sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Jitu Mengatasi Jerawat Batu Agar Cepat Kempes dan Tak Muncul Lagi

Dian Aprilia | Jumat, 16 Jul 2021 19:00 WIB
Cara Jitu Mengatasi Jerawat Batu Agar Cepat Kempes dan Tak Muncul Lagi
caption

Jerawat batu adalah jerawat yang disebabkan oleh penyumbatan minyak dan sel-sel kulit mati serta terjadi peradangan di bawah folikel rambut. Hal ini membuat jerawat batu terlihat lebih besar dan terasa sakit saat disentuh. Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat batu, kamu perlu tahu dulu penyebab jerawat batu.

Jerawat batu muncul karena penumpukan sel kulit mati dan minyak yang terdapat di bawah folikel rambut. Jerawat batu ditandai dengan adanya benjolan besar yang terdapat titik putih di puncaknya, merah, tekstur keras, dan sakit saat disentuh. Berikut beautynesia.id telah merangkum cara menghilangkan jerawat batu:

Pilih Face Wash yang Mengandung Anti Bakteri

Cara mengatasi jerawat batu
Cara mengatasi jerawat batu/pexels.com/Shiny Diamond

Cara menghilangkan jerawat batu yang pertama adalah menggunakan face wash yang mengandung anti bakteri. Skincare ini berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan terbentuknya jerawat batu.

Cara mengatasi jerawat batu pada kulit berminyak adalah memilih sabun wajah yang lembut dan mengandung salicylic acid. Sedangkan face wash untuk kulit kering, pilihlah yang mengandung hyaluronic acid atau aloe vera.

Pilih Serum yang Bisa Mengontrol Minyak Berlebih

Cara mengatasi jerawat batu
Cara mengatasi jerawat batu/pexels.com/Shiny Diamond

Cara mengatasi jerawat batu selanjutnya adalah pemilihan serum yang tepat. Serum bisa membantu mengontrol minyak berlebih yang menjadi penyebab terbentuknya jerawat batu.

Cara menghilangkan jerawat batu pada kulit berminyak ialah dengan menggunakan serum yang mengandung Niacinamide atau Salicylic acid. Sedangkan untuk kulit kering, pilihlah kandungan serum yang mengandung niacinamide atau hyaluronic acid.

Gunakan Pelembap yang Gel atau Watery

Cara mengatasi jerawat batu
Cara mengatasi jerawat batu/pexels.com/Sarah Chai

Cara mengatasi jerawat batu yang selanjutnya adalah penggunaan pelembab yang berbentuk gel atau watery. Produk skincare tersebut bisa membuat pelembap mudah meresap ke dalam kulit.

Pelembap berperan untuk mengunci kelembapan kulit agar produksi minyak tidak berlebihan dan terkendali. Cara mengempeskan jerawat batu dengan pelembap adalah menggunakannya di setiap pagi dan malam hari secara teratur.

Pilih Sunscreen Jenis Mineral

Cara mengatasi jerawat batu
Cara mengatasi jerawat batu/pexels.com/Ron Lach

Cara mengatasi jerawat batu yang selanjutnya adalah memilih sunscreen jenis mineral. Sunscreen mineral biasanya memiliki kandungan zinc dan titanium dioksida. Jangan pilih skincare yang mengandung alkohol agar tidak menyebabkan masalah kulit lain seperti iritasi. Jangan lupa oleskan sunscreen pada kulit yang berjerawat.

Gunakan Obat Jerawat dari Dokter

Cara mengatasi jerawat batu
Cara mengatasi jerawat batu/pexels.com/Anna Nekrashevich

Cara mengempeskan jerawat batu yang terakhir adalah dengan menggunakan obat jerawat dari dokter. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik gel, benzoil perokside atau suntuk jerawat.

Antibiotik gel berguna untuk meredakan jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat. Sementara benzoil perokside berguna untuk mengurangi peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat dan membuka pori-pori kulit yang menutup.

Itulah tips perawatan jerawat batu agar cepat kempes dan tidak kambuh lagi. Selamat mencoba beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id