sign up SIGN UP

SKINCARE

7 Tren Skincare 2020, Retinol Hingga Masker Organik

Budi Rahmah Panjaitan | Sabtu, 02 Jan 2021 14:15 WIB
7 Tren Skincare 2020, Retinol Hingga Masker Organik
caption

Bersamaan dengan munculnya banyak produk skincare di tahun 2020, ketertarikan para wanita untuk melakukan perawatan pun semakin meningkat. Ada banyak upaya yang dilakukan agar kulit menjadi lebih sehat dan terlihat memesona.

Tidak heran jika sejumlah perawatan kulit atau yang biasa disebut skincare akhirnya menjadi tren dan banyak diadopsi. Meskipun tahun 2020 berlalu, berikut beberapa tren skincare yang sempat booming. Apa saja?

Fragrance Free dan Free Alkohol

Fragrance Free dan Free Alkohol menjadi salah satu yang banyak dicari tahun 2020.  /freepik.com
Fragrance Free dan Free Alkohol/freepik.com

Di urutan pertama ada tren fragrance free dan free alkohol yang berhasil menarik perhatian banyak beauty enthusiast. Jika biasanya produk skincare selalu disertai dengan wewangian yang begitu khas ataupun menyengat, maka beberapa produk sengaja diciptakan tanpa pewangi untuk memastikan khasiatnya lebih baik bagi kulit.

Selain bebas pewangi, beberapa skincare yang berhasil tren juga bebas alkohol. Seperti yang diketahui, alkohol dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada kulit seperti iritasi dan juga kemerahan. Alhasil, produk yang free fragrance dan free alkohol ini menjadi salah satu yang banyak dicari tahun 2020.  

15 Menit Oil Cleansing

15 Menit Oil Cleansing sempat populer di aplikasi TikTok/freepik.com
15 Menit Oil Cleansing/freepik.com

Selanjutnya ada 15 menit oil cleansing. Metode satu ini sempat populer di aplikasi TikTok hingga mampu menarik perhatian para beauty enthusiast.

Tren ini dilakukan mampu membersihkan wajah secara sempurna sekaligus mengangkat komedo yang membandel. Bahkan, di banyak konten, oil plugs yang berhasil terangkat dari kulit diperlihatkan secara nyata sehingga menarik minat siapa saja untuk melakukannya.

Namun satu hal yang perlu digarisbawahi dari metode ini adalah soal iritasi yang bisa muncul karena proses pengangkatan kotoran yang berlangsung lama. Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin mencobanya, ada baiknya memperhatikan sensitivitas kulit yang dimiliki sebelumnya.

Niacinamide

Niacinamide berfungsi sebagai antioksidan /freepik.com
Niacinamide/freepik.com

Niacinamide juga masuk dalam jajaran tren skincare di tahun 2020. Kandungan satu ini berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen, melindungi kulit dari radikal bebas, meredakan iritasi, mengencangkan kulit, menghaluskan dan mengecilkan pori-pori.

Oleh sebab itu tidak heran jika Niacinamide kerap dijadikan salah satu kandungan dalam produk skincare. Mulai dari produk skincare berupa serum, toner dan yang lainnya.

Retinol

Retinol merupakan bahan aktif hasil turunan vitamin A /freepik.com
Retinol/freepik.com

Skincare anti aging merupakan salah satu yang paling banyak dicari saat ini. Retinol merupakan salah satu kandungan yang kerap digunakan untuk membuat produk skincare anti aging.

Bahan aktif hasil turunan vitamin A ini diklaim mampu memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan kolagen kulit, menyamarkan tanda-tanda penuaan, meratakan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit dan mencegah pigmentasi.

Biasanya, skincare mengandung retinol ini disarankan untuk dipakai oleh umur 25 ke atas yang sudah mengalami penurunan regenerasi sel kulit. Selain itu, penggunaan skincare berbahan retinol juga harus diperhatikan dengan baik karena terdapat beberapa bahan yang tidak boleh dipakai bersamaan dengannya seperti AHA, BHA dan juga Vitamin C.

Fungal Acne Safe

Fungal Acne Safe menjadi salah satu permasalahan kulit yang banyak dibahas selama tahun 2020/freepik.com
Fungal Acne Safe/freepik.com

Fungal acne menjadi salah satu permasalahan kulit yang banyak dibahas selama tahun 2020. Seperti namanya, permasalahan kulit yang mirip jerawat ini disebabkan oleh jamur yang pada akhirnya harus diatasi dengan langkah yang tepat. Oleh sebab itu, untuk memastikan apakah jerawat yang dialami merupakan fungal acne, disarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter ahli.

Apabila memang benar fungal acne, maka ada beberapa produk skincare yang akan disarankan untuk mengatasi keluhan tersebut. Beberapa di antaranya ialah Dr. Jart Teatreement Cleansing Foam, Simple Refreshing Facial Wash Gel, Krave Beauty Oat So Simple Water Cream dan lainnya.   

Masker Organik

Masker Organik dikenal aman karena terbuat dari bahan-bahan alami /freepik.com
Masker Organik/freepik.com

Skincare yang satu ini juga tidak kalah tren di tahun 2020. Ya, Masker organik yang dikenal aman karena terbuat dari bahan-bahan alami ini memang laris manis di pasaran. Banyaknya varian yang tersedia serta harga yang affordable membuat masker organik begitu diminati.

Selain itu, klaim yang berbeda di masing-masing varian bisa disesuaikan dengan permasalahan kulit yang dialami. Menggunakannya secara rutin dan berkala membuat kulit menjadi lebih terawat dan sehat.

Skincare Maskne

Skincare Maskne jerawat ini akan tumbuh di sekitar pipi, mulut dan juga rahang/freepik.com
Skincare Maskne/freepik.com

Maskne merupakan salah satu istilah yang begitu populer di tahun 2020. Bagaimana tidak, maskne sendiri merupakan jerawat yang ditimbulkan akibat penggunaan masker. Sepanjang tahun 2020, masker bukanlah hal asing lagi untuk dikenakan karena kondisi pandemi yang masih melanda.

Biasanya, jerawat ini akan tumbuh di sekitar pipi, mulut dan juga rahang. Untuk itu, sejumlah brand skincare akhirnya mengeluarkan produk yang diklaim mampu mengatasi maskne. Beberapa di antaranya seperti Dr. Ceuracle AC Care Solution Blue One, The Bath Box Brassica dan juga COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id