sign up SIGN UP

Biar Nggak Beruntusan, Begini 6 Cara Aman Buat Ganti Skincare!

Dian Aprilia | Rabu, 21 Jul 2021 11:30 WIB
Biar Nggak Beruntusan, Begini 6 Cara Aman Buat Ganti Skincare!
caption

Ganti produk skincare memang bukan hal yang baru bagi setiap wanita. Bahkan, pasti sudah sering dilakukan, entah karena sekedar tertarik dengan produk terbaru atau memang ada kebutuhan untuk ganti skincare. Sayangnya, tak banyak yang mengetahui cara aman saat ganti skincare.

Padahal menerapkan cara yang aman saat ganti skincare bisa meminimalisir risiko yang mungkin terjadi saat proses pergantian tersebut. Seperti halnya proses purging, breakout, atau alergi karena kandungan tertentu. Berikut beautynesia.id telah merangkum cara aman saat ganti skincare baru agar terhindar dari masalah kulit.

Tes Iritasi dan Alergi

skincare
skincare/pixabay.com/jmexclusives

Bagi kamu yang ingin memilih skincare terbaik dan ganti skincare lama dengan yang baru, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah tes iritasi dan alergi. Hal ini perlu dilakukan guna mengetahui reaksi yang terjadi pada kulit sebelum diaplikasikan pada wajah.

Caranya cukup mudah, kamu bisa mengaplikasikan produk pada sisi leher dan belakang telinga untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi dan iritasi. Selain itu, kamu juga bisa mencoba produk di sebagian area dagu atau pipi untuk mengecek adakah reaksi breakout atau timbul jerawat.

Perhatikan Kandungan Produk

Selanjutnya, kamu perlu memperhatikan kandungan pada produk baru yang akan dipakai, baik pada skincare lokal ataupun luar negeri. Perhatikan apakah produk mengandung bahan eksfoliasi seperti salicylic acid, glycolic acid, atau lactic acid atau tidak.

Jika produkmu mengandung bahan tersebut, maka jerawat atau bruntusan yang terjadi bisa disebabkan karena efek purging. Biasanya hanya akan terjadi sekitar 2-4 minggu dan akan mereda seiring berjalannya waktu.

Sementara jika produkmu tidak mengandung bahan eksfoliasi, tetapi muncul jerawatan dan peradangan parah, maka hal ini bisa jadi tanda breakout. Apalagi jika berlangsung dalam waktu yang lama dan tidak kunjung reda. Sebaiknya hentikan pemakaian karena produk tersebut tidak cocok denganmu.

Pakai Secara Bertahap

skincare
Skincare/pexels.com/Andrea Piacquadio

Ganti skincare guna memilih skincare terbaik adalah hal yang wajar dilakukan setiap wanita. Namun kamu perlu memperhatikan cara penggunaan untuk meminimalisir dampak buruk pada kulit. Selanjutnya kamu perlu memakai skincare baru secara bertahap.

Coba aplikasikan selama beberapa hari dulu, misalnya 1 minggu. Cek secara berkala kondisi kulit usai pemakaian, apakah ada reaksi negatif atau tidak. Jika tidak, maka kamu bisa melanjutkan pemakaian produk tersebut.

Jangan Gunakan Produk Saat Kulit sedang Sensitif

Saat mengganti skincare lama dengan skincare terbaik maka kamu perlu memakainya saat kulit tidak sedang sensitif. Ada fase kulit cenderung sensitif dibandingkan waktu lainnya, seperti saat perubahan hormon seperti fase menstruasi, perubahan cuaca, atau perubahan aktivitas secara ekstrim.

Jadi sebaiknya coba gunakan produk baru saat kondisi normal dan tidak ada kondisi eksternal yang mungkin mempengaruhi pemakaian skincare baru.

Hentikan Pemakaian Jika Ada Efek Samping

Skincare
Skincare/pexels.com/Ivan Samkov

Terakhir, segera hentikan pemakaian skincare baru baik skincare lokal maupun skincare luar negeri yang menimbulkan efek samping. Efek samping yang mungkin muncul misalnya peradangan parah, jerawat, kemerahan, beruntusan yang tak kunjung usai, dan lainnya.

Selain hentikan pemakaian, kamu juga perlu mengecek kandungan dalam produk tersebut. Selanjutnya, kamu perlu berhati-hati jika hendak memilih produk baru dan hindari kandungan yang membuat kulitmu bereaksi negatif.  

Itulah cara aman ganti skincare baru baik skincare lokal maupun skincare luar negeri. Lakukan proses tersebut secara disiplin supaya tidak merusak kulit atau wajah. Selamat mencoba, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id