sign up SIGN UP

SKINCARE

Awas, Kebiasaan Ini Justru Bisa Bikin Kulit Cepat Berkeriput!

Dyah Na | Kamis, 04 Jun 2020 21:00 WIB
Awas, Kebiasaan Ini Justru Bisa Bikin Kulit Cepat Berkeriput!
caption

Memiliki kulit yang cantik dan bebas kerutan pastinya jadi dambaan banyak orang. Sayangnya, kebiasaan-kebiasaan ini bisa membuat kulit kamu lebih cepat mengalami penuaan dini.

 

Stres

image
Stres Menyebabkan Penuaan Dini / sumber: Pexels.com

Stres nyatanya punya pengaruh besar yang menyebabkan penuaan dini. Hal ini terjadi karena kondisi stres bukan cuma memengaruhi pikiran, tapi juga kondisi kulit kita. Kalau kamu berusia muda tapi sudah memiliki banyak kerutan di wajah, bisa jadi pemicunya adalah stres. Jadi, menjaga pikiran agar tidak stres sangatlah penting. Bukan cuma untuk kesehatan mental, tetapi juga untuk kesehatan fisik dan kecantikan kulit kamu.
 


Kurang Tidur

image
Kurang Tidur Menyebabkan Penuaan Dini / sumber: Pexels.com

Siapa di antara kamu yang masih suka menyepelekan waktu tidur? Kurang tidur nyatanya bisa memicu kulit jadi kering dan kusam. Bahkan akan muncul lingkaran hitam di bawah mata yang membuat kamu tampak lebih tua. Tubuh kita memerlukan waktu istirahat paling tidak tujuh hingga delapan jam sehari. Kalau waktu tidurmu cukup, pada malam hari kulit dapat mengganti sel-sel kulit yang rusak dengan lebih maksimal.


Tidak Melindungi Kulit 

image
Polusi Menyebabkan Penuaan Dini / sumber: Pexels.com

Kulit yang dibiarkan tanpa perlindungan dari polusi dan sinar UV dapat memicu penuaan dini. Radikal bebas pada udara bisa menekan jumlah oksigen dan kolagen pada lapisan kulit. Lama-lama, hal ini bisa membuat kulit menjadi lemah dan keriput. Lindungi kulitmu dengan menggunakan skincare secara rutin, memakai SPF di siang hari dan konsumsi vitamin C supaya tubuh selalu terjaga dari polusi dan radikal bebas.


Pola Makan Tidak Sehat

image
Makanan Tidak Sehat Menyebabkan Penuaan Dini / sumber: Pexels.com

Mengonsumsi beragam makanan tak sehat bisa memicu terjadinya penuaan dini pada kulit kamu. Kalau kamu asal makan dan tak memperhatkan nilai gizi dari makanan yang kamu konsumsi, kulit akan mudah mengalami dehidrasi dan kehilangan nutrisi pentingnya. Karena itu, selalu konsumsi makanan sehat dan tinggu nutrisi untuk memastikan kulitmu mendapatkan nutrisi yang lengkap.

Memakai Produk Kecantikan yang Salah

image
Salah Produk Menyebabkan Penuaan Dini / sumber: Pexels.com

Skincare dan makeup memang berguna membuat penampilan kita lebih menarik. Tapi kalau kamu salah memilih produk, bisa-bisa kulit jadi lebih cepat berkerut. Selalu perhatikan produk skincare dan makeup yang kamu pakai ya, Ladies. Kalau terjadi tanda-tanda seperti iritasi, lebih baik kamu menghentikan pemakaiannya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id