sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa Ramadan, Bikin Lembap dan Tidak Pecah-pecah

Dian Aprilia | Minggu, 02 May 2021 21:30 WIB
Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa Ramadan, Bikin Lembap dan Tidak Pecah-pecah
caption

Masalah kecantikan yang sering dialami saat puasa adalah bibir kering dan pecah-pecah. Saking gemasnya, kadang kita suka mengupas permukaan bibir yang kering. Akibatnya, bibir jadi berdarah, perih, dan timbul bercak-bercak merah yang mengurangi keindahannya.

Masalah bibir kering saat puasa bisa disebabkan karena asupan air putih yang terbatas dan juga malas menggunakan pelembab bibir. Akibatnya, bibir jadi kering yang membuat penampilan kusam dan tidak segar. Oleh sebab itu, berikut beautynesia.id telah merangkum 5 cara untuk mengatasi bibir yang kering saat puasa ramadan.

Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih
Minum air putih/pexels.com

Minum air putih termasuk langkah yang penting untuk mencegah bibir kering dari dalam Asupan air mineral yang cukup akan membuat bibir tetap lembab sepanjang hari. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga konsumsi cairan harian sesuai dengan kebutuhan, yakni 2 liter.

Apabila khawatir kurang, kamu bisa menambahkan asupan sebanyak 0,5-1 liter. Bagilah konsumsi air tersebut selama sahur, berbuka puasa dan menjelang tidur. Hal ini untuk menjaga agar kamu tetap disiplin dalam mengonsumsi air. 

Eksfoliasi Bibir secara Rutin

Eksfoliasi bibir
Eksfoliasi bibir/pexels.com

Cara selanjutnya yang tak boleh diabaikan adalah eksfoliasi bibir secara berkala dan rutin. Kamu bisa melakukan eksfoliasi bibir maksimal sebanyak 3 kali dalam seminggu. Kamu bisa membuat scrub bibir dengan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti gula dan madu.

Lakukan eksfoliasi saat bibir sudah bersih dari lipstik atau lipgloss. Kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan micellar water atau cleansing oil. Setelah itu tempelkan scrub bibir ke seluruh permukaan bibir. Dan gosok dengan lembut dengan gerakan melingkar. Waktu paling baik untuk melakukan eksfoliasi bibir adalah setelah menggosok gigi sebelum tidur malam.  

Gunakan Pelembab Bibir

Pelembab bibir
Pelembab bibir/pexels.com

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setiap hari adalah menggunakan pelembab bibir atau lip balm. Lip balm yang mengandung SPF bisa melindungi bibir dari papar sinar ultraviolet yang berbahaya.

Saat bibir terasa kering di siang hari, usahakan tidak mengupas kulit bibir yang pecah-pecah. Melainkan langsung menggunakan pelembab bibir. Untuk itu, penting selalu memastikan membawa lip balm dimana pun dan kapan pun. Kamu bisa meletakkannya di saku baju atau tas kecil yang biasa kamu pakai.

Gunakan Masker Bibir

Masker bibir
Masker bibir/pexels.com

Perawatan selanjutnya yang bisa mencegah bibir kering adalah masker bibir atau lip mask. Lip mask ini sangat cocok untuk mengatasi berbagai masalah bibir, seperti bibir kering, pecah-pecah, berkerut, tidak cerah, dan lainnya. Lip mask terdiri dari berbagai macam bentuk, yakni patch dan gel.

Lip mask berbentuk patch atau lembaran biasanya dipercaya mengandung kolagen yang bagus untuk membuat bibir tetap sehat dan kenyal. Sementara itu lip mask berbentuk gel biasanya berbentuk mirip dengan lip balm dan memiliki tingkat hidrasi yang baik. Kamu bisa menggunakan jenis yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan praktis.

Hindari Menjilat Bibir

Menjilat bibir
Menjilat bibir/pexels.com

Menjilat bibir saat bibir kering dan pecah-pecah adalah kesalahan fatal. Sebab bibir akan jadi semakin kering, pecah-pecah dan menghitam. Alih-alih menjilatnya dengan bibir, kamu bisa membasahi bibir dengan air atau menggunakan pelembab bibir. Jangan sekali-kali mengupas atau mengeskfoliasi bibir saat sedang kering ya.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bibir kering saat puasa Ramadan. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id