sign up SIGN UP

SKINCARE

7 Langkah Merawat Kulit Agar Wajah Tampak Glowing Alami

Friska NR | Rabu, 17 Jun 2020 19:00 WIB
7 Langkah Merawat Kulit Agar Wajah Tampak Glowing Alami
caption

Memasuki pertengahan 2020, tren wajah glowing masih menjadi dambaan bagi kalangan kaum hawa. Tampilan wajah glowing memiliki ciri permukaan kulit yang halus, kenyal dan tampak bercahaya sehingga kulit menjadi terlihat sehat natural.

Tampilan kulit glowing bisa kamu dapatkan dengan menggunakan beberapa trik makeup, yaitu dengan mengaplikasikan dewy foundation atau liquid illuminator untuk mendapatkan efek wajah berkilau. Namun untuk mendapatkan kulit glowing secara alami, kamu perlu konsisten melakukan perawatan wajah rutin serta menerapkan pola hidup sehat.

Ini dia 7 langkah yang bisa kamu ikuti!


1. Membersihkan Wajah Paling Penting

image
Membersihkan wajah/Freepik.com

Meski terdengar basic, membersihkan wajah adalah salah satu langkah paling krusial untuk mendapatkan kulit wajah yang glowing dan sehat. Sekalipun kamu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja, rutinitas membersihkan wajah dengan sabun tetap tidak boleh terlewat ya, Ladies.

Rutin membersihkan wajah di pagi dan malam hari dapat meluruhkan minyak, debu dan kotoran yang menyumbat pori sehingga kulit menjadi lebih halus dan bersih.

2. Jangan Lupakan Toner

image
Toner/Freepik.com

Saat membersihkan wajah, mungkin ada kotoran di beberapa bagian wajah yang terlewat. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan toner setelah mencuci wajah untuk menuntaskan proses cleansing sebelumnya. Toner juga berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit setelah menggunakan sabun wajah serta dapat membantu mengecilkan pori.

3. Lakukan Eksfoliasi Rutin dengan AHA

image
Eksfoliasi kulit/Freepik.com

AHA atau Alpha Hydroxy Acids dikenal sebagai salah satu bahan chemical exfoliant yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati di lapisan kulit atas. Dengan rutin melakukan eksfoliasi menggunakan AHA di malam hari, permukaan kulit akan menjadi lebih halus, lembut dan tampak lebih cerah.

4. Gunakan Moisturizer Mengandung SPF di Pagi Hari

image
Memakai moisturizer ber-SPF/Freepik.com

Semua jenis kulit memerlukan pelembab agar tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, kulit juga memerlukan perlindungan SPF untuk menangkal sinar UV matahari dan radikal bebas yang dapat membuat kulit kusam.

Agar mendapatkan manfaat 2-in-1, gunakan produk moisturizer yang diperkaya kandungan SPF sebelum memulai aktifitas.

5. Jaga Asupan Air Putih

image
Jaga asupan air putih/Freepik.com

Asupan air berpengaruh pada kesehatan kulit. Saat kamu kurang mengonsumsi air putih, tubuh akan mengalami dehidrasi dan kulit menjadi kering serta kusam karena kadar kelembabannya berkurang.

Selain penting menghidrasi kulit dari luar dengan menggunakan moisturizer, pastikan asupan air  juga terjaga untuk membantu kulit tetap sehat dan kenyal dari dalam. 

6. Perhatikan Kondisi Wajah Saat Memakai Makeup

image
Makeup/Pexels.com

Saat sedang menggunakan makeup, perhatikan kondisi wajah agar penampilan selalu tampak fresh dan dewy. Jika kulit tampak terlalu matte setelah menggunakan makeup, oleskan sedikit moisturizer ke bagian tulang pipi untuk menciptakan kesan glowing. Kamu juga dapat menggunakan face mist untuk membuat wajah kembali tampak fresh.

Namun jika kulit lebih tampak berminyak alih-alih glowing setelah menggunakan makeup, beri sedikit pressed powder yang dapat membantu meringkas minyak tanpa membuat tampilan wajah matte.

7. Bersihkan Makeup di Malam Hari

image
Micellar water/Freepik.com

Sebelum beranjak ke tempat tidur, pastikan kamu sudah membersihkan sisa makeup secara menyeluruh dengan metode double cleansing. Sebab saat tidur, kulit akan meregenerasi dirinya sehingga penting untuk membersihkan wajah agar proses regenerasi tidak terganggu.

Sumber: www.skincare.com

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id