sign up SIGN UP

DIY Body Scrub yang Bisa Dibuat di Rumah, Pakai Bahan yang Gampang Dicari

Astari Dewi Larasati | Jumat, 03 Sep 2021 08:00 WIB
DIY Body Scrub yang Bisa Dibuat di Rumah, Pakai Bahan yang Gampang Dicari
caption
Jakarta -

Body scrub jadi cara menyenangkan untuk digunakan dan dinikmati agar menjaga kulit tetap bersih. Dengan body scrub, perawatan kulit nggak perlu mengeluarkan biaya mahal atau repot. Apalagi Beauties bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa perlu membeli.

Bahan body scrub yang dipakai juga bisa dicari dengan mudah dengan berbagai pilihan tekstur dan aroma yang berbeda. Selain itu, kandungan di dalamnya mempunyai manfaat tersendiri untuk kulit. Yuk coba bikin DIY body scrub dengan bahan alami yang mudah dicari.

Brown Sugar Scrub

DIY body scrub dari brown sugar.
Brown Sugar Scrub/pinterest.com/puredelush

Ternyata selain enak, brown sugar punya manfaat mengejutkan untuk kulit. Apalagi cara membuatnya mudah banget serta sederhana. Partikel butiran yang membentuk sebagian besar gula merah lembut dan halus di kulit. Selain itu, sifatnya anti-bakteri sehingga membantu menjaga kulit tampak bercahaya.

Coffee Scrub

DIY body scrub dari coffee.
Coffee Scrub/pinterest.com/SkinnyMs.

Di sini, siapa yang pecinta kopi? Scrub kopi ternyata semakin populer akhir-akhir ini. Nggak hanya punya harum yang menggoda, scrub ini memiliki banyak manfaat untuk kulit dan tubuh. Kafein dalam bubuk kopi memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan dan dapat membantu meningkatkan aliran darah. Scrub kopi merupakan exfoliator alami dan dapat dicampur dengan dengan banyak bahan seperti minyak kelapa, madu, atau minyak zaitun.

Exfoliating Oat Scrub

DIY body scrub dari oat.
Exfoliating Oat Scrub/pinterest.com/nirva

Nggak hanya sehat untuk tubuh, oat ternyata exfoliator yang bagus. Scrub ini bisa juga dikombinasikan dengan sejumlah bahan lain yang berfungsi sebagai pengikat seperti, madu minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak alpukat.

Oat punya tekstur yang nggak terlalu kasar untuk merusak kulit lalu menyerap minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat. Bersifat antioksidan dan anti-inflamasi, oat dapat membantu kulit lebih sehat dan kenyal. Selain itu juga mampu mengecilkan pori-pori serta menjaga kulit tetap bersinar.

Turmeric Scrub

DIY body scrub dari kunyit.
Turmeric scrub/pinterest.com/beautybuttahskincare

Manfaat kesehatan kunyit menjadi lebih populer dan dibicarakan. Kandungannya berfungsi sebagai produk perawatan kulit karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Sehingga mebantu kulit bersinar hingga sehat. Scrub ini akan lebih efektif kalau dicampur dengan gula atau madu.

Kamu paling suka scrub yang mana nih, Beauties?

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id