sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Mencerahkan Mata Kaki Gelap dengan Bahan Alami

Retno Wulandari | Rabu, 28 Apr 2021 12:45 WIB
Cara Mencerahkan Mata Kaki Gelap dengan Bahan Alami
caption

Terkesan sepele, faktanya mata kaki gelap dapat mempengaruhi penampilan, khususnya bagi para wanita. Agar penampilan tidak terganggu oleh mati kaki yang gelap, maka mencerahkan kulit bagian mata kaki adalah langkah tepat yang harus kamu lakukan.

Nah, berikut 5 bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan mata kaki!

1. Lemon

LemonLemon/ Foto: Pexels.

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat. Kedua kandungan inilah yang membuat lemon kerap dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan skincare yang berfokus untuk mencerahkan.

Selain ampuh mencerahkan wajah, ekstrak lemon juga bisa bantu mencerahkan mata kaki yang gelap lho, Ladies. Caranya cukup mudah, iris lemon lalu gosok pada bagian mata kaki. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu sebelum dan setelah tidur.

2. Aloe Vera

5 Bahan Alami Cerahkan Mata Kaki
Foto: Aloe Vera/freepik.com

Bahan alami satu ini memang dikenal memiliki beragam manfaat baik untuk kecantikan. Sama seperti lemon, aloe vera juga kerap dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan skincare. Selain melembapkan, aloe vera juga bisa bantu cerahkan mata kaki gelap karena mengandung vitamin C dan enzim.

Cara cerahkan mata kaki gelap menggunakan aloe vera cukup mudah, ambil bagian daging aloe vera lalu gosok pada area mata kaki sebelum tidur dan biarkan semalam. Jika kamu melakukan cara ini secara rutin, tidak hanya cerah, kulit pada mata kaki juga terasa lebih lembut.

3. Mentimun

5 Bahan Alami Cerahkan Mata Kaki
Foto: Mentimun/freepik.com

Menurut penelitian, biokimia yang terdapat dalam ekstrak mentimun dapat menghambat tirosinase, yaitu enzim yang bertanggung jawab untuk memproduksi melanin. Manfaat inilah yang kemudian menjadikan mentimun sebagai salah satu bahan alami untuk bantu cerahkan mata kaki.

Caranya, potong mentimun lalu gosok pada bagian mata kaki yang gelap. Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya maksimalĀ ya, Ladies.

4. Kentang

5 Bahan Alami Cerahkan Mata Kaki
Foto: Kentang/freepik.com

Cara mencerahkan mata kaki gelap dengan bahan alami berikutnya, yaitu kentang. Kentang mengandung zat pencerah yang berasal dari enzim katekolase. Enzim inilah yang kemudian dipercaya dapat mencerahkan kulit, salah satunya area mata kaki. Sama seperti mengaplikasikan mentimun, kamu hanya perlu menggosok kentang yang sudah dipotong pada bagian mata kaki yang gelap.

5. Minyak Kelapa

5 Bahan Alami Cerahkan Mata Kaki
Foto: Minyak Kelapa/freepik.com

Terakhir, minyak kelapa juga jadi salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan mata kaki. Kandungan vitamin E yang cukup tinggi pada minyak kelapa ini dipercaya dapat bantu merawat kulit. Untuk mencerahkan mata kaki, ada dua macam cara yang bisa kamu lakukanĀ Ladies, yaitu menggunakan minyak kelapa langsung atau mencampurkannya dengan air lemon.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id