sign up SIGN UP

SKINCARE

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Jerawat Meradang

Meydiana Adinda | Senin, 31 May 2021 20:15 WIB
7 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Jerawat Meradang
caption

Kulit yang berjerawat memang menyebalkan, apalagi jika jerawat sedang meradang dan sakit. Makanya, banyak yang tak sabar dan segera mencoba ini-itu untuk mengatasi jerawat dengan cepat.

Nah, ada kalanya kita tidak sabar dan terburu-buru sehingga tidak mendengarkan apa yang sebenarnya kulit rasakan. Misalnya, kita mengira menggunakan produk eksfoliasi setiap hari dapat mempercepat jerawat pergi, padahal itu dapat memperparah keadaan kulitmu, Ladies.

Maka dari itu, penting memperhatikan kondisi kulit dan tetap sabar dalam merawat kulitmu yang sedang berjerawat, Ladies. Selain itu ada beberapa hal penting yang dapat membantu kulit agar segera sembuh. Apa saja? Yuk simak artikel berikut!

1. Identifikasi Keparahan Jerawat

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Berjerawat
Identifikasi Jerawat/freepik.com

Sebelum memutuskan membeli skincare untuk jerawat, coba perhatikan kondisi kulit, Ladies. Apabila jerawatmu dalam kondisi ringan, maka Ladies bisa melanjutkan perawatan mandiri dengan skincare yang dijual di pasaran.

Namun, apabila jumlah jerawat banyak dan kondisi kulitmu cukup parah, maka lebih disarankan untuk berkonsultasi pada dokter kulit, Ladies. Hal ini agar kulitmu diobati secara tepat dan dapat segera sembuh.

2. Hindari Penggunaan Makeup

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Berjerawat
Hindari Penggunaan Make Up/freepik.com

Penggunaan makeup berisiko membuat pori-pori tersumbat. Akibatnya, kulit menjadi radang dan timbul jerawat. Jika kulit dalam kondisi berjerawat, lebih baik hindari dulu penggunaan makeup agar kondisinya tidak semakin parah.

Jika aktivitasmu mengharuskan untuk menggunakan makeup, Ladies bisa menggunakan acne patch pada jerawat. Hal ini agar melindungi jerawat sehingga terhindar dari make up, kotoran, bakteri, dan resiko lainnya.

3. Pastikan Wajah Bersih Maksimal

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Berjerawat
Bersihkan Wajah/freepik.com

Setelah beraktivitas seharian, kulit terkena polusi, debu, dan kotoran. Hal ini sangat beresiko untuk memperparah peradangan jerawatmu, apalagi jika Ladies tetap menggunakan makeup di saat berjerawat. Untuk itu, sangat penting memastikan kulit bersih secara menyeluruh. Ladies bisa melakukan double cleansing serta memastikan cleanser-mu lembut di kulit.

4. Hindari Penggunaan Face Scrub

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Berjerawat
Scrub Wajah/freepik.com

Penggunaan face scrub memang bagus untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati di permukaan kulit. Tapi jika wajahmu sedang berjerawat, hindari dulu penggunaan scrub, ya. Hal ini dikarenakan butiran scrub dapat membuat iritasi pada kulitmu sehingga semakin memperparah peradangan.

5. Gunakan Produk dengan Bahan Tertentu

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Berjerawat
Perawatan Khusus Jerawat/freepik.com

Selanjutnya, Ladies perlu merawat kulit berjerawat dengan skincare berbahan tertentu. Misalnya, kandungan Salicylic Acid, Sulfur, atau Benzoyl Peroxide untuk membersihkan pori-pori dan mengobati jerawat. Jika kulit kemerahan dan radang, bisa menggunakan bahan dengan Centella Asiatica atau Aloe Vera untuk menenangkan kulitmu. Perhatikan kondisi dan perkembangan kulitmu ya, Ladies.

6. Jaga Pola Makan

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Berjerawat
Makanan Sehat/freepik.com

Selain perawatan yang rutin, Ladies juga perlu memperhatikan pola makan dan menjaganya tetap seimbang dan sehat. Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan air putih ya, Ladies. Selain itu, hindari makanan cepat saji, gorengan, dan makanan manis untuk sementara waktu.

7. Jangan Memencet Jerawat

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Berjerawat
Memencet Jerawat/freepik.com

Dalam merawat kulit berjerawat, kita harus ekstra sabar ya, Ladies. Ingatlah untuk tidak memencet atau bahkan memegang jerawatmu. Kebiasaan ini dapat memicu inflamasi dan menyebabkan jerawatmu semakin parah.

Nah, itu dia tujuh hal penting yang perlu Ladies ketahui dalam merawat kulit berjerawat. Semoga bermanfaat, ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id