tidak boleh dilewatkan, setelah menggunakan rutinitas produk skincare harian kamu, sangat penting untuk melembapkan kulit.
Lembapkan kulit/freepik.com

Menutrisi kulit dari luar juga tidak boleh dilewatkan, setelah menggunakan rutinitas produk skincare harian kamu, sangat penting untuk melembapkan kulit. Gunakan pelembap yang cocok untuk kulit kamu, ini untuk menghidrasi dan menutupi kurangnya konsumsi air di siang hari.

Banyak orang yang menganggap bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap, padahal itu kesalahan besar. Karena setiap jenis kulit, baik itu kulit kering ataupun berminyak tetap membutuhkan pelembap.

Bagi kulit kering, lebih baik gunakan krim atau minyak dan untuk kulit berminyak coba gunakan pelembap berbahan gel yang memiliki kelembapan tinggi.

Konsumsi sayur dan buah

Karena nutrisi dari dalam juga sama pentingnya, seperti perbanyak konsumsi buah dan sayur saat berbuka dan sahur.
Konsumsi sayur dan buah/freepik.com

Kalau sudah terkait dengan kesehatan kulit, itu enggak hanya mengandalkan nutrisi dari luar tetapi juga dari dalam. Karena nutrisi dari dalam juga sama pentingnya, seperti perbanyak konsumsi buah dan sayur saat berbuka dan sahur. Buah dan sayur mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk menjaga kelembapan kulit kamu.

Pakai face mask pada malam hari

Malam hari setelah shalat tarawih, kamu bisa mencoba dan meluangkan waktu untuk menggunakan masker wajah.
Pakai face mask pada malam hari/pexels.com

Malam hari setelah shalat tarawih, kamu bisa mencoba dan meluangkan waktu untuk menggunakan masker wajah. Pemakaiannya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu, karena penggunaan masker wajah setiap malam itu baik untuk kulit dengan membantu menjaga kondisi kulit kamu selama bulan puasa.

Perhatikan asupan cairan saat berbuka dan sahur

Sumber kelembapan kulit adalah air, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya. Jika tubuh terhidrasi dengan baik maka kelembapan kulit akan tetap terjaga.
Perhatikan asupan cairan saat berbuka dan sahur/freepik.com

Ketika sahur dan berbuka puasa menjadi kesempatan kita untuk mencukupi asupan cairan tubuh. Sumber kelembapan kulit adalah air, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya. Jika tubuh terhidrasi dengan baik maka kelembapan kulit akan tetap terjaga.

Disarankan untuk minum setidaknya delapan gelas antara buka puasa dan sahur, serta hindari minum-minuman berkarbonasi atau mengandung gula, seperti soda dan jus. Kamu juga harus menghindari kafein, karena minuman itu bisa menyebabkan dehidrasi.

Dengan meminum cukup air, kamu akan membantu membersihkan dan melembapkan kulit kamu. Lebih dari 70% bagian tubuh terdiri dari cairan, sehingga jika kurang cairan bisa mempengaruhi kecantikan kulit kamu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id