sign up SIGN UP

SKINCARE

Berapa Frekuensi Pemakaian Tiap Jenis Skincare dalam Sehari?

Hani Arifah | Minggu, 04 Apr 2021 12:15 WIB
Berapa Frekuensi Pemakaian Tiap Jenis Skincare dalam Sehari?
caption
Jakarta -

Skincare ibarat makan dan minum yang tidak boleh dilewatkan. Pemakaian skincare dengan baik dan teratur dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. 

Jika tubuh yang sehat adalah tubuh yang diberi asupan makanan dan minuman yang cukup, maka kulit sehat pun begitu. Kulit sehat adalah kulit yang diberi nutrisi yang cukup. Seperti halnya makan dan minum, skincare juga memiliki batasan-batasan tersendiri agar kandungannya dapat bekerja maksimal. Lalu, berapa frekuensi pemakaian tiap jenis skincare dalam sehari?

Cleansing Oil

Pada umumnya, cleansing oil hanya boleh dipakai sekali dalam sehari, yaitu di malam hari. Cleansing oil sendiri berfungsi untuk mengangkat kotoran, minyak, dan make up yang menempel di wajah. Cleansing oil membantu membersihkan kotoran, minyak, dan make up sampai ke dalam pori. 

Pemakaian cleansing oil yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami kulit. Ketika minyak alami kulit hilang, kulit akan menguap dan kering. Jika tidak segera diatasi, kulit akan mengalami dehidrasi.

Facial Wash

Foto:pinterst/ohcocoon
Facial wash

Idealnya, facial wash dapat digunakan 2-3 kali saja dalam sehari, yaitu di pagi hari, sore hari, dan malam hari. Bahkan, biasanya pemilik kulit kering tidak mencuci wajah dengan facial wash di pagi hari. Facial wash berfungsi untuk mengangkat debu, kotoran, dan minyak yang menempel di wajah. 

Facial wash yang digunakan lebih dari 3 kali dalam sehari dapat menghilangkan minyak alami dalam kulit. Selain itu, pH kulit wajah mungkin juga akan terganggu karena pada umumnya facial wash memiliki pH yang lebih basa.

Hydrating Toner

Foto:pinterst/khandelia
Hydrating Toner

Seperti halnya air mineral, toner juga dapat digunakan kapan saja saat kulit membutuhkannya. Toner berfungsi untuk menyegarkan, melembapkan, sekaligus mengembalikan pH kulit ke semula. Jarang menggunakan toner justru dapat mengurangi kesegaran dan kelembapan pada kulit wajah.

Namun perlu diingat, jika toner yang kamu pakai adalah exfoliating toner, maka tidak bisa kamu gunakan terus-menerus. Exfoliating toner bisa digunakan 3 kali dalam seminggu saja.

Essence

Essence berperan sebagai kendaraan untuk serum dan skincare lain. Biasanya, essence memiliki berbagai kandungan aktif yang ada dalamnya, hal ini membuat essence sebaiknya tidak kita pakai berulang dalam satu hari. Idealnya, pemakaian essence yang baik adalah dua kali sehari saja, yaitu pada pagi dan malam hari.

Serum

Seperti halnya essence, serum juga mengandung berbagai bahan aktif untuk mengatasi permasalahan kulit yang lebih mendalam seperti jerawat, flek hitam, redness, dan lain-lain. Untuk itu, serum sebaiknya digunakan 2 kali sehari saja, yaitu pagi dan malam hari. 

Moisturizer

Foto:pinterest/emmibakes
Moisturizer

Moisturizer memiliki peranan yang penting untuk kulit, yaitu menjaga kelembapan dan menenangkan kulit. Seperti halnya toner, moisturizer juga bisa dipakai kapan saja setiap kulit merasa membutuhkan kelembapan ekstra. Justru jika kita mengabaikan moisturizer, kulit kita akan rentan dengan berbagai macam permasalahan kulit karena kurang kelembapannya.

Sunscreen

Foto:pinterest/ramilliner13
Applying sunscreen

Sunscreen juga tak kalah pentingnya dari skincare lain. Sunscreen berfungsi sebagai pelindung kulit wajah dan skincare lain dari bahaya sinar UV A dan UV B. Karena sinar UV ada sepanjang siang, sunscreen boleh digunakan kapan saja, bahkan harus digunakan secara berkala agar perlindungannya maksimal. 

Nah, itu tadi frekuensi pemakaian skincare berdasarkan jenisnya. Jadi, gunakan skincare secukupnya agar daya kerjanya maksimal.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id