sign up SIGN UP

SKINCARE

7 Tips Pakai Toner Agar Bekerja Maksimal di Kulit Wajah

Ayuliy Lestari | Minggu, 02 May 2021 13:30 WIB
7 Tips Pakai Toner Agar Bekerja Maksimal di Kulit Wajah
caption

Toner dikenal sebagai produk perawatan kulit yang fungsinya untuk mengangkat sisa kotoran dari kulit wajah. Cairan yang juga dikenal dengan nama astringent, clarifier atau water refiner ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk membersihkan kulit lho!

Toner juga memiliki beragam fungsi lain bahkan untuk kandungan tertentu, toner juga bisa mencerahkan hingga mengatasi flek dan jerawat. Dan yang paling penting, toner juga bisa menyeimbangkan pH kulit sehingga kulit lebih siap menerima produk perawatan selanjutnya.

Nah, agar penggunaan toner menjadi lebih maksimal pada kulit wajah, berikut cara pakai toner yang benar, Ladies.

1. Bersihkan Wajah dengan Teknik Double Cleansing

Cara pakai toner
Cara pakai toner/unsplash.com

Cara memakai toner yang benar adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Ketika aktivitas kamu padat terutama berada di kegiatan outdoor, makeup, minyak, debu dan kotoran tentu saja bercampur menjadi satu. Sebelum menggunakan sabun cuci muka sesuai jenis kulit, sebaiknya bersihkan wajah dengan makeup remover atau micellar water terlebih dahulu.

Lalu, kamu bisa melanjutkan dengan mencuci muka menggunakan facial wash. Pastikan wajah kamu sudah benar-benar bersih ya, Ladies. Kemudian, keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.

2. Bersihkan Tangan Terlebih Dahulu

Cara pakai toner
Cara pakai toner/pexels.com

Setelah membersihkan wajah, kamu juga perlu cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Pastikan tidak menyentuh sembarang benda setelah mencuci wajah dan tangan. Agar tangan menjadi steril dan kamu pun siap mengaplikasikan toner pada wajah.

Fungsi toner wajah akan bekerja secara maksimal ketika tangan dalam kondisi bersih. Jadi, sebelum memakai toner atau rangkaian perawatan wajah lainnya pun, pastikan tidak ada kotoran dari tangan yang menempel pada wajah dengan cara membersihkannya terlebih dahulu.

3. Gunakan Kapas Kecantikan

Cara pakai toner
Cara pakai toner/unsplash.com

Sebenarnya kamu perlu membaca instruksi yang tertera pada kemasan. Karena ada banyak jenis toner dengan pengaplikasian yang berbeda, Ladies. Namun sebaiknya, tuangkan toner wajah secukupnya pada kapas.

Pastikan produk yang ada di kapas cukup untuk seluruh wajah kamu, tapi sebisa mungkin jangan sampai terlalu basah. Kemudian, usapkan kapas yang telah dibasahi toner pada bagian tengah hingga ke seluruh wajah. Namun, hindari area bibir dan mata.

4. Bisa Juga Digunakan Tanpa Kapas

Cara pakai toner
Cara pakai toner/unsplash.com

Jika persediaan kapas di rumah sedang habis, kamu bisa memakainya secara langsung. Tuangkan toner langsung ke telapak tangan lalu tepuk-tepuk secara perlahan ke kulit wajah. Atau kamu bisa memilih toner yang didesain di botol berbentuk spray.

Jadi kamu bisa memakainya langsung dan menyemprotkan cairan toner pada wajah. Kamu sebenarnya cara memakai toner paling efektif adalah menggunakan kapas agar bisa mengangkat sisa-sisa kotoran setelah double cleansing dengan maksimal.

5. Jangan Langsung Mengoleskan Obat Jerawat

Cara pakai toner
Cara pakai toner/pexels.com

Untuk produk seperti obat jerawat, tabir surya, atau retinoid topikal, sebaiknya jangan dioleskan langsung setelah kamu selesai menggunakan toner. Kamu perlu menunggunya beberapa saat hingga kulit benar-benar kering dan produk toner terserap sempurna ke dalam pori-pori.

Mengoleskan obat jerawat atau sejenisnya dengan kandungan retinoid topikal saat wajah kamu masih basah akibat toner, akan menyebabkan kulit terasa panas, perih bahkan iritasi, Ladies.

6. Ketahui Kandungan Pada Toner

Cara pakai toner
Cara pakai toner/freepik.com

Kamu bisa memakai toner dua kali sehari, pada pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah. Fungsi pemakaian toner di pagi hari untuk mengangkat minyak di wajah yang menumpuk semalaman, sedangkan untuk malam hari, toner membantu mengangkat sisa makeup dan kotoran.

Namun kamu perlu mengetahui pula kandungan pada toner yang kamu pakai. Jika mengandung zat exfoliator seperti asam glikolat, sebaiknya gunakan toner sekali sehari saja.

Penggunaan toner yang mengandung eksfoliator secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kulit kering dan iritasi, Ladies. Apalagi jika kulit kamu cenderung kering dan sensitif.

[Gambas:Instagram]

7. Pilih Kandungan Toner yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Cara pakai toner
Cara pakai toner/pexels.com

Agar toner bisa berfungsi dengan baik maka sesuaikan kandungannya pada jenis kulit kamu. Untuk kulit berminyak maka sebaiknya pilih toner dengan kandungan vitamin A atau retinol karena kandungan tersebut bisa mengangkat sel kulit mati dan menekan produksi sebum.

Untuk kulit kering, pilihlah toner yang mengandung hyaluronic acid karena bisa membuat kulit tampak lembab dan kenyal. Sedangkan untuk kulit berjerawat, pilih toner dengan kandungan niacinamide dan aloe vera.

Lalu untuk kulit sensitif, sebaiknya kamu memilih toner yang bersifat hypoallergenic agar tidak mudah menyebabkan reaksi alergi. Sedangkan untuk kulit normal, kamu bisa memilih berbagai jenis toner namun sesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar toner bisa bekerja maksimal pada kulit wajah. So, apakah cara pemakaian toner kamu selama ini sudah benar, Ladies?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id